Stewardship (Manajemen / Pengelolaan) Adalah Respon Iman kita kepada Allah (Minggu, 24 November 2013)

Image

Pdt. Hani Paulus

Begitu banyak yang Tuhan percayakan kepada manusia untuk dikelola. Tanggung jawab kita adalah bagaimana mengelola dengan baik dan benar, karena pengelolahan yang baik akan melepaskan dari krisis.  Stewardship adalah respon iman kita untuk mengelola apa yang Tuhan percayakan kepada kita.

Ada Lima T dari Stewardship dan cara yang bermanfaat untuk berpikir tentang kehidupan seluruh kepengurusan .

1.T untuk Waktu (time)

Waktu adalah karunia dari Allah – T untuk Time mendorong kita untuk menemukan keseimbangan dalam kehidupan antara keluarga , bekerja, bermain dan tumbuh spiritual. Kita dapat menggunakan waktu kita untuk Melayani Dalam Paskah , Sajikan Lokal , atau Sajikan global .

2.T untuk Talent

Hal ini mengajak kita untuk mempertimbangkan hadiah dan keterampilan khusus kami dan bagaimana menggunakannya untuk memuliakan Allah dan untuk melayani orang lain . Kita dapat menggunakan bakat untuk Melayani Dalam Paskah , Sajikan Lokal , atau Sajikan global .

3.T untuk Tissue

Hal ini mendorong kesehatan ( hati, pikiran , tubuh, jiwa ) . Ini menekankan merawat kesehatan fisik kita dan hubungan dengan orang lain .

4.T untuk  (Trees)

Menjadi pelayan yang baik di bumi dengan cara mendaur ulang , menggunakan kembali dan mengurangi konsumsi sumber daya .

5.T untuk Treasure (Harta, kekayaan)

Tuhan memberikan berkat kepada setiap orang percaya. Alkitab mengajarkan untuk menggunakannya dengan syukur , teratur , proporsional dan ‘ buah pertama ‘ diberikan kepada Tuhan, bukan sisa. Dasari pemebrian tersebut dengan sukacita ( joyfully ). Sebab ” Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita ” ( 1 Korintus 9:7 ).

Mazmur 24:1, Tuhanlah yang memiliki segalanya. Betapa pentingnya pemahaman akan hal ini. Jika segalanya adalah milik Tuhan maka Tuhan akan melindungi apa yang menjadi miliknya. Sebagai pengelolah kita tidak perlu kwatir. Adam adalah pengelolah pertama.  Kejadian 2:15, 3:23,Mazmur 115:16.

TUJUAN TUHAN

Apapun yang ada didalam dunia. Diciptakan dengan tujuan Tuhan, yaitu :

1.Tuhan menciptakan segala yang di perlukan oleh Adam dan dia di beri kepercayaan untuk mengelolah.  Tuhan menjadikan kita sebagai pengelola / manager dan  bukan pemilik. Jadi, tetaplah rendah hati

2.Mengusahakan dan memelihara bumi ini menjadi tetap baik,  kejadian 1:28. mulai mengelola dengan baik apa yang ada pada diri kita.

3.Melalui taman Eden, Tuhan mau menghadirkan Surga dibumi, matius 6:10. Mulailah mempermuliakan Tuhan dengan semua yg kita miliki.

4.Tuhan mencari orang-orang kepercayaan untuk menambahkan kepercayaan-Nya, Matius 25:14, 21. Tetaplah setia mengembangkan semua kepercayaan yang ada.

Genapi setiap tujuan Tuhan dengan mengelolah semua kepercayaanNya dengan setia dan benar. Maka kita akan melihat Tuhan bekerja untuk mengembangkan talenta-talenta kita_

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s