ABU GANTI PERHIASAN KEPALA (Minggu, 13 Oktober 2013)

ImageABU GANTI PERHIASAN KEPALA

Yesaya 61:1-3

Ps. Carol Peterson (Seattle, USA)

Sepanjang kehidupan manusia, tahun demi tahun bahkan hari lepas hari, terus terjadi perubahan. Waktu membuat segala sesuatu menjadi berbeda, tetapi hanya satu pribadi yang tidak akan berubah dan itulah Yesus. Kuasa, mujizat dan kasihNya adalah kekal. Hari ini kita akan membahas kebenaran Firman Tuhan dari Yesaya 61:1-3.

Ayat tersebut menjelaskan bagaimana Allah mengambil yang buruk dan digantikan dengan kelepasan. Ayat inipun berbicara tentang nubutan Yesus. Firman Allah mencatat dalam Lukas 4:16-21. Ketika Yesus dalam masa pelayanan di muka Bumi, Yesus membaca nas kitab Yesaya tersebut. Lukas 4:21 “Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.” Yesuslah Firman yang menggenapi. Yesus yang membawa kelepasan dan pembebasan dosa.

Pada saat ini ada 3 hal yang akan kita perhatikan :

  1. Perhiasan kepala
  2. Abu
  3. Kain kabung

Ketiga hal tersebut memiliki maknanya masing-masing :

1. Perhiasan kepala

Zaman dahulu, seseorang yang mengalami kemenangan dalam suatu perjuangan, tidak mendapat mahkota seperti di zaman sekarang. Dahulu mahkota terbuat dari dedaunan yang terpilih dan dibentuk menjadi mahkota. Bagi mereka mahkota tidaklah terlalu penting sebab mahkota dapat layu dan rusak, tetapi yang penting adalah kehormatan dari kemenangan tersebut akan tetap, II Timotius 2:5. Sebagai orang percaya, kehidupan kita seperti sebuah pertandingan iman. Butuh perjuangan dan orang yang mengandalkan Tuhan akan menerima mahkota yang kekal.

 2. Abu

Abu merupakan gambaran dari krisis dan kesulitan. Contoh : Tamar anak Daud, ketika ia mengalami krisis, ia menaruh abu di atas kepalanya. Saat orang melihatnya, mereka tahu bahwa ia berada di dalam krisis. Ayub pun demikian, pada masa Tuhan mengujinya. Ia duduk di atas abu sebagai tanda kedukaan yang dalam. Selain itu, Abu juga berbicara tentang hal-hal sengsara. Di akhir zaman ini, ada begitu banyak tantangan dan masalah tetapi kita tidak perlu takut karena Tuhan sudah gantikan abu itu dengan sukacita. Mahkota kemuliaan telah disediakanNya asal kita percaya. Bahkan, ketika manusia jatuh kedalam dosa, Allah sudah memiliki rencana untuk keselamatan manusia.

Begitu banyak perubahan yang akan terjadi tetapi Allah tidak pernah kehabisan cara untuk menolong. Abu masalah yang kita alami akan Tuhan ganti dengan mahkota kemenangan. Tanpa Allah tidak akan ada kemenangan. Contoh seperti bangsa Israel melawan kota Yeriko, mereka mengalami kemenangan tanpa harus bersusah-susah. Hanya dengan memuji dan bersorak, maka kota Yeriko dapat dikalahkan. Semua karena ada Tuhan bersama dengan mereka.

 

HATI YANG REMUK

Perhatikan Yesaya 61:1 “…merawat orang-orang yang remuk hati”, Yesus bukan hanya datang membebaskan setiap kita tapi IA juga datang untuk memulihkan hati yang remuk. Setiap manusia pernah mengalami hati yang remuk, hati yang takut dan keadaan hati yang tidak benar. Hal tersebut dapat mempengaruhi pikiran kita sehingga pikiran-pikiran tersebut membelenggu kita dan menimbulkan kekuatiran.

Setiap harinya manusia berperang dengan pikirannya. Oleh karena inilah Yesus datang, IA membebaskan pikiran akan ketakutan dan memulihkan hati yang remuk menjadi sukacita. Oleh sebab itu, biarlah kita ijinkan Firman Tuhan mencabut semua kekuatiran, kehancuran dan ketakutan dan menggantinya dengan kemuliaan serta sukacita.

Banyak orang belum menyadari akan janji Tuhan bagi kehidupan mereka sehingga mereka sulit untuk menikmati berkat-berkat Tuhan. Tetapi Firman Tuhan datang kepada kita, memberi kekuatan dan penghiburan. Seperti Ayub, ketika semua yang ia miliki habis dan harapan akan masa depan hilang. Semua penopangnya disingkirkan namun ia tetap berharap, percaya kepada Tuhan dan melakukan yang benar. Maka Tuhan memulihkan kedaaannya sehingga ia dapat berkata di dalam Ayub 42:5 “Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.”. Tuhan mengganti abu menjadi mahkota bagi Ayub (Ayub 42:7-17).

Yesus telah menang atas segala dukacita serta kehancuran dan marilah kita hidup sebagai orang yang menang bukan lagi sebagai orang yang terbelenggu dengan pikiran yang penuh dengan ketakutan. Hendaklah segala sesuatu yang kita alami hanya untuk mempermuliakan Nama Tuhan. Yohanes 10:10, Iblis datang hanya untuk membunuh dan membinasakan, tetapi Yesus datang untuk memberikan hidup yang berkemenangan. Saat ini kita tidak tahu dengan masa depan, namun yang kita tahu bahwa Tuhan punya rencana yang indah. Tuhan mengganti abu dengan mahkota, hati yang remuk dengan sukacita.

PAKAIAN PESTA

Yesaya 61:3 “..minyak untuk pesta ganti kain kabung..” , masa kesengsaraan yang kita alami bukan untuk menghancurkan tetapi untuk membawa kemuliaan Tuhan sehingga menjadi wangi bagi setiap orang di kehidupan kita. Ketika mereka melihat Tuhan menolong, maka Nama Tuhan akan di permuliakan.

Percayalah kepada Tuhan. Mungkin ada banyak tantangan dan masalah, seperti menaruh abu di atas kepala, hati yang kita remuk dan pakaian kabung ada melekat didalam jiwa kita. Pandanglah  kepada Tuhan sang penebus. IA akan memulihkan dan menjadikan hati kita bersukacita.

Yesaya 61:3 “untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka “pohon tarbantin kebenaran”, “tanaman TUHAN” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.”

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s