Keluar dari api UJIAN (Minggu, 27 Juli 2014)

Pdt. Joseph Priyono524495_101369043394511_1298946269_n

Daniel 3:19

Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa.

 

Pendahuluan

Pada abad keenam sebelum kelahiran Kristus, Nebukadnezar mengirim pasukannya untuk mengepung Yerusalem. Prajuritnya menangkap raja Yehuda dan menawannya ke negeri mereka. Raja juga memerintahkan pasukannya untuk menawan sebagian dari orang-orang Yahudi untuk dibawa ke dalam pembuangan ke Babel sebagai budak. Selanjutnya raja membuat patung emas yang besar dengan ukuran sembilan puluh meter, dan memerintahkan agar semua orang menyembahnya. Semua pemimpin Babel datang ke sana pada hari tertentu. Bentara raja dengan keras menyatakan bahwa setiap orang yang tidak sujud dan menyembah berhala itu “akan dicampakkan ke dalam perapian yang menyala-nyala” (Daniel 3:11). Sadrakh, Mesakh, dan Abednego menyembah Tuhan Allah, TUHAN, Allah Israel. Jadi mereka tidak sujud menyembah barhala raja itu. Akhirnya mereka dimasukan dalam dapur api yang dipanaskan tujuh kali lipat.

 

Pelajaran Rohani

  1. Iman akan Mengalami UJIAN

Siap atau tidak iman kita akan mengalami ujian seperti Sadrakh, Mesakh dan Abednego.

1 Petrus 4:12  “Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.”

Ujian-ujian ini bisa datang dalam bentuk :

  • Berbagai macam KESULITAN
  • Aneka Penderitaan / Sengsara
  • Sakit – Penyakit
  • Perasaan ditinggalkan
  • Perasaan kehilangan / kematian, dll

Yesaya 48:10  Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.

 

  1. Ujian datang untuk menentukan NILAI Iman Kita.

Nilai iman kita ditentukan atas kesanggupan kita melewati ujian yang terjadi. Semakin lulus ujian kelas iman kita akan naik.

  • Ayub 23:10 “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.”
  • Matius 7 : 24-27 “Ujian menentukan kekuatan bangunan rohani kita.”
  • Ibrani 12 : 26-27 “Digoncang agar kelihatan yang tidak dapat digoncangkan”

 

RAHASIA KELUAR DARI API UJIAN

1. Pandanglah Kepada KESANGGUPAN TUHAN dan bukan kepada keterbatasan manusia

Sadrakh dkk tidak takut kepada ancaman raja, sebab mereka tidak menggandalkan kekuatannya melainkan kepada kesanggupan Tuhan. Ia berkata: Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; (Daniel 3:17) Demikian juga dengan Abraham. Saat Allah memintanya untuk mempersembahkan Ishak, ia tidak menjadi sedih atau keberatkan sebab pandangannya tidak ditujukan kepada dirinya atau Ishak anak kesayangannya tetapi kepada Allah yang sanggup menyediakan korban bagi diriNya sendiri. Kej. 22:14  Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung TUHAN, akan disediakan.”

Contoh lain adalah wanita yang sakit pendarahan selama 12 tahun. Imannya menyatakan:

Sebab katanya: “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh.” (Mar 5:28). Sekalipun rasanya mustahil untuk disembuhkan, namun ia terus berharap kepada kesanggupan Tuhan Yesus.  Baginya tidak perlu Tuhan Yesus menjamah atau menumpangkan tangan atasnya, hanya menjamah jubahNya saja ia akan sembuh. Haleluya!!!

 2. Pandanglah melampaui apa yang dilihat mata.

Mata Sadrakh dkk, melihat api yang berkobar-kobar, tapi mata imannya melihat Allah yang berkuasa menolong mereka.  Iman adalah melihat apa yang tidak dilihat oleh mata jasmani kita. Jika kita hanya melihat yang kelihatan, kita akan menuai masalah, lihatlah kuasa Tuhan yang tak terlihat yang sanggup memyelesaikan masalah kita.

Murid-murid hanya melihat 5 roti dan 2 ikan, tetapi Yesus melihat pabrik roti. (Mat 14: 17)

3. Saat api dipanaskan 7 kali, adalah saat jalan keluar sudah dekat.

Sadarilah bahwa saat api ujian seolah-oleh semakin panas, itu pertanda bahwa jalan kelepasan sudah dekat. Sadrakh dkk, dilepaskan bukan saat api kecil tetapi justru saat api dipanaskan tujuh kali lipat. Puji Tuhan.

Daniel 3:26  

Lalu Nebukadnezar mendekati pintu perapian yang bernyala-nyala itu; berkatalah ia: “Sadrakh, Mesakh dan Abednego, hamba-hamba Allah yang maha tinggi, keluarlah dan datanglah ke mari!” Lalu keluarlah Sadrakh, Mesakh dan Abednego dari api itu.

Ingatlah : Badailah yang menerbangkan layang-layang bukan angin sepoi-sepoi. Semakin pekatnya malam, semakin terang bintang bersinar.

 4. Tuhan menyertai kita ditengah UJIAN

Daniel 3:24, 25 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: “Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?” Jawab mereka kepada raja: “Benar, ya raja!“ Katanya: “Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api isadrach-mesach-abednegotu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!”

Puji Tuhan, Dia tidak membiarkan dan meninggalkan kita saat kita berada dalam dapur api. Ia turut merasakan apa yang kita alami.

Ibrani  4:15  “Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.”

Saudaraku, Allah mengerti apa yang kita alami sebab ia pernah menjadi manusia. Ia tahu apa artinya miskin, menderita, sakit, haus, lapar, dikhianati, difitnah, dicaci, ditinggalkan dll. Percayalah dalam segala keadaan DIA ada bersama kita. Amin. KJP

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s