ENGKAU AKAN MENGEMBANG (Minggu, 13 Oktober 2013)

 

Image

Ps. Daniel Peterson

Yesaya 54:1-3

“Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN. Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi. “

 

Perubahan-perubahan yang terjadi didalam kehidupan manusia pada umumnya, dapat terlihat dari hasil yang diterima. Sebagai pengikut Kristus, tentu kita akan membawa perubahan yang baik dan benar. Hanya saja iblis sering kali menekan berkat-berkat yang seharunya diterima bahkan iblis merencanakan sesuatu yang buruk kepada manusia. Sebab itu, kita harus memiliki iman yang kuat untuk melawan semua tekanan iblis. Iman bukan hanya perkataan tetapi tindakkan. Iman menunggu kita untuk bergerak.

Yesaya 54:1 ”Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN.”

Kata “Mandul”, mengandung arti tidak menghasilkan, tidak sanggup melahirkan, tanpa respon dan hasil. Secara logika, tidak mungkin seorang wanita yang mandul dapat bersorak, karena tekanan yang ia rasakan. Sering kali kita mengalami hal demikian, seperti di bawah tekanan. Segala sesuatu terlihat tidak mungkin. Di saat seperti inilah, iblis gunakan untuk berbisik, bahwa kita terbatas dan tidak dapat menghasilkan apapun. Jika hati kita mudah lemah, maka kita akan jatuh. Tetapi Allah yang bekerja didalam kita lebih besar dari segala pembatas yang iblis bisikkan. Allah memilih hati kita untuk di tempati agar keterbatasan manusia diatasi oleh Allah yang tidak terbatas. Namun, Iblis pun tidak hentinya merusak segala yang baik dari Tuhan. Iblis berusaha merusak pikiran manusia. Tetapi itu tidak menjadi masalah bagi Tuhan. Ketika Yesus disalibkan, IA bukan hanya menyelesaikan dosa manusia, Yesus pun membebaskan pikiran iblis yang mengikat manusia.

Jadi apakah kemandulan menurut orang percaya? Ada beberapa hal yang mengambarkan tentang kemandulan. Yaitu, tidak berbuah. Ada suatu waktu kita melakukan segala sesuatu dengan mudah dan tanpa hambatan dan halangan. Kita alami saat-saat indah bersama dengan Tuhan, keadaan yang menyenangkan. Namun, ada kalanya di satu masa kita seperti di padang belantara. Waktu-waktu kekeringan terjadi. Kita merasa Tuhan jauh dari kita maka iblis mulai datang melemahkan kita. Apa yang harus kita lakukan dengan keadaan seperti ini? Maka yang harus kita lakukan adalah:

1. Yesaya 54:1- Bersorak-soraklah

“Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN.”

Firman Tuhan menuliskan di dalam Yesaya “bersorak-soraklah”. Contoh Hana (Ibu Samuel) dan Maria (Ibu Yesus). Kemandulan bukan membatasi mereka untuk bersorak bagi Tuhan, 1 Samuel 2 :1-10 dan Lukas 1: 46-55. Jadi, naikanlah pujian bagi Tuhan di tengah kesulitan dan keterbatasan, maka itu akan menambah iman dan kekuatan didalam diri kita. Mazmur 138:1-3, pemazmur mengatakan di antara para allah, ia mau bersorak bagi Tuhan. Di tengah ejekan Daud mulai bersyukur dan memuji Tuhan.  Sikap raja Daud dapat menjadi contoh bagi kita. Ketika ejekan dan penghalang datang, ia mulai memuji Tuhan sebab Tuhanlah yang mampu menolongnya.

2. Yesaya 54: 2- Lapangkah Kemahmu dan patok

 “Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!”

Bagian kedua yang harus kita lakukan di tengah tekanan adalah “lapangkan tempat kemah”. Ini berbicara mengenai kebenaran Firman Tuhan. Selain kita bersorak, kita juga membesarkan kapasitas Firman Tuhan dengan membaca dan merenungkan kebenaran karena Firman Tuhan mengandung kuasa yang besar serta tersimpan janji Tuhan. Luangkan waktu untuk membaca Firman Tuhan dan mencari kehendak Tuhan. Perhatikan kata “patok”, yang berbicara tentang hubungan antar sesama. Artinya, kita harus membangun hubungan yang baik sehingga kita dapat saling menguatkan. Hubungan antar sesama lebih mahal artinya dari pada harta dunia.

3. Yesaya 54:3-  Ada perjanjian

“Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.”

Ada tiga bagian yang dapat kita ambil dari Yesaya 54: 3, yaitu:

a)      akan mengembang ke kanan dan ke kiri

b)      keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa

c)       akan mendiami kota-kota yang sunyi

Janji ini akan menjadi bagian kita ketika kita berharap penuh kepada Tuhan. Bersorak dan mencari Tuhan melalui kebenaran Firman Tuhan. Inilah kesempatan untuk kita membesarkan kapasitas yang Tuhan percayakan maka berkat Tuhan akan menjadi bagian kita. Berkat yang mengembang kekiri dan kekanan. Perhatikan kata “akan”- ini adalah kalimat pasti. Kristus adalah pasti bagi kita.

Pegang terus janji Tuhan, jangan lagi bersusah hati karena Tuhan ada di pihak kita. Yesus telah menang atas semua tuduhan iblis dan mulailah hidup sebagai seorang pemenang bukan budak dosa. Amin, haleluya.._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s