KEBANGKITAN YESUS DAN HIDUP ORANG PERCAYA ( Minggu, 20 April 2014 )

oleh : Pdt. J.S. Minandar

ImageKolose 3:1-4

“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita,  enyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.”

 

PENDAHULUAN

Bagi orang-orang yang sudah percaya kepada Yesus (yaitu mereka yang meninggalkan cara hidupnya yang lama dan bangkit dalam hidup yang baru), kebangkitan Yesus itu bukan lagi sebagai perayaan yang kita rayakan satu tahun satu kali. Tetapi kebangkitan Yesus menjadi pengalaman yang harus terlihat dalam kehidupannya sehari-hari. 

PENGALAMAN KEBANGKITAN

Kebangkitan Yesus menjadi pengalaman, bukan berarti harus mati dulu barulah kebangkitan itu dialami. Tetapi maksudnya ialah, kalau kita benar-benar alami kuasa kebangkitan Yesus dalam hidup, maka kebangkitan Yesus itu akan terlihat dalam hidup sehari-hari, antara lain kita akan :

  1. MENCARI PERKARA DI ATAS

Ayat 1 Yang dimaksud “Mencari perkara yang di atas” adalah mencari perkara-perkara sorgawi. Jadi, orang Kristen yang benar-benar telah mengalami kebangkitan Yesus, adalah orang yang hidupnya diarahkan untuk perkara sorgawi, bukan perkara duniawi. Artinya…

1. Pastikan diri kita dan perjalanan hidup kita sekarang ini sedang menuju sorga bukan neraka.

  1. Dalam berjalan menunju sorga, tidak berjalan seorang diri. Kalau kita adalah seorang: Suami, kita ajak isteri, anak-anak, cucu, menantu (kita tidak akan rela isteri, anak, cucu, menantu dibawa oleh Iblis ke neraka). Demikian sebaliknya, isteri, anak, orang tua dan sebagainya. Kita  akan investasikan harta di sorga, bukan cuma di dunia. Sebab kata firman Allah: “Di sorga tidak ada pencuri, ngengat dan karat, sebaliknya di dunia ini aset bisa dirusak oleh ngengat dan karat, dan pencuri bisa mencurinya, Matius 6:19; Yakobus 5:3.
  2. Dalam menjalani hidup ini, berusaha menerapkan semua yang ada di bumi, seperti yang ada di sorga, Matius 6:10.

HIDUP DIPENUHI KASIH YESUS

Ayat 2, Apakah yang memenuhi pikiran kita saat ini? Setiap orang yang sudah dibangkitkan bersama Yesus, yang ada di dalam hati dan pikiran orang itu ialah kasih.  Dalam firman Allah ada 4 katagori kasih, antara lain:

  1. Kasih STORGE – kasih karena ikatan keluarga
  2. Kasih PHILIA – kasih karena ikatan sahabat termasuk ikatan saudara seiman
  3. Kasih EROS – kasih karena dorongan berahi atau asmara.
  4. Kasih AGAPE – kasih Allahi, yaitu suatu kesanggupan untuk mengasihi, bukan karena adanya ikatan keluarga, ikatan persahabatan atau saudara seiman, hasrat atau berahi kepada seseorang, sehingga kita memberi.

Orang-orang yang benar-benar sudah dibangkitkan bersama Kristus, di dalam diri orang tersebut ada suatu kesanggupan untuk mengasihi orang yang sebenarnya tidak layak untuk kita kasihi, sebab orang itu memusuhi, membenci, serta menjahati kita. Bahkan tidak membalas dengan memusuhinya, membencinya atau menjahati. Sebaliknya, mengasihi orang tersebut dengan hati yang tulus dan bersih, Matius 5:43-45. Seorang yang memiliki kasih agape juga akan terlihat  bagaimana dia mengasihi Firman Allah, mengasihi pelayan Tuhan dan jemaat, mengasih Gereja, di mana dia beribadah, mengasih tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada dia, mengasih perintah-perintah Tuhan (korban, persepuluhan, diakonia, pelayanan misi).

 

  1. HIDUP YANG TERSEMBUNYIImage

Ayat 3, Orang Kristen yang benar-benar telah dibangkitkan bersama-sama dengan Kristus, hidupnya tersembunyi di dalam Yesus(tidak sombong) dan memiliki harta yang tersembunyi, harta yang tidak dilihat oleh mata manusia. Contohnya :

Lazarus, Lukas 16:19-31 – Secara kasad mata, orang menilai Lazarus adalah orang miskin; pengemis; berpenyakit borok. Dan pada umumnya orang menilai seorang itu kaya dari: harta banyak; pakaiannya bagus; menu makannya enak dan mahal. Tetapi ketika mereka telah mati dan berada di dalam kekekalan, ternyata “Orang Kaya yang dianggap orang yang paling kaya di dunia ini, orang tersebut adalah orang yang paling menderita. Ia mengemis minta setetes air, tetapi tidak mendapatnya dan yang paling fatal, orang tersebut disiksa selama-lamanya di dalam api yang kekal. Sedangkan Lazarus, orang yang dianggap paling menderita dan miskin di dunia ini, ternyata menjadi orang istimewa di dalam sorga. Ia duduk di pangkuan Abraham dan menikmati kesenangan selama-lamanya.

 

Mengapa Orang Kaya Menderita…?

Selama hidupnya, orang kaya tersebut tidak mau menempatkan Yesus sebagai harta tersembunyi yang ia simpan didalam hatinya. Selain itu ia juga tidak mau menginvestasikan kekayaannya yang banyak di sorga, lewat orang-orang yang layak ia bantu, seperti Lazarus.

 

  1. HIDUP DALAM KEMULIAAN

Ayat 4, Ayat ini menjelaskan bahwa Yesus yang bangkit dan naik ke sorga, Dia akan datang kedua kali. Semua orang yang tidak percaya akan dibunuh dengan pedang yang keluar dari mulut-Nya, yaitu Firman Allah, Wahyu 19:15.Tetapi Orang-orang yang percaya yang telah dibangkitkan bersama-sama dengan Yesus akan diam bersama-sama Yesus dalam kemuliaan. Artinya, Orang percaya yang sudah mati, akan dibangkitkan dengan tubuh yang mulia, I Tesa-lonika 4:16. Orang percaya yang masih hidup, sampai kedatangan Yesus kedua kali, akan diubah dan menerima tubuh kemuliaan, I Korintus 15:51. Lalu kita akan menyongsong Tuhan di angkasa, dan bersama-sama dengan Yesus di dalam kemuliaan, I Tesalonika 4:17.

 

KESIMPULAN

Jadilah pengikut Yesus yang dibangkitkan bersama-sama dengan Yesus,  yaitu kita tidak hidup lagi bagi dunia dan dosa. Tetapi hidup bagi Kristus._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s