Berakar didalam Yesus (Minggu, 27 Juli 2014)

Pdt. Royke Tampi 1964808_640784285957335_898432422_n

Kolose 2:7; I Timotius 4:1

Sebuah tanamanan diperlukan akar untuk bertumbuh. Demikian halnya dengan kekristenan, dibutuhkan akar untuk bertumbuh diddalam Tuhan. Sebab itu Paulus menasehati jemaat kolose “ hendaklah kamu berakar di dalam Dia”. Betapa pentingnya berakar di dalam Yesus, karena tantangan akhir zaman sangatlah banyak – I Timotius 2:3 “Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan”. Bukan hanya para Rasul yang mengatakan hal yang demikian. Yesupun mengajarkannya di Matius 24:10,11, 24, akan banyak yang akan murtad bahkan orang-orang pilihan juga akan mengalaminya. jadi tidak ada yang akan luput dari ajaran yang tidak benar dan nasihat palsu.

MURTAD
Kemurtadan terjadi karena seorang percaya yang hanya mendengar Firman, tetapi tidak berakar di dalam Firman, Lukas 8:13 “Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad.”

FUNGSI AKAR
1. Menyokong dan memperkokoh tanaman
2. Berfungsi menyerap air dan zat makanan
3. Menyimpan cadangan makanan

Dengan demikian kitamengerti betapa pentingnya akar bagi pertumbuan. Saat kita percaya kepada Yesus, bukan berati kita lansung dewasa dan tidak bekerja. Justru seharusnya pekerjaan kita semakin meninggkat,Yohanes 6:27 bukan makanan yang dapat binasa, tetapi yang kekal. Sebab itu kita perlu akar untuk menyerap makanan. Apakah makanan yang kekal tersebut? Yohanes 4:32, melakukan hal yang senangkan hati Allah. Salaha satunya mendengar firman dan melakukannya , orang yang demikiaan berarti mereka mengasihi Tuhan – Yohanes 4:32. tree-root

KESIMPULAN
Jadi demikian hendaknya sebagai pengikut Yesus, kita mengavaluasi diri (2kor 13:5), menguji apa kah hidup kita masih berdiri benar dihadapan Tuhan jikalau tidak maka kita bukanlah orang yang tahan uji. Saat kita berakara dalam Tuhan, manfaat yang kita terima sangat besar. Selain mengutungkan kerohanian kita, berakar dalam Yesuspun akan membuat kekristenan kita bukan hanya betumbuh atau kuat, tetapi juga menghasilkan buah dan inilah kerinduan Tuhan. Mungkin tidak serta merta hasil ketaatan kita akan berbuah, mazmur 1:3 “berbuah pada musimnya”. Ada waktu yang perlu dilewati untuk menghasilkan buah. Walapun terasa berat dan sukar, namun tetaplah setia dalam ketaatan akan firman Tuhan. Sebab ketaatan adalah bukti kita berakar dalam Yesus. 

BUAH
Bentuk buat-buah yang dihasilkan adalah kasih, sukacita, damai sejahtera dan sebagainya (Galatia 5:22,23) jika pengikut Yesus memiliki buah seperti yang di katakan oleh rasul Paulus. Maka orang disekaitar kita akan menikmatinya dan memuliakan Allah. Orang dunia dapat melakukan kebaikkan dan mungkin kasih, tetapi tidak mempermuliakan Allah melaikan diri mereka sendiri (Matius7:34-27).

Tetaplah teguh berpegang dalam ajaran yang benar dan berakarlah, sehingga jika ada goncangan kita tidak murtad dan meninggalkan Tuhan. Jadikan Yesus sumber kekuatan untuk berakar dan bertumbuh – Wahyu 3:10.

Sebab itu kita butuh Yesus sebagai contoh dan dasar untuk bertumbuh. Yesus adalah dasar yang kuat.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s