Natal dan kedatangan Yesus kedua kali-bagian II (Minggu, 29 Desember 2013)

Pdt. J.S. Minandar

PENDAHULUAN

Tanpa kita Imagesadari, setiap kali merayakan Natal dan Tahun Baru berarti setahun lebih dekat dengan kedatangan Yesus kedua kali. Siap atau tidak, Yesus pasti akan datang yang kedua kali. Untuk itu, kembali akan dibahas lanjutan khotbah tanggal 25 desember tentang “Natal dan kedatangan Yesus kedua kali” dengan ayat acuan Wahyu 14:6-13.  Sekarang, perhatikan Wahyu 14:14-20.

ANAK MANUSIA DATANG

Wahyu 14:14 “Dan aku melihat: sesungguhnya ada suatu awan putih, dan di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepala-Nya dan sebilah sabit tajam di tanganNya.”

  • DUDUK DALAM AWAN

Anak Manusia yang duduk di atas awan putih menjelaskan tentang Yesus yang duduk didalam kemuliaan, sebab Awan mengambarkan kemuliaan.

  • BERMAHKOTA EMAS

Emas menggambarkan kebenaran, 2 Timotius 4:8. Ini memberi pengertian bahwa tidak ada kebenaran di luar Yesus,  Yohanes 14:6 “Akulah jalan kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yang sampai kepada Bapa kecuali melalui Aku”. Yesus akan buktikan pada saat Yesus datang kedua kali, semua akan sujud dan mengakui  Yesuslah yang benar.

  • MEMEGANG SABIT TAJAM

Di tangan kanan Yesus, ada sabit yang tajam. Sabit adalah alat untuk menuai, tentunya yang dituai bukan secara harafiah yaitu buah, melainkan jiwa-jiwa (Markus 4:29).

Perhatikan! Terdapat dua kali perintah untuk menuai yaitu :

I.  Wahyu 14:15,16

II.  Wahyu 14:17,18

Apakah maknanya ini bagi kita?

1. PERINTAH MENUAI PERTAMA

Perintah menuai yang pertama adalah perintah untuk memenangkan jiwa-jiwa agar mereka diselamatkan. Setelah Yesus lahir (Natal), dibaptis pada umur 30 tahun, Yesus melayani di antara umat Israel selama tiga setengah tahun. Kemudiab mati di kayu salib sebagai penebus dosa dan sebelum naik ke sorga,  Yesus menyampaikan Amanat Agung yaitu beritakan Injil – menangkan Jiwa). Perhatikan Wahyu 14:15,16, “Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: “Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.

Wahyu 14:16- Dan Ia, yang duduk di atas awan itu, mengayunkan sabit-Nya ke atas bumi, dan bumipun dituailah.” Ayat ini menjelaskan bahwa :

  •  Perintah: “Ayunkanlah…”,  artinya: mengirim; mengutus. Dengan lain kata:  Bukan Yesus yang menuai, tapi Yesus mengirim; mengutus  sabit-Nya untuk menuai. Yesus perintahkan sabit-Nya (orang percaya yang sudah selamat/ hamba-hamba Tuhan) untuk menuai jiwa-jiwa. Ada waktu menuai, ada waktu berhenti menuai, Yeremia 8:20.
  • “Sudah lewat musim menuai, sudah berakhir musim kemarau, tetapi kita belum diselamatkan juga!” Sejak Yesus naik ke sorga, dari generasi ke generasi telah memberitakan injil keselamatan dan menuai jiwa-jiwa, Matius 24:14.  Sampai pada generasi  ini, milyaran jiwa-jiwa telah diselamatkan. Nanti setelah masa menuai berakhir, ternyata masih ada orang- orang yang belum dituai (belum diselamatkan). Siapakah mereka? Mengapa mereka tidak dituai?  Apakah kita pilih kasih? Tidak…! Mereka tidak dituai; tidak diselamatkan sebab mereka menolak Injil (Yesus)! Bagaimana nasib mereka yang tidak dituai pada Penuaian  Tahap Ke 1?   Mereka akan alami Penuaian Tahap 2

2.   PERINTAH MENUAI YANG KEDUA

Apakah Penuaian Tahap Kedua? Perintah menuai yang kedua berbeda dengan perintah menuai pertama. Perintah menuai pertama: perintah untuk memenangkan jiwa-jiwa pada keselamatan di dalam Yesus. Sedangkan Perintah menuai kedua adalah perintah untuk membinasakan orang-orang yang menolak/tidak percaya Yesus.  Wahyu 14:17 “Dan seorang malaikat lain keluar dari Bait Suci yang di sorga; juga pada-nya ada sebilah sabit tajam.”

