SOLUSI dalam mengatasi penyakit (Minggu, 17 November 2013)

Image

Pdt. J.S. Minandar

Yakobus 5:15,16

“Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika  ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”

 

PENDAHULUAN

Beberapa orang beranggapan bahwa sakit penyakit bisa datang dari pada Tuhan. Ini anggapan yang keliru, karena Tuhan tidak memberikan penyakit. Tuhanlah yang justru membebaskan manusia dari penyakit. Kayu salib adalah bukti nyata  bahwa Tuhan telah membebaskan manusia dari kuasa penyakit. Di minggu yang lalu, kita sudah bahas Yakobus 5:13,14 yang menjelaskan apabila mengalami masalah, penderitaan, atau sakit, kita dinasehati untuk berdoa secara pribadi dan bila perlu memanggil penatua. Betapa pentingnya doa dalam kehidupan orang benar. Kuasa apakah yang dimiliki dari berdoa?

KUASA DOA

Doa memiliki banyak manfaat karena ada kuasa didalamnya. Yakobus 5:15, menjelaskan bahwa doa bukan hanya membawa kesembuhan, namun dapat juga membangunkan yang lemah. Ada begitu banyak orang yang mengalami kelemahan secara fisik (Tubuh), tetapi jauh diantaranya ada orang-orang yang lemah rohaninya. Doa mampu menguatkan dikala situasi atau keadaaan yang melemahkan fisik dan rohani orang percaya serta doa mampu mengampuni dosa.

DOA DAN PENGAKUAN DOSA MEMBAWA KESEMBUHAN

Perhatikan Yakobus 5:16, mencatat doa dan pengakuan dosa membawa kepada kesembuhan. Ada penyakit yang sembuh lewat:

  • Doa
  • Mengaku dosa

Namun ada yang diselesaikan dengan berdoa, tetapi ada juga yang harus diselesaikan dengan tanggung jawab. Artinya, harus menjaga diri dari penyakit. Jangan sampai kita tidak peduli lagi dengan apapun sehingga tidak mawas diri dan menyebabkan sakit penyakit muncul.

PENYEBAB TIMBULNYA PENYAKIT

1. KURANG BIJAKSANA

 Ada orang yang sakit karena orang tersebut lalai dalam merawat tubuh. Karena kebutuhan mereka bekerja keras, hingga kurang beristirahat bahkan pola makan yang salah. Tindakkan yang harus dilakukan adalah berdoa bagi kesehatan dan ini wajib. Tetapi jangan sampai kita tidak bijak dalam bertindak dan jangan sampai mencobai Tuhan dengan berkata “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan,   sangat besar kuasanya”, sehingga bekerja begitu rupa dan kelelahan. Contoh:

  • Kejadian 2:3 – Allah bekerja selama 6 hari, tetapi hari ke 7, Allah berhenti bekerja.
  • Markus 4:38 – Setelah bekerja seharian, Yesus gunakan perjalanan untuk istirahat.

Jadi, kita harus berdoa, tetapi jika cara makan tidak bijaksana dengan melahap dan menikmati tanpa memikirkan resikonya, kita bertindak salah. Amsal 23:2 “Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu” artinya, bila ada berkat dan diajak makan, kendalikan selera makan kita. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

2. SITUASI DAN KONDISI

Kurang bijak dapat menyebabkan penyakit. Namun bagaimana dengan orang yang sudah pola hidup sehat dan beristirahat cukup masih mengalami sakit? Sakit bisa juga disebabkan situasi dan kondisi. Solusinya, berdoa adalah mutlak, tetapi dituntut tanggung jawab kita. Contoh, I Timotius 5:23 “Jangan lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.” Paulus tuntut tanggung jawab Timotius untuk merawat kesehatan tubuhnya dengan menambahkan sedikit anggur. Sakit dari pada Timotius disebabkan oleh keadaan air di Efesus yang kurang sehat. Paulus tidak hanya menyuruh Timotius berdoa, tidak berarti Paulus dan Timotius tidak memiliki iman.

3. DOSA

Salah satu timbulnya penyakit adalah akibat dosa yang diperbuat orang tersebut. Dapat disimpulkan, ada orang sakit akibat dosa. Jika ada seseorang yang sakit karena dosa, tidak cukup hanya dengan:

  •  Istirahat
  •  Membatasi makan
  •  Minum obat

Tetapi, Yakobus 5:15,16 “dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh”. Solusinya hanya dengan “MENGAKUI DOSA”.

