DISELAMATKAN OLEH KASIH KARUNIA TUHAN (Minggu, 20 Oktober 2013)

Image

Pdt. Benny Nelwan

 

Efesus 2:8-10

Rasul Paulus menyadari bahwa segala yang ia terima adalah kasih karunia yang dari pada Tuhan. Keselamatan yang kita miliki berasal dari Allah, sebab itu jangan ada yang memegahkan diri. Perhatikan, di Efesus 2:10, Paulus mengingatkan bahwa kita yang telah menerima kasih karunia dan di ciptakan dengan sempurna wajib hidup didalam pekerjaan baik. Allah menciptakan manusia dengan sempurna. Didalam diri manusia ada 3 hal yang Allah berikan. Yaitu, Roh, jiwa dan tubuh. Dan pasti ada tujuan Allah didalamnya. 3 bagian yaitu, Roh, jiwa dan tubuh akan di bahas

1. Tubuh – Keluarga Nuh (Kejadian 6:5-8)

Bagian pertama yang akan di bahas adalah tubuh. Pada  masa kehidupan Nuh, manusia hidup jauh dari pada Tuhan. Kecenderungan hatinya selalu menghasilkan yang jahat sehingga Tuhan menyesal menciptakan manusia.  Manusia hidup dengan mencemari tubuh mereka. Tetapi, lain halnya dengan Nuh. Kejadian 6:9, menuliskan Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya. Tuntutan untuk hidup dalam kekudusan wajib untuk setiap pengikut Tuhan. Di akhir zaman ini, banyak hal yang mendorong kita untuk merusak Tubuh. 1 korintus 6:19, tubuh adalah bait Roh Kudus dan Roh Allah diam didalam tubuh manusia. Dengan demikian kita akan mengerti apa yang menjadi kerinduan Tuhan. Roma 12:1, tubuh juga merupakan persembahan yang hidup dan kudus. Jadi berilah tubuh kita kepada Tuhan dengan menjaganya dalam kekudusan.

2. Jiwa – Bangsa Israel di selamatkan (Keluaran 12:31)

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan. Mereka di bebaskan dari perbudakkan mesir dengan tujuan agar mereka dapat beribadah kepada Tuhan. Karena ibadah bagian yang paling serius bagi Tuhan. Sebab itu Keluaran 7:15,16-9:1, Musa dan Harun berulang kali menghadap firaun agar bangsa Israel di bebaskan dan pergi untuk beribadah. Di dalam pertemuan ibadah kita dapat menemukan penyegaran akan jiwa, melalui kebenaran Firman Tuhan yang di sampaikan. Yakobus 1:21, sebab itu terimalah Firman Tuhan dengan lemah lebut agar firman dapat bekerja didalam hati.

3. Roh – Kematian  Yesus menyelamatkan seluruh manusia (Yohanes 19:30)

Pada saat kejatuhan manusia kedalam dosa, semua roh manusia terbelengu dengan kejahatan. Dari zaman purbakala hingga sekarang. Tetapi, Allah mengetahui bahwa manusia tidak dapat meyelamatkan dirinya sendiri. Sehingga manusia akan tetap terus terbelenggu dengan dosa. Namun kembali kita mengingat perkataan Yesus di Yohanes 19:30 “Sudah Selesai”, terjemahan Yunani mengartikan – sudah di laksanakan, tugas mencapai tujuan dan sudah berakhir. Jadi, Allah telah mengerjakan pembebasan akan dosa bagi manusia. Dengan demikian, tidak ada lagi roh yang terbelengu oleh dosa. Ketika kita percaya, maka kebebasan roh menjadi bagian kita. Tekanan itu telah di angkat Tuhan. salibNya mengubah sejarah manusia. Amsal 20:27, Efesus 2:10,Galatia 2:20.

Sekarang kita mengerti. Segala yang ada didalam diri manusia adalah untuk kesenangan Tuhan bukan untuk kepentingan pribadi. Yesus telah membebakan manusia, sebab itu persembahakan tubuhmu sebagai persembahan yang menyukakan Tuhan. Maka damai sejahtra menjadi bagian kita._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s