PUJI-PUJIAN SEBAGAI SENJATA ROHANI (Minggu, 27 April 2014

Mazmur 40:4Image

“Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan.”

 

PENDAHULUAN

Senjata adalah alat yang pentig dalam sebuah peperangan. Apalagi peperangan rohani.  Beberapa minggu yang lalutelah dibahas dua  jenis   senjata untuk menyerang yang diberikan Tuhan kepada kita, yaitu pedang roh dan doa. Pada hari ini kita akan membahas kembali senjata yang Allah berikan untuk kita berperang yaitu dengan puji-pujian. 

 

KUASA DAN DAMPAK PUJIAN

Puji-pujian berkaitan erat dengan:

  • Kemuliaan Tuhan

Pujian dapat menghadirkan hadirat Allah. Pada waktu umat Tuhan, yaitu orang percaya memuji-muji Tuhan, maka Tuhanhadir dengankemuliaan dan kebesaran-Nya di tengah-tengah umat-Nya. Pujian yang di naikkan dengan kesungguhan akan melahirkan kuasa yang besar. Yesaya 6:2-5, mencatat tentang Nabi Yesaya yang melihat kemuliaan Tuhan dan pada saat itulah, banyak hal yang Tuhan nyatakan kepada Nabi Yesaya.

  • Campur Tangan Tuhan

Pujian juga mengambarkan tentang campur tangan Tuhan kepada orang percaya. Saat umat-Nya memuji dan    menyembah Tuhan, maka campurtangan dan pembelaan Tuhan dinyatakan secara  supranatural bagi umat-Nya. Kisah 16:24-26, menceritakan kehidupan paulus dan silas dalam pelayanan. Ketika melayani, mereka ditangkap dan di penjara tanpa kesalahan. Pada saat itu mereka tidaklah mengeluh, sebab mereka di tahan karena melayani. Melaikan ketika di penjara, mereka menaikkan pujian kepada Allah dan saat mereka sedang memuji Tuhan. Belenggu yang menahan mereka terlepas, serta pintu penjara terbuka. Mungkin kita tidak terpenjara secara nyata, tetapi terpenjara dengan masalah dan tekanan. Kuasa puji-pujian, membuka belenggu dan membebaskan hidup kita.

  • Musuh Menjadi Takut

Musuh yang kita hadapi adalah IBLIS dan saat umat-Nya memuji             Tuhan, musuh-musuh takut, dan mereka dikalahkan.         Keluaran 15:10,11,        Kata:menakutkan” artinya:musuh jadi takut      setelahumat memuji Tuhan. Jadi, pujian membuat lawan mengalami ketakutan saat mendengarnya.

 

SENJATA UNTUK MELAWAN

Dari pendahuluan khotbah ini, kita telah memahami bahwa puji-pujian ialah senjata rohani yang diberikan Tuhan kepada kita untuk kalahkan musuh, Mazmur 8:3. Bukan hanya pedang roh dan senjata doa yang dapat kita gunakan untuk melawan. Pujian juga dapat membuat musuh kita kalah. Ada dua kata dipakai untuk jelaskan oknum yg harus kita kalahkan, yaitu :

  • Lawan  – Mazmur 8:3a

Kata: “lawan”, bahasa Ibrani bentuk jamak (segala lawan), Efesus 6:12.

Ada pemerintah, penguasa; penghulu & roh-roh di udara

  • Musuh – Mazmur 8:3b

Kata: “musuh” bahasa Ibrani bentuk tunggal, menunjuk padaOknum IblisLawan dan musuh yang akan kita hadapi tidaklah sedikit. Mereka mempunyai tatanan pemerintahan yang besar. Maka puji-pujian ialah senjata rohani yang efektif dan ampuh untuk melawan roh-roh jahat yang ada di mana-mana dan Iblis sang penguasa utama kerajaan maut.Selain dari pada itu, pujian dapat membuat musuh terbungkam mulutnya.

MEMBUNGKAM MUSUH

Puji-pujian diberikan kepada Gereja untuk membungkam mulut musuh, Matius 21:1-17.Sebelum Yesus ditangkap dan disalibkan Yesus dan murid-muridNya masuk Yerusalem menunggang seekor keledai, dan penduduk Yerusalem menyambut dan memuji Yesus“Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosanna di tempat yang mahatinggi.” Setelah itu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir para pedagang       yang ada di Bait Allah. Maka Imam-imam kepala dan ahli Taurat menegur Yesus kerena mereka jengkel. Yesuspun menjawab di matius 21:16“Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?”Kata Yesus kepada mereka:“Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?” merekapun terdiam dan bungkam. Jawaban Yesus kepada para imam kepala dan ahli Taurat mengutip, Mazmur 8:3.

