Kenaikan Yesus ke Surga ( Kamis, 29 Mei 2014 )

Pdt. J.S. MinandarImage

Lukas 24:50-53

” Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
 Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah. “

PENDAHULUAN
Dari keempat Injil, hanya Injil Lukas yang mengisahkan “kenaikan Yesus ke sorga”, itu pun singkat sekali. Namun dari kisah singkat tentang kenaikan Yesus ke sorga yang ditulis oleh Lukas ini, kita bisa dapatkan nilai-nilai berkat yang luar biasa.

MEMBERKATI
Sebelum Yesus naik ke sorga, Yesus membawa murid-murid-Nya ke suatu tempat dekat Betania, yang letaknya di bukit Zaitun. Setelah selesai Yesus bercakap-cakap dengan murid-murid-Nya, kemudian Yesus mengangkat tangan-Nya dan memberkati murid-murid-Nya. Dan dalam posisi memberkati, Yesus berpisah dengan murid-murid-Nya dan terangkat ke sorga. Yesus tidak meninggalkan mereka begitu saja, tetapi Tuhan memberkati mereka.

DUNIA TEMPAT PERPISAHAN
Inilah keadaan dunia yang bukanlah tempat kita berkumpul untuk selamanya (Pengkhotbah 3 katakan ada masanya berkumpul dan ada masanya kita berpisah). Bahkan sadar atau tidak, suatu saat kita akan dipisahkan oleh kematian. Itu sebabnya – pastikan selama kita hidup di dunia ini kita sudah memberkati (bukan menyakiti; menyusahkan; melukai atau membunuh), orang-orang di sekitar kita. Suami berkati isteri, isteri sebaliknya. Orang tua berkati anak-anak kita. Anak-anak, berkati orang tua kita. Bahkan, yang luar biasa Yesus mengajar kita untuk memberkati musuh kita. Kalau Yesus naik ke sorga ini, naik dengan “memberkati” dan kita terapkan cara ini dalam hidup kita, sudah pasti selama kita hidup di dunia ini, kita akan menjadi berkat.

 

ImageMURID-MURID TIDAK BERSEDIH
Semua orang yang mengalami perpisahan dengan orang yang dikasihinya akan mengalami kesedihan. Namun lain halnya dengan para murid Yesus. Mereka tidak merasakan kesedihan yang dalam saat kepergian Yesus ke Surga. Ketika Yesus meninggalkan murid-murid-Nya dan naik ke sorga, murid-murid mengiringi kepergian Yesus terangkat ke sorga dengan “menyembah” dan mereka pulang dengan hati “sangat bersukacita” bukan dengan bersedih hati. Mengapa demikian?

JANJI BERKAT
Dalam Yohanes 14:3 ada dua hal yang Yesus janjikan kepada murid-murid-Nya:
1. Yesus tinggalkan murid-murid-Nya untuk menyediakan tempat bagi murid-murid.
( tidak bisa bayangkan, bagaimana indahnya dan baiknya tempat yang Yesus sediakan bagi kita).
2. Yesus akan kembali menjemput murid-murid dan membawa ke tempat yang Yesus janjikan. Yesus mengasihi setiap kita, sehingga ia datang dan akan menjemput kita untuk bersama dengan Dia.

BUKTI ORANG-ORANG YANG MENANTI KEDATANGAN YESUS
Sebab itu “Peristiwa Kenaikan Yesus Ke Sorga” menurut versi Injil Lukas ini menjelaskan bahwa ada tiga bukti yang akan terlihat (terekspresi) dari hidup para pengikut Yesus, yang benar-benar merindukan kedatangan Yesus kedua kali. Kalau belum terlihat, kita harus dipertanyakan kekristenannya. Dan ketiga hal tersebut adalah…
1.Sukacita, Lukas 24:52c dikatakan: “…lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita”
Kenaikan Yesus ke sorga, bukan membuat murid-murid sedih, melainkan sangat bersukacita. Apakah yang menyebabkan murid-murid Yesus bersukacita? Mereka bersukacita karena perkara-perkara rohani dan kekal, yang Yesus janjikan bagi mereka sehingga dalam aniaya sekali pun mereka bersukacita, Kisah 13:50-53.
a. Jaminan keselamatan – kalau mereka mati karena dimakan usia, atau karena kedatang-an Yesus kedua kali, mereka punya kepastian selamat, Roma 14:8 “Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.”
b. Jaminan Roh Kudus – kenaikan Yesus ke sorga, bukan membuat murid-murid terpisah jauh dari Yesus, tetapi semakin dekat dengan Yesus. Mengapa…? Sebelum Yesus naik ke sorga, ada saat di mana mereka terpisah dari Yesus. Tetapi setelah Yesus naik ke sorga, Yesus ada di hati mereka oleh Roh Kudus. Dan inilah yang menyebabkan dalam Lukas 24:52c “…mereka sangat bersukacita.”

