Firman dan Roh Kudus ( Minggu, 29 Juni 2014 )

Pdt. Stevanus Poluan

Efesus 6:10 

“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.”

 

 

Setiap manusia selalu ingin mendapatkan berkat, tetapi jauh dari pada itu Tuhan justru rindu agar manusia juga harus bergantung kepada kekuatan kuasaNya.  Kekuatan yang dimaksud dalam Efesus 6:10, bukanlah kekuatan fisik karena kekuatan fisik terbatas gunanya. Apakah kekuatan Kuasa Allah? Perhatikan Roma 1:16.  Injil adalah kekuatan Allah, yaitu firman Tuhan. jika demikian maka setiap manusia perlu injil, itulah dasar kita untuk tetap kuat dalam menghadapi tantangan dunia. Maka hendaknya Injil menjadi kesukaan kita, jika tidak maka kita akan mudah goyah.

 

Injil  adalah Firman Tuhan

Injil yaitu firman Tuhan juga  berfungsi layaknya seperti pedang. Ibrani 4:12 “Firman tajam seperti pedang bermata dua” tujuannya untuk memperbaiki hidup kita. Contohnya pisau operasi, bertujuan bukan membunuh pasien, tetapi mengobatinya. Demikian halnya Firman Tuhan, mendidik, mengoperasi hidup kita agar berkenan bagi Tuhan. Namun dizaman sekarang cukup sulit menemukan injil yang murni. Kebanyakan di antaranya telah membelokkan injil sesuai keinginan hati manusia. Untuk itu kita butuh Tuhan membukakan dan menunjukkan mana Injil sepenuhnya. Melalui kuat Kuasanya yang telah diberikan kepada kita.

 

Kekuatan KuasaNya

Apakah kekuatan kuasa Tuhan? Kisah1:8, yaitu Roh Kudus. Inilah pribadi Allah sendiri, Roh Kudus yang memampukan setiap orang percaya untuk hidup dalam kebenaran Firman Tuhan dan mengerti akan kebenaran yang sejati. Sebab itu minta kepada Tuhan agar Roh Kudus memenuhi hati dan hidup ini, sehingga Roh Kudus bukan hanya menjadi doktrin atau ajaran gereja, melainkan benar-benar kita alami.Seorang pengikut Kristus yaitu Stevanus, dapat menjadi teladan yang baik. Kisah Rasul 7:54-60 menuliskan bahwa Stevanus yang penuh dengan Roh Kudus, melihat kemuliaan Allah di tengah-tengah himpitan. Keadaan tidak mempengaruhi Stevanus untuk merasakan kehadiran Alla. Jadi, jika seseorang penuh dengan Roh Kudus maka keadaan tidak mempengaruhi dia, sekalipun itu menyakitkan. Jadi, seseorang yang penuh dengan Roh Kudus dapat melihat apa yang tidak dilihat oleh mata jasmani.

 

Penuh Roh Kudus

Seberapa besar kerinduan kita untuk dipenuhkan dengan Roh Kudus? Roh Kudus adalah kebutuhan utama. Mengapa ? Kisah Rasul 7:59 – Roh Kudus akan membuat kita suka akan doa. Dalam segala keadaan dan situasi kita tetap berdoa. Roh Kudus membuat kita rindu bersekutu dengan Tuhan.Kisah 7:60 – Seseorang yang penuh Roh Kudus akan mudah untuk mengampuni orang lain. Tidak ada kebencian didalam hatinya. Karena Roh Kudus akan memulihkan hatinya.Kita perlu Tuhan dalam menjalani hari-hari ini. IA memberikan firman dan Roh Kudus, gunakan fasilitas tersebut untuk membawa kita semakin serupa dengan Dia. 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s