Hidup Dalam Penyertaan Tuhan (Minggu, 12 Januari 2014)

Pdt. Joseph Priyono

T1M_0268_resize2Pendahuluan

Baru saja kita lewati tahun 2013 dan memasuki tahun yang baru. Ada begitu banyak perubahan yang terjadi karena memang tidak ada yang tetap di dunia ini. Walapun semua dapat berubah, percayalah Allah kita tidak pernah berubah. Kasih setiaNya dan penyertaanNya kepada kita kekal sebab DIA adalah Allah Imanuel yang berarti Allah menyertai kita.

Gambaran tentang kehidupan
Bagaimanakah Saudara menggambarkan kehidupan yang sedang anda jalani? Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan. Berikut ini adalah beberapa gambaran kehidupan :
a. Hidup adalah PERTANDINGAN , MENANGKANLAH
Menangkan pertandingan! Hanya mereka yang menang dalam pertandinganlah yang pantas menerima hadiah.
b. Hidup adalah PERJALANAN, SELESAIKANLAH
Selesaikan perjalanan hidup dari awal sampai akhir, betapapun sukarnya jalan hidup yang dilalui. Tidak ada penghargaan bagi yang menyerah ditengah jalan.
c. Hidup adalah PENDERITAAN, ATASILAH
Cari cara atasi masalah dan tidak larut dalam masalah tersebut.
d. Hidup adalah ANUGERAH, BERSYURLAH
Jika kita menyadari bahwa hidup ini adalah anugerah, maka bersyukurlah atas seluruh kehidupan yang kita alami, entah saat senang atau susah, sehat atau sakit, untung atau rugi dll.

Pemenang Kehidupan
Kemenangan dalam menjalani hidup ini bukan ditentukan oleh APA arti hidup ini tetapi SIAPA yang menyertai kita. Roma 8:31: “sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?”

Memahami Penyertaan Tuhan
Jika kita memperhatikan kisah dalam Matius 8:23-27, kita dapat menarik beberapa kesimpulan tentang arti disertai Tuhan yaitu:
1. Disertai Tuhan bukan berarti bebas dari masalah
Adalah pemikiran yang salah jika seseorang berpikir bahwa bersama dengan Tuhan tidak akan terjadi masalah. Jelas sekali dalam kisah tersebut, murid-murid bersama Tuhan tetapi mereka alami badai (Matius 8:24). Apakah yang di lakukan Tuhan Yesus saat badai datang?
a. Tuhan menenangkan badai (Matius 8:26 b , Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. )
b. Tuhan menenangkan kita.

2. Disertai Tuhan sama halnya dengan mengizinkan Tuhan memegang kendali hidup kita ( Matius 8:25). Menyerahkan kendali kehidupan kepada Tuhan sama dengan menjadikan Tuhan sebagai kepala atas kehidupan ini.

3. Disertai Tuhan menuntut tindakan iman (Matius 8:26)
Penyertaan Tuhan bukan berarti kita menunggu lautan menjadi teduh, pintu-pintu terbuka dan jalan diratakan. Melangkahlah dengan iman sebab Tuhan adalah Allah Imanuel yang menyertai kita.

CONTOH: 1Raja-raja 20:23, .. “Allah mereka ialah allah gunung; itulah sebabnya mereka lebih kuat dari pada kita. Tetapi apabila kita berperang melawan mereka di tanah rata, pastilah kita lebih kuat dari pada mereka.”
Konsep Aram tentang Allah Israel :
a. Allah Gunung , orang Aram berpendapat bahwa Allah orang Israel adalah Allah yang dapat menang jika berperang di dataran tinggi. Sedangkan..
b. Allah Lembah, bangsa Israel akan kalah jika berperang berperang di dataran rendah. Itulah sebabnya bangsa Aram melawan orang Israel di dataran rendah agar mereka dapat menang. Namun apa yang terjadi? 1 Raja 20:28 “Maka tampilah abdi Allah dan berkata kepada raja Israel: “Beginilah firman TUHAN: Oleh karena orang Aram itu telah berkata: TUHAN ialah allah gunung dan bukan allah dataran, maka Aku akan menyerahkan seluruh tentara yang besar itu ke dalam tanganmu, supaya kamu tahu, bahwa Akulah TUHAN.”

Dari sini kita dapat menarik pelajaran rohani yaitu:
1. Allah dapat menolong kita di segala TEMPAT, Mazmur 139 : 7-10
2. Allah dapat menolong kita di segala WAKTU, Ibrani 13:8, 1 Sam 17 34-37
3. Allah dapat menolong kita di segala SITUASI, Maz 23 : 1-4
1Sam 14:6 “… sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang.”

KUASA PENYERTAAN ALLAH
1. Penyertaan Tuhan membuat kita berhasil dalam pekerjaan, Kejadian 39:2
2. Penyertaan Tuhan membuat kita berhasil dalam perjalanan, 1 Sam 18:14

Bangun hubungan dengan Tuhan di tahun ini. Ada begitu banyak tentangan yang secara tiba-tiba datang. Jika kita berjalan dengan kekuatan sendiri, maka kita mudah lemah. Berjalanlah dengan Tuhan yang sanggup menolong dalam segala keadaan.

Ulangan 31:8 “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s