Doa Penjaga (Minggu, 09 Februari 2014 )

Pdt. Robby Wangko

Pendahuluan

Doa mempunyai kuasa yang sangat besar karena doa dapat menggerakkan tangan Allah. Sebab itu, betapa pentingnya doa bagi setiap orang percaya. Di zaman yang semakin berkembang ini, akan ada begitu banyak tantangan yang mempengaruhi keadaan hati kita. Dengan berdoa, kita dapat menjaga hati kita dari segala keadaan. Bangun jam-jam doa pribadi dan tingkatkan. Jika tidak akan sangat mudah bagi pengikut Kristus terpengaruh dengan keadaan dunia.

Doa pun dapat mengubah segala sesuatu, apa yang sulit diselesaikan serahkan kepada Tuhan. Berkomunikasilah dengan Tuhan dalam doa, ceritakan apa yang menjadi keluhan dan permasalahan yang memberatkan hati kita. Minta kepada Tuhan jalan keluar dan berserahlah. Selain itu, berdoalah agar Tuhan letakkan beban doa untuk orang-orang yang belum mengenal Tuhan. Maka kita akan melihat banyak jiwa-jiwa datang kepada Tuhan. Contoh di Cina, sekitar 23.000 orang bertobat dan mengalami pengubahan yang luar biasa dalam diri mereka oleh karena orang-orang yang terbeban berdoa bagi Cina.

Seorang pendoa akan memiliki daya tahan yang lebih kuat untuk menjalani hari-harinya dari pada orang-orang yang tidak suka berdoa. Aktivitas dan pekerjaan yang berulang-ulang dikerjakan mungkin akan membuat kita sendiri menjadi jenuh dan lelah. Entahkah dalam pelayanan, pekerjaan kantor dan kegiatan rutin lainnya – Efesus 6:18. Daya tahan akan membuat seseorang dapat menjalani hari-harinya dengan semangat. Para pendoalah yang memiliki hal itu. Doa adalah bagian terpenting bagi kehidupan orang percaya dan merupakan kunci untuk Tuhan melakukan banyak perkara. Doa juga menjaga orang-orang yang kita kasihi atas kejadian tidak terduga.

Doa Penjaga

Kata “PENJAGA” mengandung arti menjaga, mengawasi, melihat apakah tetap aman, perlindungan, pemelihara, pertahanan seperti seorang penjaga yang tidak tertidur. Jadi seseorang yang suka berdoa sama halnya dengan membangun benteng pertahanan bagi dirinya dan orang-orang yang ia doakan.

3 hal penting yang menjadi alasan mengapa membangun menara doa penjagaan :

  1. Doa penjaga akan menjaga kita dari kelalaian yang menyebabkan kerugian

II Korintus 2:11, perhatikan kata “KEUNTUNGAN” dan “MAKSUD”. Kata “ KEUNTUNGAN” memiliki arti, rencana muslihat dan persengkokolan. Jadi, iblis punya rencana muslihat yang akan ia lakukan kepada setiap orang percaya.

Kata “MAKSUD” memiliki arti,  mengambil bagian terbesar dan terbaik yang kita miliki. Jangan sampai segala usaha kita gagal karena maksud iblis yang jahat. Jadi, berdoalah dengan doa penjagaan agar iblis tidak memiliki cela untuk merusak apa yang menjadi bagian kita.

  1. Doa penjagaan melindungi kita dari rencana iblis untuk mengagalkan rencana yang telah kita bangun.
  2. Doa penjaga adalah medan peperangan.

Penjagaan Ketat

Sekarang dapat dimengerti bahwa doa penjagaan memiliki manfaat besar jika dilakukan dengan setia dan dengan kerinduan yang besar. Sikap ini tidaklah disenangi oleh iblis, sebab itu berjaga-jagalah. Mengapa?  Yohanes 10:10, ada pencuri yang akan mencuri waktu-waktu kita untuk berdoa. Berdoa bukan hanya dapat dilakukan saat sendiri atau jam-jam ibadah tertentu. Kita dapat berdoa setiap saat di dalam aktivitas setiap harinya. Doa penjaga seperti pagar tembok yang tinggi. Memberikan pertahanan yang kokoh kepada setiap orang yang tekun melakukannya. Jika kehidupan doa kita mulai melemah, mari kembali bangkitkan dan bangun menara doa penjagaan. Allah akan menjadi kubuh pertahanan bagi kita. Kolose 4:2 “ Bertekunlah dalam doa  dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.”

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s