BAIT SUCI

Apa dan siapa yang dimaksud Bait Suci yang di sorga? Sebab, menurut Wahyu 21:22 “Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya, sebab Allah, Tuhan Yang Maha-kuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu”. Jadi dapat disimpulkan bahwa, Malaikat yang keluar dari Bait Suci adalah Allah, bukan hamba Tuhan/ jemaat, tetapi Yesus dan Roh Kudus. Mengapa? Sebab Yesus  dan Roh Kudus datang dari sorga. Dengan demikian yang akan membinasakan orang-orang yang menolak Yesus pada akhir zaman, saat kedatangan Yesus kedua kali ialah: Yesus dan Roh Kudu karena yang mereka tolak bukan Allah tapi Yesus dan Roh Kudus,  Yohanes 5:22,23.

CARA MEREKA DITUAI (Dibinasakan)

Wahyu 14:19,20 “Lalu malaikat itu mengayunkan sabitnya ke atas bumi, dan memo-tong buah pohon anggur di bumi dan melemparkannya ke dalam kilangan besar, yaitu murka Allah.

Wahyu 14:20 Dan buah-buah anggur itu dikilang di luar kota dan dari kilangan itu mengalir darah, tingginya sampai ke kang kuda dan jauhnya dua ratus mil.” Sebelum  membahas ayat ini, kita pelajari dahulu kronologis siksaan.

KRONOLOGIS SIKSAAN

Waktu Yesus datang kedua kali :

  1. Pada waktu Yesus datang kedua kali, orang percaya yang mati dalam Yesus dibangkitkan, dan orang percaya yang hidup sampai Yesus datang, akan diubahkan. Lalu akan diangkat menyongsong Tuhan di Angkasa.
  2. Yesus mencurahkan 7 Cawan Murka Allah  ketika semua orang percaya sudah di angkasa. Firman Allah memakai istilah dalam Wahyu 14:19,20- orang-orang berdosa yang disiksa, seperti berada dalam kilangan (alat pemeras) buah anggur.
  3. Wahyu 16:2-16 (Penumpahan cawan murka)
  •  Cawan Murka Pertama (Wahyu 16:2), Timbul bisul yang jahat dan berbahaya pada semua orang yang pakai tanda Antikristus.
  •  Cawan Murka Kedua (Wahyu 16:3), Air laut menjadi darah dan semua biota laut mati.
  •  Cawan Murka Ketiga (Wahyu 16:4), Sungai-sungai, mata-mata air dan semua air yang ada di darat berubah jadi darah.
  •  Cawan Murka Keempat  (Wahyu 16:8), orang yang menolak Yesus disiksa dengan sengatan matahari yang menghanguskan tubuh mereka tetapi mereka tidak bertobat sebab anugerah sudah diangkat.
  •  Cawan Murka Kelima(Wahyu 16:10,11), Kegelapan melanda kerajaan antikristus. Kerajaan antikris adalah seluruh dunia, karena mereka akan menguasai seluruh dunia. Jadi dunia akan mengalami kegelapan yang menyiksa hingga mereka menggigit lidah. Mengapa…? Mereka alami krisis O2, karena tidak ada proses: fotosintesis.

Pengertian fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari. Fotosintesis juga berperan dalam daur karbon. Karbon dioksida yang dihasilkan oleh makhluk hidup sebagai sisa pernapasan digunakan sebagai bahan baku utama fotosintesis. Zat sisa fotosintesis, yaitu oksigen dikeluarkan tumbuhan ke lingkungan kembali. Jika tidak ada matahari maka proses fotositesispun tidak dapat terjadi. Manusia akan sulit bernafas dan itulah sebabnya mereka sampai menggigit lidah sebab sulit mendapat oksigen. Begitu menyiksa.

  • Cawan Murka Keenam (Wahyu 16:12-16 ), Antikristus, nabi palsu dan roh-roh setan membujuk pengikutnya untuk berkumpul di Harmagedon. Mereka bersekutu melawan kedatangan Yesus kedua kali, sebab Yesus akan turun dan berjejak di bumi untuk membinasakan mereka (Zakharia 14:4).

KORBAN PERANG HARMAGEDON

Akhir dari peperangan Harmagedon yang disebut sekarang Megido, tercatat dalam Wahyu 14:19,20.Wahyu 19:15 . Dalam perang Harmagedon semua orang yang tidak percaya akan binasa oleh pedang yang keluar dari mulut Yesus. (Semuanya mati dan tidak ada seorang pun yang luput)._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s