UJIAN DAN PENCOBAAN (Minggu, 16 September 2012)

Pdt. J.S Minandar

Pdt. J.S MInandar

Yakobus 1:2-4

PENDAHULUAN
Ada 2 alat penguji untuk menguji iman orang percaya, yaitu: Ujian dan Pencobaan. Pada umumnya ke dua hal tersebut memiliki arti yang berbeda tipis. Sehingga terkadang sulit membedakan mana ujian dan mana cobaan. Ujian dan pencobaan memiliki arti dan tujuan yang berbeda.

PENCOBAAN
Yakobus 1:13, Kalau alami pencobaan, jangan menuduh Allah sedang mencobai. Matius 4:7, “Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!” Mengapa tidak boleh mencobai? Karena mencobai
• Sifat Iblis.
• Menantang Tuhan.

PENCOBAAN KARENA KEINGINAN SENDIRI
Ada pencobaan dialami karena keinginan diri sendiri. Sulusinya: “Bertobat!”. I Timotius 6:9 – “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan…”. Apakah boleh orang kristen kaya? Boleh. Bagaimana caranya? “Ora et Labora” (Berdoa dan bekerja keras). Kalau ingin kaya tetapi berjudi; menipu; berbuat ilegal karena malas artinya mencari pencobaan.

BERBAGAI BENTUK PENCOBAAN

Ayub (Tiga hal yang digunakan Iblis untuk mencobai Ayub)
• Kemiskinan – Ayub 1:13-19
• Penyakit Barah – Ayub 1:7,8
• Tekanan Emosi – Ayub 1:9-10a
Tetapi, Ayub berhasil lulus dari pencobaan dan hidupnya diberkati.

Yakobus 1:2 – “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan” . Pencobaan berasal dari iblis dan punya maksud jahat dan Yakobus menuliskan bahwa menganggap pencobaan suatu kebahagiaan. Seolah-olah tanpa pencobaan tidak dapat kebahagiaan.

Apakah harus mengundang pencobaan agar bahagia ? tentu tidak. Bandingkan Matius 6:13 Yesus mengajar berdoa: “Janganlah membawa kami ke dalam pencoba-an, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.” Pencobaan adalah hal yang jahat. Sebab itu kita diingatkan Matius 26:41. Kekuatan fisik kita lemah (terbatas; tidak bisa kita andalkan).
I Petrus 1:6b “sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.” Pencobaan membuat kita berdukacita. Allah menjaga dan melindungi. Mengapa Allah Ijinkan Pencobaan? Mengapa pengikut Yesus diijinkan dicobai oleh Iblis…?

MAKSUD YAKOBUS :
Bahagia dalam pencobaan adalah bahwa Allah menjaga dan melindungi.
Bilangan 6:24 – Musa berdoa berkatdan Tuhan menjawab dengan melindungi serta  memberkati Musa.
Yohanes 10:27-29 – Orang percaya dalam Yesus dan tidak ada yang dapat merampasnya sebab Allah melindungi.
iblis tidak dapat mencobai tanpa ijin dari Allah. Ayub 1:8-12

UJIAN BERASAL DARI ALLAH
Sifatnya baik berbeda dengan pencobaan bahkan tujuannya untuk membangun agar lebih berkualitas. Kejadian 22:1 “Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham…” Mencoba, Yunani : NACAH
• To test – menguji
• To prove – membuktikan
Allah menguji, karena ingin lihat bukti, cinta/kesetiaan kita kepada Tuhan.

COBAAN IBLIS adalah ALAT PENGUJI ALLAH
Ayub 1:8, Allah membanggakan umatNya di hadapan musuh-musuhNya. Allah melindungi dan Allah memagari orang-orang percaya, 2 Raja 6:8-23. Tanpa ijin Allah, Iblis tidak bisa menyentuh orang percaya yang saleh, jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Tetapi, Mengapa Allah izinkan Iblis mencobai Ayub yang saleh; jujur; takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Allah Ingin Melihat Kesetiaan UmatNya. Allah ijinkan Ayub dicobai Iblis, karena Allah ingin lihat, apakah Ayub tetap saleh; jujur; takut akan Allah dan menjauhi kejahatan…
Pada waktu:
• Kekayaannya ditarik dari Ayub
• Tubuhnya berpenyakit
• Tekanan perasaan/emosi

KESIMPULAN
Allah mengijinkan Ayub dicobai Iblis dan menjadikan pencobaan Iblis itu, sebagai Alat Uji (alat tes/alat bukti) bagi Allah untuk melihat kualitas iman Ayub. Sesungguhnya iblis mencobai Ayub dengan maksud agar, Ayub mengutuki Allah. Melainkan hasilnya Ayub keluar seperti emas (makin berkualitas).

Hasil yang dicapai Ayub :
• Rohani, Ayub 42:5 ,Ayub mengenal Allah semakin dalam.
• Jasmani, Ayub 42:10-17,Kekayaan Ayub di sorga dan di bumi berlipat ganda.

Pencobaan Iblis yang diijinkan Tuhan tidak bisa mengalahkan kita. MENGAPA..? I Korintus 10:13. Berakar dalam Kristus (Lukas 8:13). Pengikut Yesus akan mengalami pencobaan agar tidak murtad dan meninggalkan Yesus.¬_

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s