BERMEGAH KARENA SALIB – BAGIAN I (Minggu, 07 Oktober 2012)

Image

Pdt. J.S Minandar

YAKOBUS 1:9-11

 PENDAHULUAN

Apapun yang dapat dicapai dalam dunia entahkah itu kedudukan, harta bahkan kekuasaan tidak bisa dijadikan kebanggan.  Mengapa…? Mazmur 103:15 menuliskan  “Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput, seperti bunga di padang, demikianlah ia berbunga;  apabila  angin melintasinya, maka tidak ada lagi ia, dan tempatnya tidak mengenalnya lagi.” Jadi, segala yang didapat dari dunia seperti rumput dipadang yang berbunga dan mudah ditemukan tetapi tidak akan bertahan lama,  itu sebabnya tidak ada yang dapat dibanggakan dari dunia. Firman Allah tidak hanya melarang untuk membanggakan tetapi Yeremia 17:5 menuliskan beginilah firman Tuhan:   “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia yang kekuatannya sendiri,…”

Sekarang apakah yang dapat dibanggakan oleh orang percaya?

 KEBANGGAAN ORANG PERCAYA

Galatia 6:14“Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah (berbangga), selain dalam   salib Tuhan kita Yesus Kristus,  sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.”

Kebanggaan pengikut Yesus adalah: “SALIB YESUS”. Apa yang dimaksud “Salib” menjadi kebanggaan? Apakah dengan memakai assesories salib dikatakan berbangga? Sebenarnya kebanggan salib  bukan terlihat secara hafiah. Ada beberapa Hal tentang salib.

 TENTANG SALIB

 1.      Salib Adalah Kekuatan Allah

I Korintus 1:18“Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.”

“Pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka  yang akan binasa”

Pada umumnya agama-agama mengajar untuk masuk sorga, harus berusaha ber-buat baik sebanyak mungkin. Dengan cara itulah dosa-dosa diampuni dan manusia bisa masuk ke sorga. Mereka mengajarkan hal itu karena mereka tidak punya sarana untuk diampuni, inilah konsep agama. Kekristenan bukan agama sebab Kristen ada karena Allah yang membuat konsep tetapi agama dibuat oleh manusia untuk mencapai Allah. Agama-agama berpendapat bahwa percaya kepada Yesus yang disalib dianggap suatu kebodohan. Bagi kita yang diselamatkan (yaitu orang-orang yang percaya kepada Yesus) pemberitaan SALIB ialah: KEKUATAN ALLAH.

Salib adalah bukti kemenangan atas maut dan dosa. Salib menjadi KEBANGGAN kita, sebagai orang-orang yang diselamatkan artinya satu-satunya yang bisa memindahkan manusia dari maut (neraka) kepada hidup (sorga), ialah “SALIB YESUS!”

 Yohanes 5:24- “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataanKu dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunya hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.”

Rasul Paulus  menjelaskan kepada jemaat  di kota Korintus sebenarnya posisi manusia di ciptakan adalah mulia, Allah tidak perna merancangkan yang jahat.

Image

Tetapi dosa menjadikan  manusia jatuh kepada lobang yang mengerikan.

 Image

 

Mazmur 40:2,3 Raja Daud mengungkapkan perasaan manusia yang jatuh kedalam dosa, pemazmur menuliskan bahwa ia menanti-nantikan Tuhan sebab hanya Tuhan yang dapat menolong serta mengangkat dari lobang kebinasaan dan menempatkan kakinya diatas bukit batu. Tanpa Tuhan manusia akan binasa tetapi karya Yesus disalib mengangkat manusia dari dosa serta meneguhan langkah kakinya. 

DENGAN CARA APA TUHAN PINDAHKAN MANUSIA DARI DOSA?

Yaitu dengan “Salib Kristus”. Yohanes 5:24  “Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataanKu dan percaya kepada Dia yg meng-utus Aku, ia mempunyai hidup yg kekal dan tidak turut dihu-kum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

Image

 

 Didalam I Korintus 1:27-29 dijelaskan kematian Yesus di kayu salib dengan maksud menyelamatkan umat manusia dari kebinasaan, dilihat oleh orang dunia sebagai suatu tindakkan kebodohan. Ada 3 (tiga) pandangan yang salah dari dunia tentang konsep keselamatan yang Allah berikan kepada manusia, melalui karya kematian Yesus di atas kayu salib.      

 Dunia Menilai Kematian Yesusdi atas kayu salib sebagai:

A. “Yang bodoh bagi dunia…”Yaitu, Percaya kepada Yesus yang mati disalib, dianggap bodoh.

B.  “Yang lemah bagi dunia…”Yaitu, Percaya kepada Yesus yang mati disalib, dianggap lemah agamawi.

C.  “Yang tidak terpandang dan  yang hina” Yaitu, Kematian Yesus disalib, dianggap hina jadi bahan olok-olokan oleh dunia/kaum agamawi.

Tetapi kematian Yesus di atas kayu salib yang dianggap BODOH, dianggap LEMAH, dan dianggap TIDAK MASUK HITUNGAN dan HINA justru  SALIB-lah yang menyelamatkan. Itu sebabnya diakhir zaman orang-orang yg menolak SALIB YESUS akan dipermalukan.

ORANG YANG MENOLAK SALIB DAN MENGANDALKAN USAHA/PERBUATAN

Orang yang menolak salib digambarkan seperti orang yang membangun tangga untuk mencapai keselamatan.

 Image

seberapa banyakpun tangga kebaikkan yang dibuat tidak akan membuat manusia mencapai keselamtan tetapi salib Yesus mampu melakukan apa yang mustahil.

 Image 

Sekarang buktikan keselamatan yang telah diterima dengan perubahan hidup. Orang dunia berbuat baik karena ingin diselamatkan sedangkan orang benar berbuat baik karena telah diselamatkan.

 Mengapa harus lewat Salib Yesus ?  Agar jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah karena kebaikkannya . 1 Korintus 1:29-31 tetapi, setiap  orang yang masuk sorga menyadari, kalau ia bisa berada di sorga, itu karena PENGORBANAN YESUS DI KAYU SALIB._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s