Takut Akan Tuhan (Minggu, 13 April 2014)

Pdt. Robert RuntukahuImage

Mazmur 25:12,13 “ Siapakah yang takut akan Tuhan? Kepadanya Tuhan menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi .”

Takut akan Tuhan merupakan dasar bagi setiap orang percaya, karena dari takut akan Tuhan ada hal-hal luar biasa yang disediakan oleh Tuhan bagi mereka yang takut akan DIA. Takut akan Tuhan yang di maksudkan bukan takut seperti kepada hantu atau makhluk lain yang menyeramkan. Takut akan Tuhan berarti menghormati DIA sebagai satu-satuNya Tuhan. Sehingga apapun yang menjadi perintah dan kehendakNya, akan kita laksanakan kerena kita menghormati akan kebesaranNya.

Seperti apakah kehidupan orang yang takut akan Tuhan?
Mazmur 25:12,13 “ Siapakah yang takut akan Tuhan? Kepadanya Tuhan menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi .”
Jika diperhatikan, ayat dalam ini sudah jelas memberi pengertian bahwa ada keuntungan yang besar bagi orang yang memprioritaskan atau mengutamakan dan takut akan Tuhan. Orang-orang yang demikian yang dicari oleh Tuhan, orang-orang yang seluruh aspek hidupnya di awali dengan Tuhan.

Perhatikan pertanyaan di ayat 12, SIAPAKAH YANG TAKUT AKAN TUHAN? Jika pertanyaan ini diajukan pada kehidupan kerohanian dan kehidupan setiap harinya. Mungkinkah rasa takut akan Tuhan ada didalam diri kita sebagai orang percaya yang hidup dalam dunia yang semakin jahat?.. Sebenarnya masalah terbesar dalam kehidupan setiap orang percaya bukanlah masalah ekonomi, masalah kesehatan atau kebutuhan setiap harinya, tetapi saat hubungan kita dengan Tuhan mulai rusak.

Ketika mengahadapi masalah ekonomi, seseorang yang takut akan Tuhan mengerti bahwa pertolongannya datang dari Tuhan dan memandang setiap masalah sebagai tangga untuk naik kepada tingkat yang lebih dewasa didalam Tuhan. Namun lain halnya dengan orang yang hidupnya jauh dari rasa takut akan Tuhan. Ia akan dilanda rasa khawatir dan mencari jalannya sendiri.
Yesaya 55:6 “ Carilah Tuhan selama ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya. Selama Ia dekat !” jadi, selama hendaklah kita mengoreksi diri diri, apakah rasa takut akan Tuhan masih ada dalam kehidupan setiap hari.

Kehidupan yang mengandalkan Tuhan dan bergantung kepadaNya, telah di sediakan kebagian yang tetap, bahkan keturunanya akan tetap dalam kebahagiaan (Mazmur 25:13). Saat sekarang, tidaklah mudah menemukan orang yang hidupnya takut akan Tuhan. Mereka adalah orang-orang yang dapat di percaya dalam pekerjaan. Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab. Adakah kita termasuk bagian dari mereka?

BERKAT TAKUT AKAN TUHAN
– Tuhan menunjukkan jalan yang harus dipilihnya (Mazmur 25:12)
– Ada ketentraman besar (Amsal 14:26)
– Ada perlindungan (Amsal 14:26)
– Takut akan Tuhan merupakan sumber kehidupan (Amsal 14:27)
– Terhindar dari jerat maut (Amsal 14:27)

Jadi, dalam takut akan Tuhan ada berkata yang Tuhan sediakan. Bukan hanya berkat sekarang, tetapi berkat-berkat di masa yang akan datang. Tidak ada rasa kekhawatiran lagi bagi mereka yang mencari Tuhan. Hiduplah dalam takut akan Tuhan._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s