Lawanlah Iblis (Minggu, 12 Januari 2014)

Pdt. Gideon Santoso

Y a k o b u s 4 : 7 

” Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! “

PendahuluanImage

Himbauan yang sama juga dinyatakan oleh rasul Petrus dalam I Petrus. 5 : 8,9 yaitu : “ Sadarlah dan berjaga-jagalah ! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang hendak ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu menanggung penderitaan yang sama”. Apa dasar Yakobus dan Petrus memberi dorongan dengan yakin kepada kita untuk melawan Iblis?

Dasar yang digunakan

  • Karena Yesus sudah mengatasi kekuatan Iblis. I Yoh. 3 :8b “ …Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu “.
  • Yohanes 1:12 – Setiap orang yang percaya kepada Yesus diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah, yang berarti bahwa: Jika Yesus sudah mengalahkan Iblis, maka seharusnya kita pun mampu mengalahkan Iblis.

ANAK ALLAH ATAU ANAK IBLIS
Dalam dunia ini, ada orang-orang yang disebut anak-anak Allah, tetapi ada juga yang disebut anak-anak Iblis. Tandanya dapat diketahui dalam I Yohanes 3 : 10:
1. Tidak berbuat Kebenaran – Padahal perlengkapan senjata rohani orang percaya adalah IKAT PINGGANG KEBENARAN (Efesus 6:14).
2. Tidak mengasihi saudaranya sama dengan pembunuh (I Yohanes. 3:15)
Jadi, siapa pun yang tidak hidup dalam kebenaran bahkan hidup membenci saudaranya adalah tanda bahwa mereka bukan anak Allah. Sesungguhnya melawan dan mengusir Iblis, berkaitan dengan perlindungan Allah yang dapat dikaitkan dengan Yakobus 4:7 “Karena itu TUNDUKLAH kepada Allah, dan lawanlah Iblis…” Inilah tanda anak-anak Allah memiliki roh PENUNDUKKAN DIRI. Saat kehidupan kita tunduk, maka kita mampu melawan iblis.

WILAYAH KERJA IBLIS
1. Di Udara, Efesus 6:12
Iblis tidak hanya menguasai udara, tapi iblis juga masih bisa naik ke sorga menghadap Allah untuk menuduh umatNya. Zak 3:1, Ayub 1,2, wahyu 12:10
2. Di Bumi
Tujuannya, untuk mencobai, mengganggu dan menjatuhkan manusia. Contoh: Adam dan Hawa, Kain, Ayub, raja Saul dan raja Daud.
3. Di Hati/Pikiran manusia
Iblis berusaha keras menyusup ke dalam hati, pikiran dan perasaan manusia untuk mencari tempat di hati manusia yang kosong dari Firman Allah. Mat 12: 43-45 ; Ef 2 :1,2. Sebab itu, kita harus berjaga dan melawannya bukan memberi kesempatan.

LAWANLAH IBLIS
Dalam hal apakah dan dimanakah iblis harus dilawan ?
1) Saat Kerajaan Dunia dan Kemegahannya, ditawarkan Iblis kepada kita.
Kerohanian dan keimanan orang percaya bisa diganggu melalui sodoran berbagai kesenangan/kemegahan duniawi.
Contoh: Matius 4 : 8-10 – Yesus pernah di cobai dengan perkara ini. Kata “ Satan atau Setan” mengandung arti : Penentang. Jadi Iblis akan memakai manusia untuk menentang Allah lewat kemegahan duniawi. Umat Tuhan harus melawan tipu daya Iblis ini, dengan terus meningkatkan doa dan penyembahan kita.

2) Saat Kebutuhan dan Ketamakan akan uang ditawarkan Iblis kepada kita.
Contoh : Kisah 5, menceritakan tentang Ananias dan istrinya Safira binasa karena tamak akan uang dan lebih memilih untuk berdusta melawan Roh Kudus (Kisah 5:1-5). Orang percaya harus berani mengusir Iblis, yang memakai kedok ketamakan akan uang dalam Nama Tuhan Yesus. Pemberitaan Firman juga harus tegas, seperti yang dikatakan Paulus dalam II Korintus. 2:17 yaitu :
• Diberitakan sebagaimana mestinya.
• Dengan maksud murni sesuai perintah Allah

3) Saat Rasa takut menderita mengganggu jiwa dan pikiran kita (Matius. 16 : 21-23). Ayat 23 – Petrus ditegor keras bahkan disebut Iblis, karena mencoba mencegah rencana penebusan Yesus lewat salib. Petrus takut menderita.

Kesimpulan
Iblis menyodorkan kecintaan akan duniawi dan kemegahannya untuk menghambat penyembahan kita pada Tuhan. Bahkan Iblis menyodorkan kecintaan akan uang agar orang percaya tidak mencari Tuhan dan juga Iblis memanfaatkan segala kelemahan perasaan manusiawi, yang maunya enak dan tidak mau menderita karena Kristus, Filipi 1:29.

Iblis gunakan berbagai cara untuk membuat kita lemah. Tetapi berharaplah kepada Tuhan dan belajar tunduk kepada kehendakNya serta lawanlah Iblis. Maka kemenangan akan menjadi bagian kita. Tuhan memberkati_

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s