MAHKOTA KEHIDUPAN ( Minggu, 04 November 2012 )

Image

Pdt. J.S Minandar

Yakobus 1:12 

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan,  sebab apabila ia sudah tahan uji,   ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.”

PENDAHULUAN

Di dalam Alkitab ada beberapa macam mahkota yang disediakan Tuhan bagi orang percaya, yaitu:

  • Mahkota Kemuliaan
  • Mahkota Kebenaran
  • Mahkota Abadi
  • Mahkota Kehidupan

URUT-URUTANNYA

Urutan mahkota diatas bukanlah urutan yang sebenarnya. Saat masuk dalam kemuliaan, mahkota pertama yang akan kita terima ialah: “Mahkota Kehidupan.” Yakobus  1:12, Perhatikan! Disebut “Mahkota Kehidupan” artinya:   Orang yang tidak terima mahkota kehidupan, tidak miliki kehidupan. Untuk hidup kekal bersama Yesus di sorga, harus memiliki “Mahkota Kehidupan.”

CARA MENERIMA MAHKOTA

Ada cara untuk mendapat mahkota yang disediakan Tuhan bagi kita :

1.   Mahkota Kemuliaan, I Petrus 5:4.

Yesus Gembala yang agung, dikedatanganNya yang kedua akan menganugerahkan mahkota kemuliaan  bagi orang percaya yang melayani Tuhan. Seringkali orang percaya berpikir bahwa pelayanan hanya dimimbar, tetapi sekecil apapun pelayanan kita, kan sangat dihargai Tuhan. Contoh, Matius 10:42– memberi pelayanan sekecil apapun kepada murid Yesus yaitu, orang-orang percaya maka upahnya  tidak akan hilang.

2.   Mahkota Kebenaran, II Timotius 4:7,8

Dianugerahkan bagi orang percaya yang rindu kedatangan Yesus. Dengan cara apa kita merindukan Yesus?  Yaitu, dengan mengekspresikan rindu kita dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: kesetiaan beribadah, berdoa kepada Tuhan dan menjadi saksi Kristus. Orang-orang seperti ini akan menerima mahkota kemuliaan.

3.   Mahkota Abadi, I Korintus 9:25

Dianugerahkan Tuhan bagi orang yang taat.  (Tidak menyimpang dari firman Allah).  2 Timotius 2:5 Rasul Paulus mengambarkan perjalan iman orang percaya seperti berlomba,  yang tidak melakukan palanggaran sekecil apa pun dalam perlombaan. Ketaatan dan kepatuhan akan menentukan mahkota abadi ini kita terima atau tidak. Jadi dalam menjalani iman Kristen kita harus taat.

4.   Mahkota Kehidupan

Di terima bukan karna usaha; perjuangan; perbuatan baik & pelayanan. Seperti ketiga mahkota diatas,  tetapi oleh usaha; perjuangan & pengorbanan Yesus di atas kayu salib.  Sebab itu Roma 8:37Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.”  Hanya dengan percaya kepada Yesus kita menerima mahkota kehidupan

APAKAH SEMUDAH ITU? Apakah semudah itu kita bisa terima “Mahkota Kehidupan?”  Betul! Contoh: Lukas 23:43, ini kisah seorang penyamun yang bertobat. Sepanjang hidupnya dalam dosa. Dia salah satu yang disalibkan bersama Yesus. Ia bertobat dan percaya kepada Yesus. Saat itu Yesus berkata kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada (hidup) bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus”. Betapa mudahnya menerima mahkota kehidupan Tetapi, Kita tidak seperti penyamun yang disalib  disebelah Yesus.

