Baju Zirah Keadilan (Minggu, 19 Januari 2014)

Pdt. J.S. Minandar

Pdt. J.S M

E f e s u s 6 : 14

” Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan

PENDAHULUAN

Hari lepas hari tantangan iman orang percaya bukan semakin berkurang melainkan semakin bertambah. Kita membutuhkan perlengkapan dari Tuhan untuk dapat bertahan dalam menghadapi peperangan iman karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap, melawan roh-roh jahat di udara (Efesus 6:12). Perlengkapan pertama yang harus kita kenakan dalam menghadapi peperangan iman adalah:

1. Ikat pinggang kebenaran
Ikat pinggang merupakan perlengkapan penting dan utama bagi seorang prajurit. Kalau prajurit berperang tanpa ikat pinggang, maka pakaian yang ia kenakan akan menjadi penghalang dan mereka akan mudah dikalahkan oleh musuh. Ikat pinggang adalah gambaran kebenaran, Kebenaran yang dimaksud firman Allah bukanlah bersifat abstrak (semu/khayal), tapi harus terlihat dalam semua aspek hidup kita.

2. Baju Zirah Keadilan
Perlengkapan kedua yang harus dikenakan adalah baju zirah keadilan. Terjemahan lain menuliskan kata “baju Zirah” dengan kebenaran. Baju zirah pada umumnya kita kenali dengan “rompi”.

MANFAAT BAJU ZIRAH
Manfaat Baju Zirah bagi seorang prajurit pada zaman dahulu adalah untuk melindungi bagian tubuh yang sangat vital. Jika bagian tersebut terluka, maka akan memudahkan seseorang kalah dalam peperangan. Organ vital tersebut antara lain: Hati, Jantung, Paru-paru, dan berbagai organ lain yang ada di bagian dada dan perut.

  •  Paru-paru

Secara alegoris paru-paru adalah gambar doa orang percaya. Sebuah pepatah menuliskan doa adalah nafas orang percaya. Jikalau doa kita berkurang, maka sama halnya dengan kita sedikit bernafas. Seseorang tidak dapat berperang tanpa bernafas. Iblis gunakan berbagai cara untuk mencuri waktu untuk dapat berdoa, contohnya kesibukan dan masalah-masalah. Jikalau kita tidak mengenakan baju zirah rohani maka kita terancam mati. Sebab itu lindungi jam-jam doa kita.

  • Perut yaitu, masalah Ekonomi

Salah satu bagian yang dilindungi oleh baju zirah adalah perut. Perut merupakan gambaran dari kebutuhan ekonomi. Iblis gunakan masalah ekonomi untuk mematikan rohani pengikut Yesus. Banyak orang percaya yang meninggalkan Tuhan sebab kebutuhan perut. Contoh kebenaran Firman Tuhan :

  1. Esau kehilangan hak kesulungan. Hak kesulungan merupakan gambaran keselamatan orang percaya. Esau menjual hak kesulungannya hanya karena makanan, yang merupakan kesenangan sementara.
  2. Yudas Iskariot mencuri, mengkhianati dan binasa. Alkitab tidak mencatat untuk kebutuhan apakah Yudas mencuri.

Mereka adalah contoh orang-orang yang tidak lindungi tubuh mereka dengan baju zirah sehingga mudah kalah dengan keinginan yang sementara.

  • Hati

Hati ialah organ rohani yang paling penting dalam hidup ini. Ada begitu banyak penyakit berbahaya yang disebabkan oleh hati yang rusak dan jika hati tidak lagi berfungsi akan mengakibatkan kematian. Demikian pula dengan hati secara rohani. Firman Allah mencatat bahwa apa pun yang keluar dari hati kita, itulah yang akan menentukan nasib masa depan hidup kita, berkenan atau tidak. Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”

BAGAIMANA KALAU KITA TIDAK MENJAGA HATI KITA
Matius 15:17-20 “Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pem-bunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang.”
Teguran Yesus berawal dari perkataan orang Farisi dan ahli Taurat yang mempersalahkan murid-murid karena makan tidak cuci tangan. Saat itu murid Yesus memetik gandum dan membuang sekamnya kemudian memakan gandum tersebut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.Yesus jelaskan bahwa yang menajiskan orang, bukan apa yang masuk ke dalam tubuh (makanan dan minuman), tetapi yang menajiskan orang adalah apa keluar dari hati (perkataan dan perbuatan), yang bersumber dari hati seseorang.

Jadi kalau kita tidak menjaga hati maka dari hati kita akan keluar hal-hal yang menajiskan, mulai dari: pikiran jahat; pembunuhan; perzinahan; percabulan; pencurian; sumpah palsu dan hujat. Dosa-dosa ini dan berdampak kepada kebinasaan kekal yaitu neraka sebab apa yang masuk dalam hati akan mempengaruhi kehidupan kita. Berhati-hatilah sebab mulut dapat menentukan masa depan kita.

PENTING BAJU ZIRAH
Baju zirah bukanlah baju yang dikenakan saat butuh atau perlu, tetapi baju zirah harus digunakan terus menerus. Mengapa? Karena sangat penting para pengikut Yesus menjaga hati dengan mengenakan “baju zirah keadilan” agar pedang dan panah berapi dari si Iblis tidak melukai bahkan menewaskan rohani kita. Sebuah contoh dari alkitab tentang seseorang yang tidak menjaga hatinya, yaitu:

SAUL
Banyak jemaat menganggap Saul pada dasarnya orangnya jahat dan tidak ada hal baik pada dirinya. Kalau kita pelajari riwayat Saul, pada awalnya ia memiliki hati yang baik, terlebih setelah dia diurapi Tuhan sebagai raja Israel.

