Air Kehidupan (Minggu, 17 Agustus 2014)

Keluaran 17:1-7

Selama perjalanannya di padang gurun bangsa Israel harus singgah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tingkat kesukaran yang berbeda-beda. Meski demikian di mana pun kaki mereka melangkah, tak sedetik pun Tuhan meninggalkan dan membiarkan mereka berjalan sendiri, baik itu siang maupun malam.

Ayat 1
Kemudian berangkatlah segenap jemaah Israel dari padang gurun Sin, berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, sesuai dengan titah TUHAN, lalu berkemahlah mereka di Rafidim, tetapi di sana tidak ada air untuk diminum bangsa itu.

Tuhan telah menyertai bangsa Israel dari Mesir hingga padang gurun Sin tepatnya di Rafidim. Namun disana mereka tidak mendapatkan air untuk diminum. Apakah yang mereka lakukan saat tidak mendapatkan air di Rafidim?

Ayat 2
Jadi mulailah mereka itu bertengkar dengan Musa, kata mereka: “Berikanlah air kepada kami, supaya kami dapat minum.” Tetapi Musa berkata kepada mereka: “Mengapakah kamu bertengkar dengan aku? Mengapakah kamu mencobai TUHAN?”

Ketiadaan air membuat bangsa Israel bertengkar dengan Musa. Orang Krsiten yang tidak memiliki air firman dalam dirinya, akan menjadi orang yang suka bertengkar, sumber keonaran dan keributan.

Dalam hidup ini, air adalah kebutuhan pokok manusia. Tubuh manusia 75% terdiri dari air, bahkan otak kita 80% adalah air. Tanpa air manusia akan mengalami kehausan dan akhirnya meninggal. Di Rafidim bangsa Israel bertengkar dengan Musa karena mereka tidak memiliki air untuk diminum. Puji Tuhan, oleh pertolongan Tuhan, Musa diperintahkan untuk memukul gunung batu dengan tongkatnya sehingga mengalirlah air dari gunung itu bangsa Israel dapat meminumnya.

Inilah bukti kuasa Tuhan, ditengah padang gurun yang kering sekalipun Allah sanggup membuat sumber mata air. Adakah hidup saudara kering seperti padang gurun? Keuangan saudara kering, usaha kering, kesehatan kering? Jangan bersungut-sungut seperti bangsa Israel, datanglah kepada Tuhan dengan DOA, Allah sanggup mengadakan dari yang tidak ada menjadi ada. Yang gersang sekalipun Tuhan sanggup membuat mata air.

Dalam dunia ini ada banyak air buatan manusia, tetapi semua air buatan manusia adalah Sin. Siapa yang meminumnya akan haus lagi. Adakah diantara Saudara yang minum air pada hari ini untuk seminggu, sebulan bahkan setahun? Tidak! kita minum setiap saat ketika rasa haus menyerang. Inilah bukti bahwa sumber-sumber duniawai adalah sementara yang tidak pernah memberi kepuasan.

Dalam Yohanes 4, Yesus menjumpai seorang Wanita dari Samaria yang sedang mengambil air pada waktu tengah hari. Kepadanya Yesus menawarkan air kehidupan.

Yohanes 4 : 13,14
Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

Air dari dunia ini bersifat sementara dan tidak memuaskan. Hal ini dibuktikan oleh perempuan Samaria yang telah memiliki 5 orang suami. Ia tidak pernah puas, karena memang dunia tidak memberi kepuasan. Hanya air yang Yesus berikan yang akan memberikan kepuasan bahkan akan mengalir dari dalam hatinya.

Di ulang tahun yang ke 25, biarlah GPdI Mahanaim, menjadi aliran-aliran air kehidupan yang dapat dinikmati oleh masyarakat kota Tegal. Sehingga Tegal menjadi kemuliaan Tuhan. Selamat Ulang Tahun, Tuhan memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s