IMAN PERCAYA YANG BENAR (Minggu, 27 Oktober 2013)

Image

Pdt.Gideon Santoso

– MATIUS 16:13-16 –

Pendahuluan

Ada 2 pertanyaan yg diajukan Tuhan Yesus kepada murid-murid tentang siapakah DiriNya :

  1. Menurut kata ORANG
  2. Menurut para Murid-muridNya

Begitu pentingnya pengakuan seseorang. Pengakuan seseorang akan menentukan Kualitas iman percayanya.

Siapakah Yesus ?

  • MENURUT KATA ORANG

Yesus di samakan dengan 3 tokoh besar dalam Alkitab :

  1. Yohanes Pembaptis.
  2. Nabi Elia.
  3. Nabi Yeremia.

Kadar iman mereka terlihat dari cara perbadingan mereka dengan ke tiga tokoh Alkitab.

1. KRISTEN YOHANES PEMBAPTIS

Sesuai dengan namanya kiprahnya dikenal sebagai Pembaptis dengan air.Orang yang percaya bahwa Yesus adalahYohanes pembaptis adalah tipe orang Kristen yang hanya berhenti sampai pada Baptisan air.Baptisan air adalah awal dari kekristenan kepada kelahiranbaru dan inilah bayi rohani. Tipe orang percaya tahap ini sangat lemah dan mudah gugur imannya . Jadi tidak berhenti di tahap ini, tetapi terus bertumbuh sampai dewasa rohani.

Contohnya Musa waktumasihbayi. Didalam Perjanjian Lama danYesus didalam Perjanjian Baru. Mereka menjadi sasaran pembantaian karena tidak berdaya. Sehingga harus di sembunyikan. Setelah dewasa, mereka tidak mudah digoyahkan. Oleh sebab itu untuk kita tidak goyah, 2 Petrus 3:18 menasehatkan agar kita bertumbuh dalam pengenalanakan Tuhan.

2. KRISTEN NABI ELIA

Elia dikenal sebagai Nabi yang memiliki kuasa dan mujikzat. Dapat menurunkan api dan menahan hujan dari langit. Tipe orang Kristen Elia ini adalah orang Kristen yang percaya karena mujizat dan tanda-tanda heran. Bagaimana sikapTuhan Yesus dengan orang  percaya model ini ? Yohanes. 2 : 24, Tuhan tidak mempercayakan DiriNya kepada tipe orang yang percayanya karenaMujizat. Mengapa? Karena mereka tidak akan tahan uji  dan mudah gugur imannya. Ketika hadapi penderitaan dan aniaya. Filipi. 1:29.

3. KRISTEN NABI YEREMIA

Yeremia dikenal sebagai Nabi yang banyak bernubuat.Tipe orang Kristen Yeremia, yaitu, mereka yang percayanya berkajang pada nubuat dan penglihatan. Orang Kristen tipe ini rentan atau mudah disesatkan dan di tipu.

BAHAYA

Tipe orang Kristen Nabi Elia dan NabiYeremia. Matius. 7:22,23. Mencatat di Ay.23- Allah menolak mereka. Jangan kejar Mujizat dan hal-hal supra natural lainnya sebagai patokan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus.

  •  PERCAYA MODEL MURID TUHAN

Matius 16 : 15 “Tetapiapa KATAMU siapakah AKU ini ?”

  • Ay. 16-Petrus mewakilisemuamurid. “ENGKAU ADALAH MESIAS ANAK ALLAH YANG HIDUP.” Pengakuan ini menjadi dasar  yang kokoh bagi Gereja Tuhan yang memiliki IMAN PERCAYA yang Tuhan inginkan.
  •  Ay.17,18-Mesias artinya Yang diurapi. Dalam Perjanjian Lama ada 3 Jabatan yang secara khusus mendapat pengurapan :
  1. Raja
  2. Iman
  3. Nabi

Apakah makna pengakuan Yesus sebagai Mesias bagi kita Gereja di akhir zaman ini? Pengakuan yang bagaimanakah yang harus kita ucapkan? Roma. 10 : 9, mengaku dengan mulut kita bahwa YESUS  adalah TUHAN.Percaya dalam hatimu bahwa Allah telahmembangkitkan Yesus dari antara orang mati (KaryaPenebusan ).Inilah makna pengakuan Yesus sebagai Mesias bagi kita.

Iman percaya kita kepada Tuhan Yesus bukan karena :

  • Tanda dan mujizat
  • Hanya sampai lahirbaru

Tetapi, percaya YESUS sebagai TUHAN oleh karya PENEBUSANNYA yang menyelamatkan. Tipe iman Percaya ini adalah tipe orang yang bertumbuh dalam kedewasaan rohani. Hasil dari pengakuan iman percaya yang benar yaitu, dengan hati orang percaya, DIBENARKAN dan denganmulut orang mengaku DISELAMATKAN (Roma 10:10). Sekarang kita mengerti bahwa keselamat hanyalah melalui Yesus Kristus. Tetaplah berpegang  teguh dalam iman percaya kita._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s