Pujian dan Penyembahan (Minggu, 18 Mei 2014)

Sdr. Jeff MinandarImage

Hanya ada dua kuasa yang ada di dunia: Kuasa Allah & Kuasa Iblis. Tidak ada yang berada di tengah-tengahnya. Jadi apapun yang terjadi di dunia ini hanya ada DUA kekuatan yang mendorong! 1 Samuel 16:14. Ketika Roh Tuhan mundur dari pada Saul, maka sekarang ia berada pada keadaan jiwanya yang lemah dan kosong, sehingga Allah “mengijinkan” roh jahat mengganggu Saul (bandingkan dengan kisah .Ayub, dimana Allah juga “mengijinkan”).

Istilah “mengijinkan” ini sering disalah artikan bahwa Allah yang mendatangkan pencobaan, itulah kenapa Yakobus menuliskan di surat Yakobus 1:13, bahwa Allah tidak mencobai. Bapak Gembala sudah menyampaikan mengenai: “Puji-pujian sebagai senjata rohani.” Jadi selain Firman Allah dan Doa, kita punya Puji-pujian sebagai salah satu rangkaian senjata untuk melawan kuasa Iblis. Bisa dibayangkan betapa besar kuasa yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Sehingga sampai di titik ini sebenarnya kita sudah bisa menjawab mengapa kita memerlukan pujian dan penyembahan, bukan? Sebagai senjata untuk mengalahkan kuasa Iblis! Kecuali kita menganggap Iblis bukan musuh yang harus dimusnahkan.

Ingat bangsa Israel! Dalam Yosua 23:12-13 mereka sudah tidak menganggap suku-suku bangsa yang masih tetap tinggal sebagai lawan yang mencemaskan. Namun di kemudian hari terbukti bangsa Israel terjerat dengan kefasikan suku-suku bangsa tersebut. Bukankah ini yang dikuatirkan oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma, “janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia.”

Mari sekarang kita masuk dalam pengertian pujian dan penyembahan yang dituliskan dalam Mazmur. Mazmur 66:2 menuliskan puji-pujian dinaikkan untuk memuliakan nama Tuhan. Hidup Kita sebagai orang Kristen tentu saja rindu untuk memuliakan mama Tuhan. Karena itu naikkanlah puji-pujian senantiasa. Dalam Mazmur 100:4 ada 3 kata Ibrani yang berbeda dipakai untuk menggambarkan puji-pujian: Nyanyian Syukur (TODA), puji-pujian (TEHILA), pujilah namaNya (BARAK). Menarik sekali melihat ada pengertian berkat dalam kata “BARAK”. Jadi selama ini dari mana sumber berkat kita, dari seberapa kita MEMBERKATI Allah dengan puji-pujian kita. Amin.

Demikian juga dalam Mazmur 63:5 kita memuji dengan menaikkan tangan. Inilah praktek puji-pujian. Secara sederhana pengertian pujian adalah ketika kita memuji-memuji seseorang. Semua orang senang dipuji demikian juga Allah kita senang dengan Pujian. Mengapa? Karena sifat-sifat Illahi ada di dalam diri kita. Di sisi lain misi terbesar Iblis di dunia adalah “merusakkan rencana Allah & merusakkan ciptaan Allah” itulah mengapa Iblis berusaha membuat puji-pujian tidak dipakai secara maksimal, dengan menghembuskan masalah-masalah seperti ini.

IDENTIFIKASI MASALAH

1. PUJIAN ADALAH PELENGKAP

Banyak orang Kristen menganggap pujian adalah pemanis dalam hidup Kristen. Firman Allah, khotbah dengan ayat-ayat referensi pada Alkitab, dianggap memiliki ‘derajat’ atau ‘posisi’ lebih tinggi. Padahal Allah ingin dengan pujian kita memasyurkan nama Allah diantara bangsa-bangsa (I Tawarikh 16:24).

2. PUJIAN HANYA DI GEREJA

Pujian bisa dilakukan dimana saja, dengan cara apa saja. Tidak terbatas gedung gereja, atau waktu Ibadah. Bahkan memuji di atas tempat tidurmu! (Mazmur 149:5).

3. PUJIAN DENGAN BATASAN

Ada “Polisi Moral” sehingga kita tidak bias bebas mengekspresikan rasa cinta kita pada Tuhan padahal kita ini pengantin Kristus! (Wahyu 19:7).

4. PUJIAN ADALAH RUTINITAS

Pujian dilakukan harus dengan gembira dan tulus hati. (Kisah Para Rasul 2:46-47). Kemudian yang juga penting lakukan dengan mulut bibir, jangan hanya dipikirkan atau dilakukan dalam hati saja. (I Korintus 14:15-17).

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s