Allah telah sediakan puji-       pujian untuk kalahkan Iblisdan roh-roh jahat, sejak bayi dan anak-anak. Artinya, senjata untuk kalahkan musuh (Iblis), bukan hanya berupa pedang roh dan doa. Tetapi, juga senjata yang sudah Allah berikan sejak bayi/anak-anak.

Menggunakan Mulut

Tiga senjata (untuk menyerang), sarana yg digunakan: “mulut”

  • Pedang Rohfirman Allahdiucapkan memakaimulut.
  • Doadiucapkan terus-2an dan dengan keras memakaimulut.
  • Puji-pujianmemakai mulut.

MENGAPA MULUT..?

Wahyu 12:10,11Salah satu cara Iblis menyerang adalah dengan menggunakan mulut, yaitu dengan cara: “mendakwa”.Tujuan Iblis menuduh ialah agar kita merasa bersalah dan tidak punya harapan.Orang yang didakwa Iblis akan merasa:

  • Percuma beribadah
  • Percuma untuk berdoa
  • Percuma dengarfirman Allah

Mereka akan berpikir, sudah terlanjur berdosa, lebih baik sekaligus hidup dalam dosa. Bahkan dosa yang lebih besar dan jahat. Jadi penting sekali perkataan mulut kita. Namun banyak kali ditemukan, anak Tuhan yang jarang memuji Tuhan atau bahkan tidak suka memuji Tuhan. Bukan iblis yang bingkam dengan pujian kita, tetap kita yang bungkam.

 Image

MENGAPA KITA YANG HARUS MEMBUNGKAM

Didalam mazmur 40:4 “Ia memberikan nyanyaian baru dalam mulutku, untuk memuji Allah kita…”Mazmur 8:3 “Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan…”  Tuhan yang sudah serahkan senjata utk membungkam Iblis kepada kita, jadi kitalah yang harus membungkam Iblis. Tetapi dalam keseharian, tugas memuji Tuhan di serahkan kepada tape; cassette; compactdisk; gadget, dan lain-lain.Sedangkan mulut kita bungkam (tertutup). Padahal Tuhan berkata:               Mazmur 103:1 “Pujilah Tuhan hai jiwaku, pujilah Nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku”.Ini sebuah ajakan buat setiap kita untuk memuji Tuhan. Yesus telah menebus setiap manusia agar mereka dapat mempermuliakan Tuhan. Tetapi apakah yang terjadi jikalau tidak ada pujian dari mulut orang percaya?

KALAU KITA TIDAK MEMUJI TUHAN

Wahyu 16:13,14, dari mulut Iblis, binatang (antikristus) dan nabi palsu, keluar 3 roh najis serupa katak, yaitu Roh Najis. Jadi jikalau kita tidak mau memuji Tuhan dengan mulut kitaMaka roh Katak (perkataan yg najis) yang akan keluar/terucap                       dari mulut kita. Seekor katak akan bernyanyi dimalam hari, ini gambaran bahwa iblis bekerja bukan hanya pada  siang hari, tetapi juga pada malam. Sebab itu, kita harus bungkam mulut Iblis pada siang dan malam.

BAYI DAN ANAK-ANAK

Dalam mazmur 8:3 mencatat bahwa puji-pujian, yaitu senjata rohani untuk kalahkan/membungkam Iblis, juga Tuhan berikan kepada bayi dan kanak-kanak.

 Mengadung arti:

  1.  Roh puji-pujian Tuhan sudah berikan kepada kita, sejak kita bayi/anak-anak. 
  2. Bayi dan anak-anakmenggambarkan orang yang membutuhkan Tuhan, karena ia merasa diri: kecil, lemah dantak berdaya tanpa Tuhan.Artinya, ketika kita memuji Tuhan,seolah kita berkata pada Tuhan “Saya tidak bisa andalkan harta, uang, kedudukan, kepandaian, kehebatan.Tetapi saya membutuhkan pertolongan Tuhan!”

Kesimpulan:

Tidak ada alasan bagi setiap kita untuk tidak memuji Tuhan, karena didalam pujian ada kuasa yang bekerja dan ada kuasa untuk membungkamkan mulut musuh.apakah yang akan di takuti jikalau pujian ada didalam mulut kita? Masalah dan tekanan tidak lagi menjadi penghambat. Allah telah menaruh pujian itu sejak kecil. Jadi, apapun yang terjadi, naikkan pujian kita kepada Allah yang besar dan mullia. Dialah Yesus Tuhan dan Raja. Amin !!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s