2. Senantiasa Berada Di Dalam Bait Allah, Lukas 24:53a
Pengikut Yesus yang benar-benar rindu kedatangan Yesus kedua kali, ia akan ekspresikan kerinduannya itu kepada Yesus, dengan cara ibadah kepada Yesus, sebab:

  • Dalam ibadah, kita memuji Tuhan, bukankah ini merupakan ekspresi yang nanti akan dilakukan saat di sorga. Tidak ada yang tahu dalam kemuliaan nanti posisi duduk di takhta barisan ke berapa. Tetapi yang pasti, pada saat kita mendengan 4 makhluk memuji Yesus, dan menyanyikan: “kudus…kudus” maka kita akan turun dari takhta, melepas mahkota dan melemparkannya di hadapan Yesus, Wahyu 4:9,10. Sebab hanya bagi Yesus kemuliaan untuk selamanya.
  • Dalam ibadah, kita mendengarkan firman Tuhan, bukankah ini merupakan refleksi dari apa yang nanti akan kita lihat dan dengar pada waktu ada di hadirat Allah di sorga, Wahyu 4:5.
  • Dalam ibadah, kita berdoa kepada Tuhan, ini merupakan ekspresi yang nanti akan di lakukan di sorga. Kita akan mencurahkan kebanggaan, kekaguman, kesenangan, kemesraan hubungan kita dengan Yesus yang menjadi kekasih jiwa kita, Wahyu 4:11.

Sebab itu, sangat mengherankan jikalau ada orang mengaku pengikut Yesus dan menantikan kedatangan Yesus kedua kali tetapi orang tersebut jarang ibadah dan kalau ibadah tidak sungguh-sungguh.

3. Memuliakan Allah, Lukas 24:53b
Pengikut Yesus yang benar-benar rindu akan kedatangan Yesus kedua kali, ia akan buktikan kerinduannya itu dengan memuliakan Allah. Apakah yang dimaksud dengan memuliakan Allah di sini? Ada yang mengartikannya sama dengan :
a. Menyanyi dan bersyukur, sebab ada ayat yang berkata: “Muliakanlah Allah dengan pujian dan nyanyian syukur.” jawaban ini tidak salah!
b. Mengorbankan harta, sebab ada ayat yang berkata: “Muliakanlah Allah dengan hartamu” jawaban ini tidak salah!
c. Hidup sesuai firman Allah, menjadi contoh dan teladan, tidak menjadi bahan celaan di tengah masyarakat. Sebab ada ayat berkata: “Hendaklah perkataanmu berkat…” ini juga tidak salah!
Semua pendapat tersebut tidaklah salah, namun jauh dari pada itu. Ada satu kerinduan besar dari pada Tuhan. Ia rindu saudara bertumbuh dewasa dalam kerohanian.

BERTUMBUH DEWASA DI DALAM YESUS
Hanya seorang kristen yang bertumbuh dewasa dapat melakukan ketiga pendapat di atas. Contoh Yesus, Lukas 2:52 “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.” Bagaimana caranya bisa menjadi orang Kristen yang seperti Yesus bertambah hikmatnya dan makin dikasihi dan berkenan kepada Allah dan manusia?

II Petrus 1:5-8

Image

 

HIDUP MEMULIAKAN ALLAH
Dari ayat di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa…
Pengikut Yesus yang benar-benar merindukan kedatangan Yesus kedua kali, akan terlihat dari pertumbuhan rohaninya dan menjadi dewasa penuh di dalam Kristus.
· Orang Kristen seperti inilah yang hidupnya dikasihi Allah dan manusia.
· Orang Kristen seperti inilah yang hidupnya memuliakan Allah.
· Orang Kristen seperti inilah yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali.
· Menurut II Petrus 1:8, orang Kristen seperti ini, hidupnya tidak akan tersandung sehingga jatuh di dalam dosa, dan tidak akan membuat orang di luar Kristus tersandung.

PENUTUP
Kita tidak akan sanggup naik satu tingkat pun dalam pertumbuhan kekeristenan kita, dengan usaha dan kekuatan kita, tetapi hanya oleh Roh Kudus.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s