Bebas Dari Maut Karena Kebangkitan Yesus ( Minggu, 20 April 2014 )

Oleh : Pdt. J.S. Minandar

Image

Mazmur 16:10

“Sebab Engkau tidak menyerahkan aku kedalam dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.”

 

PENDAHULUAN

Mazmur ini jelas ditulis oleh Daud (ayat 1). Pada umumnya, Daud menulis lirik mazmurnya, bukan berdasarkan  perasaannya, tapi berdasarkan pengalaman yang  ia alami dalam hidupnya bersama Tuhan. Berulang kali, Daud alami ancaman dari musuh-musuhnya yang menginginkan kematiannya. Tapi oleh pertolongan Tuhan, Daud luput dari maut karena diselamatkan Allah.

BUKAN TENTANG DIRINYA

Tetapi, kalau mempelajari lebih jauh tentang Mazmur 16:10,  mazmur ini dapat dikategorikan sebagai mazmur profetik, sebab di ayat ini Daud bukan hanya mengungkapkan pengalaman pribadinya, tetapi Daud membahas orang lain, yang disebut sebagai“Orang Kudus-Mu.” Siapakah yang dimaksud Daud dengan “Orang Kudus-Mu” di ayat ini.

  1. Yesus

Yohanes 6:69; Kisah 3:14 danWahyu 3:7, salah satu gelar Yesus adalah“Yang Kudus”. Yohanes 1:1,15,Yesus adalah Firman yang menjadi manusia, dan proses keberadaan Yesus menjadi manusia, bukan karena keperkasaan seorang laki-laki (Yusuf),  tetapi benih itu datang dari Roh Kudus, Matius 1:20. Selama Yesus hidup di muka bumi sampai Dia menyelesaikan tanggung jawab yang Bapa berikan kepadanya, Dia tidak pernah menyentuh dan disentuh oleh dosa. Karena Yesus adalah Allah yang tidak dosa.

 

Yesus Tidak Dikuasai Kebinasaan

Kita tahu bagaimana orang Farisi; ahli Taurat; para pemimpin Yahudi dan orang-orang Yahudi berusaha menghabisi Yesus dengan menyalibkan Yesus di atas kayu salib. Mereka meminta agar Yesus dihukum dengan disalib, untuk memberi kesan bahwa Yesus mati karena dikutuk  Allah. Ulangan 21:23 “terkutuk orang yang mati disalib/digantung.” Tetapi Bapa tidak membiarkan Yesus tetap mati dikubur. Oleh kuasa kebangkitan,  Yesus kalahkan maut dan kematian karena Yesus adalah Allah.

Tidak Turun Ke Neraka

Dunia orang mati, Ibrani: SHEOL –tempat penderitaan bagi orang yang telah mati, dan orang yang masuk ke sana tidak akan mungkin dapat kembali/keluar lagi. Itu sebabnya, kita tidak percaya, ketika Yesus mati Dia turun ke neraka. Jangankan turun ke neraka, Mazmur 16:10 mengatakan:  “melihat pun tidak”. Yang kedua, yang dimaksud pemazmur dengan istilah “Orang Kudus-Mu” adalah :

Image

  1. Setiap Orang Yang Percaya Kepada Yesus

Roma 1:7; I Korintus 16:1; Efesus 1:1 orang yang percaya kepada Yesus disebut orang kudus.

Di hadapan Bapa setiap orang yang percaya kepada Yesus disebut sebagai “Orang Kudus”. Gelar ini kita terima bukan dari Gereja (sebab ada gereja yang memberi gelar orang kudus kepada orang-orang tertentu. Kalau pria – santo dan kepada wanita – santa).Gelar ini kita terima bukan dari manusia karena siapa manusia yang bisa memberi gelar orang kudus kepada orang-orang tertentu.

Orang percaya disebut sebagai “Orang Kudus” bukan karena penilaian  Gereja atau manusia. Tetapi, mendapat gelar orang kudus, karena :

  1. Ibrani 13:12, dikuduskan oleh karena darah Yesus
  2. Yohanes 15:3, dikuduskan oleh firman Allah yang responi dengan baik
  3. I Petrus 1:2, dikuduskan oleh kuasa Roh Kudus, yang mendorong untuk taat
  4. I Korintus 1:2, dikuduskan oleh karena ada di dalam (iman) Kristus Yesus, Sehingga di hadapan Yesus, kita adalah orang kudus!

BAGAIMANA KALAU ORANG PERCAYA MATI

Kalau ada di antara kita yang bertanya: Bagaimana kalau ada pengikut Yesus yang mati…? Mazmur 16:10 sudah jelas mengatakan:Yesus tidak akan menyerahkan dan membiarkan Orang Kudus-Mu, yaitu orang-orang yang percaya kepada Yesus melihat kebinasaan. Jangankan masuk, melihat saja pun tidak! Mengapa…? Karena setiap orang yang percaya kepada Yesus, di dalam dirinya ada tanda darah Yesus. Dan oleh darah Yesus, kita diluputkan dari Sheol – neraka mengerikan, Lukas 23:43

Apa yang terjadi pada saat Yesus datang kedua kali…?

I Tesalonika 4:16,17Kedatangan Yesus kedua kali akan didahului dengan bunyi seruan dan tiupan sangkakala malaikat yang dahsyat bunyinya. Kemudian Yesus akan turun dari sorga. Lalu disusul dengan orang-orang yang percaya kepada Yesus akan dibangkitkan (alami kuasa kebangkitan seperti Yesus dibangkitkan) dan akan menerima tubuh yang baru, tubuh yang kekal. Dan orang-orang percaya yang masih hidup  akan diubahkan dalam sekejap serta menyongsong Yesus di angkasa dan bersama-sama untuk selamanya.

YANG TIDAK PERCAYA

Bagi mereka yang tidak percaya kepada Yesus, yang menolak korban darah Anak Domba Allah, yaitu Tuhan Yesus Kristus: pada waktu mereka mati, tubuh mereka akan dikubur (sama seperti manusia pada umumnya), tetapi roh mereka akan masuk kedalam dunia orang mati (Sheol – suatu tempat kalau roh orang mati masuk ke sana, tidak akan mungkin dapat keluar lagi). Bagaimana keadaan mereka di sana? Lukas 16:23 “Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut (Sheol), ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.”

 

Kapan Mereka Dibangkitkan

Pertanyaan yang lazim dipertanyakan ialah: Apakah pada waktu Yesus datang kedua kali, orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus akan dibangkitkan?

Kedatangan Yesus kedua kali ialah untuk menjemput orang-orang yang percaya kepada Yesus. Itu sebabnya, pada waktu Yesus datang kedua kali, yang akan dibangkitkan hanyalah orang-orang yang percaya kepada Yesus. Orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus akan dibangkitkan, setelah berakhir kerajaan 1000 tahun, dan mereka dibangkitkan untuk dimasukkan ke dalam Gehena – neraka yang kekal, yang apinya tidak akan padam selama-lamanya, Wahyu 20:5,6._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s