Percaya lalu Bertobat lalu Mati dan masuk Firdaus. Kita harus jalani  hidup sebagai pengikut Yesus dan mempertahankan “Mahkota Kehidupan”. Wahyu 3:11“Aku datang segera! Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.” Matius 24:13“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”

TANTANGAN YANG KITA HADAPI

Tantangan apa yang kita hadapi dalam mempertahankan “Mahkota Kehidupan”. Matius 24:12 tantangan versi Yesus adalah “Kedurhakaan Makin Bertambah” Yakobus 1:12 sedangkan Yakobus “Pencobaan Di Akhir Zaman”. Wahyu 2:10tantangan versi Yakobus “Kesusahan Selama Sepuluh Hari”

Tetapi Kita akan lebih membahas versi Yakobus. “PENCOBAAN”, CONTOH: bangsa Israel ( 1 Korintus 10:1-10). Di Ayat 1-4 – Fasilitas, Setelah bangsa Israel bebas dari tanah Mesir  mereka difasilitasi Tuhan. Yang bangsa Israel lakukan  hanya berjalan dan taat. Dari Mesir sampai tanah Kanaan Tuhan sediakan. Demikian dengan  keselamatan yang kita terima secara cuma-cuma oleh pengorbanan Yesus di atas kayu salib. Tuhan sediakan, kita tinggal menerima.

I Korintus 10:5, sekalipun fasilitas Tuhan sediakan, tetapi masih saja ada yang tidak taat sehingga Tuhan membinasakan bagian terbesar  dari bangsa Israel. Bangsa Israel gagal masuk tanah perjanjian, mereka tewas di padang gurun karena tidak dapat bertahan dengan tantanggan yang ada. Tujuan kisah ini ditulis, I Korintus 10:11 Untuk jadi peringatan bagi Israel rohani.  Artinya, Kalau Israel jasmani bisa gagal, sehingga tidak sampai  di Kanaan (tanah perjan-jian), maka tidak menutup kemungkinan Israel rohani (orang percaya), yang sudah menerima jaminan keselamatan, juga  bisa gagal dan kehilangan keselamatan.

PENYEBAB KEGAGALAN

Mengapa Israel gagal? I Korintus 10:13, Israel tidak mampu bertahan dalam menghadapi pencobaan. Padahal pencobaan yang mereka alami adalah pencobaan biasa yang dialami juga oleh setiap orang.

I Korintus 10:6-10 Berbagai Pencobaan

  1. Menginginkan Yang Jahat  (Bilangan 11:4-6)

Apakah keinginan yang jahat? Menginginkan makanan yang mereka makan di Mesir. Setelah diselamatkan, kita harus putus-kan hubungan dengan dosa masa lalu. Jangan ada keinginan untuk melakukan dosa masa lalu. I Korintus 10:6-10 Berbagai Pencobaan

2. Menjadi Penyembah Berhala (Keluaran 32:1-6)

v    Harta dan kekayaan dunia.

v    Kepandaian/Ilmu Pengetahuan.

v    Angkuh/Kesombongan.

3.  Melakukan percabulan (Bilangan 25:1-5)

v    Secara jasmani, dalam arti sebenarnya.

v    Secara rohani

Kisah tragis, DR. RICHARD TEO KENG SIANG adalah seorang yang berjuang dan sukses sebagai dokter kecantikan. Diusia 40 tahun ia sudah menjadi orang yang kay-raya, masih single tetapi sudah memiliki segalanya. DR. RICHARD TEO KENG SIANG  menjaga kesehatan tubuhnya setiap hari dengan mengikuti fitness. Ia adalah orang percaya yang sudah 20 tahun tidak kegereja karena merasa hebat. DR. RICHARD TEO KENG SIANG perna berkata dengan angkunya “ coba”

kita lihat apa yang Tuhan lakukan untuk membuat saya kegereja?”. Ia menmantang Tuhan dengan perkataannya. Maret 2012 ia merasa ditubuhnya ada yang tidak enak, setelah diperiksa. ia ternyata terkenan kangker stadium 4. Awalnya ia menyangkal dan menyalakan Tuhan. Sampai akhirnya ia sadar bahwa itu cara Tuhan membawa ia kembali kepada Tuhan. Tanggal 16 oktober 2012, ia meninggal di usia 40 tahun tetapi, kesaksian hidupnya yang diubahkan Tuhan  menjadi kesaksian yang menyadarkan banyak orang. Sebelum ia meninggal ia berkata “Hidup tanpa Tuhan kosong”

 I Korintus 10:6-10,  Berbagai Pencobaan yang kita hadapi. Ada begitu banyak tantangan  dan terkadang membuat kita tidak mampu, tetapi Tuhan yang selalu memberi  jalan keluar dan daya tahan untuk membuat kita kuat mempertahankan mahkota kehidupan itu. 1 Korintus 10:13_

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s