MENJADI YANG SULUNG DI ANTARA SEMUA CIPTAAN-NYA (Minggu, 25 November 2012)

Image

Pdt. J.S Minandar

Yakobus 1:16-18

PENDAHULUAN

Yakobus 1:16, Yakobus memberi nasehat  yang begitu keras dan tajam, yaitu, “ janganlah sesat!”. Maksud Yakobus menulis nasehat yang begitu keras ini ada di Yakobus 1:17“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang padaNya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” Nasehat yang kuat ini untuk mengingatkan bahwa “Keselamatan”, adalah Pemberian Allah Yang Sempurna  yang dikerjakan oleh Yesus di kayu salib,  Yohanes 3:16; Efesus 2:8,9.

 BUKAN OLEH USAHA & KEBAIKAN

Mungkin ada beberapa agama yang mengajarkan keselamatan didapat dari usaha manusia. KONSEP yang mengajarkan keselamatan bisa diusahakan, maka “Ajaran tersebut adalah  Ajaran Sesat!!” sebab Keselamatan bukan hasil usaha  atau kebaikan manusia. 

 KESELAMATAN

Keselamatan hanya dengan jalan anugerah. Yakobus 1:17 memberi konsep keselamatan  tidak akan pernah diubah Allah dan Tidak ada bayang-bayang perubahan. Sebab Sebagaimana Allah tidak berubah maka cara yang Allah gunakan untuk menyelamatkan manusia tidak  akan pernah berubah yaitu, didalam Tuhan Yesus Kristus. Gereja yang mengajarkan keselamatan dengan konsep lain, gereja tersebut adalah: “Gereja Sesat!” Wahyu 17:1,2 – yang dimaksud “banyak air” adalah gambaran umat/ massa dan mereka dipimpin oleh “pelacur besar” yaitu gambaran “Gereja Palsu”  yang melacurkan diri artinya Gereja yang berkompromi bahwa ada keselamatan lain diluar Yesus. Wahyu 17:3-6  Gereja sesat (Wanita Pelacur) dan duduk di atas binatang (Antikristus) artinya, gereja sesat bekerjasama sama dengan antikristus (Wahyu 17:3). Mereka akan akan “Membunuh orang-orang kudus” yang berpegang pada firman Tuhan yang murni. Yakobus peringatkan bahwa keselamatan hanya didalam Yesus Kristus, Bapa segala terang.

TUJUAN KESELAMATAN

Allah menyelamatkan, bukan sekedar  supaya kita masuk sorga. Benar kita pasti masuk surga tetapi setiap kita memiliki paket hidup karena  Tuhan ingin memakai kita. Yakobus 1:18“Atas kehendakNya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaanNya.” Mengapa setelah kita percaya, Yesus beri kita kesempatan hidup?

AGAR JADI SERUPA DENGAN GAMBARNYA:

  • Bukan untuk menghabiskan waktu dengan bersantai – santai
  • Bukan untuk menimbun harta tetapi Tuhan panggil dan selamatkan kita agar “ Roma 8:29 –Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara “

Dengan demikian kita diselamatkan supaya cara hidup kita, serupa dengan Yesus.

Yakobus 1:18 “Atas kehendakNya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaanNya.” Setiap minggu diproses kebenaran Firman supaya Menjadi “Yang Sulung” di antara   semua ciptaanNya. Artinya Hidup pengikut Yesus  harus jadi panutan bagi semua orang. Mengapa? MANUSIA SUDAH RUSAK,

Kejadian 6:5“Kejahatan manusia besar di bumi dan kecenderungan hatinya selalu memembuahkan kejahatan.”  Untuk memulihkan ciptaan Allah (manusia) yang sudah rusak, Allah tidak langsung pakai firman Allah. Tetapi Allah pakai cara hidup pengikut Kristus, sebagai yang sulung dalam mengenal Yesus (Sang Juru Selamat).

KEDUDUKAN / POSISI YESUS

Di manakah tingkat Rohani Yesus  sebagai Anak Sulung Bapayang menjadi standar orang percaya? Yakobus 1:18“Atas kehendakNya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaanNya.”

 II Petrus 1:5-8 inilah tingkatan yang harus kita lewati.

Image

Dan ini gambaran orang percaya yang diselamatkan.

Image

Setelah diselamatkan ada tingkatan-tingkatan yang harus dilewati. Bukan hanya percaya dan beriman saja tetapi ada tingkatan berikut yaitu:

Kebajikan

Image

Tingkat pertama yang harus ada di dalam diri kita, supaya dunia dapat melihat bahwa sifat Yesus sebagai Anak Allah Yang Sulung itu dapat terlihat di dalam diri kita adalah “Kebajikan”. Mengapa kita harus berbuat kebajikan?  Yeremia 31:14-Umat Tuhan telah dikenyangkan oleh Tuhan dengan kebajikan Tuhan, yaitu: keselamatan; pengampunan; kesetiaan. Maka sudah seharusnya sifat yang sama yaitu kebajikan harus terekspresi juga dari dalam diri pengikut Yesus.

Kisah 14:17 Yesus, sebagai yang sulung telah menyatakan diri ditengah dunia dengan melakukan kebajikan. Maka setiap pengikut Yesus harus tampil di tengah dunia ini dengan cara yang sama seperti Yesus, yaitu melakukan kebajikan.

Kebaikan dan kebajikan, memiliki arti yang sama (tidak ada beda) tetapi, kebaikan  diperlihatkan melalui perilaku; sifat; keramahtamahan, tetapi Kebajikan, diperlihatkan lewat perbuatan memberi. (Orang yang berbuat baik belum tentu memberi, tapi orang yang melakukan kebajikan diperlihatkan lewat keduanya, (baik dan suka memberi). Jadi yang pertama harus ada dalam orang percaya adalah “Kebajikan”.

DAMPAK KEBAJIKAN

Yeremia 33:9, Kalau penduduk kota berbuat kebajikan, maka kota itu akan menjadi..

  • Pokok kegirangan
  • Ternama
  • Terpuji
  • Terhormat 

Dan mereka akan: TERKEJUT; GEMETAR karena kebajikan yang mereka lihat.

PENGETAHUAN

Jangan abaikan pengetahuan firman Allah. 2 Petrus 3:18 ”Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita,  Yesus Kristus….”

Pengetahuan

 Image

Tingkatan setelah kebajikan adalah pengetahuan akan Firman. Banyak anggota jemaat yang mengabaikan yang satu ini. Mereka merasa tidak terlalu perlu tahu banyak tentang firman Allah, cukup – pendeta saja yang tahu. Perhatikan 2 Petrus 3:18 ”Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus….”. pertumbuhan didalam firman akan mengerakkan kita untuk mengetahui kehendak Allah.

2000 tahun yang lalu Yesus adalah figur yang menjadi contoh. Cara hidup Yesus membawa banyak jiwa kepada Allah. Yesus sudah naik kesorga untuk mempersiapkan tempat bagi kita sekarang kesempatan kita untuk menjadi figur bagi jiwa-jiwa karena Kristus ada didalam kita. Menjadi yang sulung ditengah-tegah kerusakkan manusia._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s