Resolusi 2014 – Pergunakan Waktu Yang Ada (Minggu, 12 Januari 2014)

Pdt. Hani Paulus

Image

Pendahuluan

Resolusi diri penting untuk dilakukan dalam memulai tahun yang baru karena memberi banyak kesempatan (opportunity) kepada kita untuk perubahan diri menjalani tahun 2014. Kita dapat menentukan ulang apa sesungguhnya prioritas utama kita apakah mendesak atau apa yang penting, tujuan hidup kita apakah masih sesuai dengan tujuan Tuhan, hal-hal yang perlu kita lupakan di tahun yang lalu dan berjalan dengan kekuatan yang baru bersama dengan Tuhan.

Efesus 5:16 “dan pergunakanlah waktu yang ada…”
Dalam kesempatan yang baru di tahun ini, gunakan waktu yang ada.
Bagaimana kita dapat menggunakan waktu yang ada dengan baik ?

  1. Wake up – Bangunlah, Efesus 5:14, Ini ditujukan untuk orang-orang yang sadar secara fisik namun kerohanian mereka tidur (seperti orang yang sedang berjalan tapi dalam keadaan tidur).
  2. Arise – Bangkitlah, Efesus 5:14, Seseorang yang tidur secara rohani bukan hanya bangun, tapi juga harus bangkit. Saat kita mulai bertindak maka penyertaan Tuhan pun akan menjadi bagian kita. Pada saat itulah terang Tuhan akan turun ke atas kita. Kata Bercahaya sama dengan menerangi atau memberi pencerahan. Jadi, pencerahan ini akan menyingkapkan segala yang salah dalam kehidupan kita.
  3. Perhatikan dengan seksama bagaimana kamu hidup, Efesus 5:15, Bagaimana memperhatikan hidup yaitu dengan tidak menjadi orang bebal /bodoh/ unwise melainkan seperti orang arif (wise). Kata arif adalah Wisdom atau bijak, artinya Pengetahuan yang di-aplikasikan (diterapkan). Contoh : seseorang yang sudah tahu kebenaran Firman dan dapat menerapkannya, dialah orang yang bijak. Perlu di ketahui bahwa waktu adalah kehidupan. Jadi, waktu yang telah kita lewati tanpa kebijakkan sama dengan menyia-nyikan kehidupan.
  4. Pergunakan waktu yang ada / redeeming the time, Efesus 5:16, Redeeming the time = Tebuslah waktu. Jangan biarkan kembali dikuasai oleh hal yang lain yang dapat merusak karena hari-hari adalah jahat = time is short – Pengkhotbah 12:1. Jadi bangun, bangkit dan mempergunakan waktu adalah tanda orang yang bijak.
  5. Usahakan supaya kamu mengerti kehendak Tuhan (Efesus 5:17), Semua yang baik belum tentu kehendak Tuhan. Contoh orang yang melakukan hal yang baik namun bukan kehendak Tuhan:Raja Saul – 1 samuel 15, Simon petrus, Matius 16:23. Hendaknya kita peka dengan apa yang Tuhan ingin untuk kita kerjakan di waktu yang ada.

Controlling your time (Atur waktu)

  • Amsal 16:1 Merencanakan sesuai dengan keputusan Tuhan/ purpose. Tugas kita adalah temukan keputusanNya untuk kita.
  • Amsal 16:3 percayakanlah kepada Tuhan semua rencanamu, maka kamu akan berhasil melaksanakannya.
  • Amsal 16 :4 segala sesuatu yang dibuat oleh Tuhan ada tujuannya
  • Amsal 16:9 manusia dapat membuat rencana, tetapi allah yang menentukan jalan hidupnya.

Mengontrol waktu kita artinya apa yang kita rencanakan harus disesuaikan dengan tujuan Tuhan yang sudah ditetapkan Tuhan dalam hidup kita (Biasanya sesuai dengan kapasitas, talenta dan kesempatan yang Tuhan buka untuk kita). Contoh: Yusuf berhasil dengan pimpinan Tuhan. Maz 31:16-18

Protecting your timeImage
1Korintus 6:12; 1Korintus 10:23 Tuhan memberikan kepada kita kebebasan untuk melakukan segala sesuatu dengan keputusan kita, tetapi Tuhan mengingatkan supaya kita lebih baik melalukan apa yang paling penting untuk menyelesaikan tujuan Tuhan dalam hidup kita._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s