Perhatikan perbandingan saat Saul menjaga dan tidak lagi menjaga hatinya (I Samuel 10) :

  1. Ayat 6 – Saul menjadi manusia yang perilaku dan sikap berubah menjadi sangat baik. Ia memiliki kepribadian yang istimewa. Namun saat ia tidak menjaga hatinya perilaku Saul seperti monster, berusaha untuk membunuh Daud dengan tombak di tangannya.
  2. Ayat 11 dan 12 – Jabatan Saul ialah raja, tetapi perilakunya seperti nabi. Namun saat ia tidak menjaga hatinya ia menjadi keras hati dan tidak mau menerima saran/ nasihat yang baik.
  3. Ayat 13 s/d 16 – Sifat Saul rendah hati tidak sombong dengan jabatannya. Namun saat ia tidak menjaga hati Saul berubah menjadi sombong dan tidak mau mengakui kesalahan.
  4. Ayat 27 – pada saat pertama kali Saul dipilih menjadi raja. Ada beberapa orang dursila yang menghina Saul, tapi pura-pura tuli dan tidak merasa sakit hati/kecewa. Namun saat ia tidak menjaga hati, Saul menjadi seorang yang iri dan benci ketika para putri Israel memuji Daud lebih hebat dari dirinya.
  5. I Samuel 11: 12,13 – Saul tunjukkan prestasi sebagai raja, kalahkan Nahas. Ketika rakyat melihatnya, mereka mulai membela Saul dari orang dursila yang menghina dia agar orang dursila yang hina Saul dibunuh. Tetapi Saul menolak dan mengampuni. Namun saat ia tidak menjaga hati Saul jadi pendendam, membunuh para nabi di Nob, karena para nabi membela Daud dan memberi makan kepada Daud, sehingga Daud bisa bertahan hidup.

Kesimpulan
Ketika Saul menjaga hatinya, Saul memiliki perilaku yang baik, rendah hati dan mulia serta ia menerima janjikan Tuhan, bahwa keturunanya akan terus menjadi raja asal ia hidup dalam Tuhan. Namun karena tidak menjaga hati, Saul meninggalkan Tuhan, pergi ke dukun di Endor yang berujung bunuh diri (binasa).

Image

BAJU ZIRAH KEADILAN
Apakah arti baju zirah keadilan? Bagaimana caranya untuk bisa menjaga hati kita, agar nasib kita tidak menjadi seperti Saul? Efesus 6:14 “Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan…,” Kepada jemaat di Efesus arti rohani “baju zirah adalah keadilan”. Terjemahan Lama dipakai “Baju Zirah Kebenaran”.
Jadi kepada jemaat jemaat Tesalonika, Rasul Paulus menjelaskan (I Tesalonika 5:8) , baju zirah gambaran dari iman dan kasih. Artinya disatu kesempatan Paulus artikan baju zirah adalah keadilan/kebenaran. Tetapi dilain kesempatan Paulus artikan baju zirah adalah iman dan kasih.

  • KEBENARAN DUNIA

Setiap agama menganggap diri mereka punya kebenaran. Tetapi kebenaran mereka berasal dari diri sendiri dengan menjalankan syariat agama. Kebenaran seperti ini tidak bisa melindungi kita dari senjata Iblis.
Kebenaran yang bersumber dari diri sendiri adalah kebenaran yang rapuh. Yesaya 64:6b “dan segala kesalehan (kebenaran) kami seperti kain kotor (lara/lapuk)”

  • KEBENARAN DARI ALLAH

Dalam peperangan iman melawan Iblis, kita tidak bisa melindungi hati kita dengan baju zirah dari kain yang lapuk, yaitu kebenaran diri sendiri. Kebenaran seperti itu akan mudah ditembus pedang dan panah Iblis.
Kita butuh kebenaran dari Allah yang mengubah kita jadi manusia baru yang berwatak, bermoral, berperilaku dan berkepribadian benar karena pembaharuan hidup oleh karena iman, bukan kebenaran diri sendiri. Pembaharuan itu didapatkan saat kita percaya kepada Yesus. Inilah iman kepada Yesus yang didapat dari kasih Allah yang dibuktikan dari pengorbananNya. II Korintus 5:17 “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”
Dengan demikian sifat, watak, moral, perilaku dan pribadi yang benar datang dari Yesus (II Korintus 5:21). Inilah kebenaran oleh iman dari kasih Allah melalui Yesus Kristus.

Jadi, baju zirah keadilan hanya didapatkan melalui pembenaran dari Allah melalui iman oleh karena kasihnya kepada manusia. Kenakan baju zirah kebenaran terus-menerus untuk melindungi kita dari serangan iblis yang datang sewaktu-waktu dan tak terduga._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Baju Zirah Keadilan (Minggu, 19 Januari 2014)

  1. Saulyn says:

    Terimakasih untuk pelajaran ini sangat membangun Dan bermanfaat, hanya satu permintaan mohon text alkitabnya di ralat Karna yg Beñar adalah Efesus 6:14 bukan Efesus 4:16 terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s