CONTOH :

•  Bilangan 12:10- Miryam merupakan kakak dari pada Musa. Ia memandang rendah Musa karena Musa seorang adik. Ia memberontak kepada Musa berkenaan dengan tindakkan Musa sehingga Miryam mengalami kusta bukan karena tertular tetapi karena dosa. Beberapa waktu kemudian, Miryam dipulihkan dari penyakit kusta bukan dengan obat. Perhatikan ayat 14, Miryam dikucilkan selama 7 hari. Kesempatan inilah yang diambil Miryam untuk memperbaiki diri, berdoa dan mengakui kesalahannya kepada Tuhan juga kepada Musa.

•  2 Raja 5:27- Gehazi juga mengalami kusta karena dosa. Gehazi merupakan pengerja dari Elisa. Ia ikut dalam pelayanan Elisa kepada seorang panglima, yaitu Naaman. Elisa mendapatkan berkat dari Naaman karena kesembuhan yang ia terima dari Tuhan melalui Elisa. Namun Elisa menolak. Selang beberapa waktu, Gehazi merasa rugi karena Elisa tidak mengambil berkat tersebut. Maka Gehazi mulai berpikir untuk mengambil berkat tersebut dan berdusta kepada Naaman (ayat 20-24). Akibatnya, Gehazi menderita penyakit kusta (ayat 27). Akhirnya Gehazi dikucilkan, pada proses pengucilan Gehazi gunakan untuk mengoreksi diri dan mengaku kesalahannya. Maka hasilnya di II Raja 8, Gehazi kembali melayani. Berarti Gehazi sudah dipulihkan, bukan dengan obat, tetapi mengaku dosa; minta ampunan doa pemulihan.

 KESIMPULAN :

Semua penyakit karena dosa hanya bisa diselesaikan dengan doa, bertobat dan minta ampun didalam Tuhan Yesus Kristus. Sakit karena dosa, diijinkan Tuhan untuk menegur orang yang dikasihi agar sadar dan bertobat.

4. KUASA IBLIS

Ada orang menderita/sakit karena kuasa Iblis. Penyebabnya :

1. Membuka diri bagi Iblis

 Yohanes 10:27-29, menjelaskan orang percaya terpelihara dalam genggaman Yesus, Iblis tidak berkuasa atas kita. Kecuali kita yang memberikan kesempatan kepada Iblis untuk bekerja. Sebab itu, Efesus 4:27 memberi pesan agar tidak membuka diri atau beri kesempatan kepada Iblis. Contoh: Lukas 13:10-16, Seorang perempuan yang alami bungkuk selama 18 tahun.

2. Pencobaan Atas Ijin Allah            

Contohnya Ayub, Tuhan tidak pernah mencobai, tetapi Iblis yang mencobai. Dengan tujuan untuk membinasakan manusia.  Sedangkan Allah mengubah pencobaan sebagai ujian untuk melihat iman dan kesetiaan kita kepada Tuhan. Seperti penyakit Ayub, bukan karena virus atau kelalaian tetapi dari Iblis. Bila Ayub hidup sekarang, diobati ke mana pun tidak akan pulih. Secara manusia Ayub bisa saja meninggalkan Tuhan karena kecewa dengan penderitaan yang ia alami. Ia telah hidup dengan benar, namun hasil yang ia terima adalah penderitaan. Tetapi tindakan tersebut tidak digunakan Ayub. Justru dalam kelemahannya, ia terus bertekun dan bersabar sehingga Iblis menyerah dalam mencobai Ayub serta berkata “aku sekarang harus akui, memang iman dan kesetiaan Ayub kepada Engkau, Tuhan itu hebat!”.

KESIMPULAN:

Adakah di antara kita yang mengalami kondisi seperti Ayub? Tetaplah setia dan percaya kepada Tuhan. Bila kita dapat bertahan, maka pertumbuhan iman kita akan meningkat jauh. Demikianlah penyebab-penyebab dari sakit penyakit. Doa adalah keniscayaan, tetapi untuk kesembuhan kita harus perhatikan penyebabnya, apakah karena: Lalai; Infeksi; Situasi dan kondisi; Dosa atau pekerjaan Iblis. Cari penyebab dan temukan solusinya. Bangun hubungan pribadi dengan Tuhan. Di akhir zaman akan banyak penyakit baru yang muncul. Jika kita tetap di tangan Tuhan, perlindungan menjadi bagian kita. Amin

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s