PROMOSI – Sdr. Jeff Minandar (Minggu, 31 Agustus 2014)

Kita semua suka konsep promosi. Promosi yang saya maksud disini bukan promosi barang/ jasa. Namun promosi yang saya maksud adalah kenaikan tingkat. Ini adalah lawan kata dari demosi, yang punya makna berkebalikan.

Siapa yang suka direndahkan? Dalam pekerjaan, bahkan dalam pelayanan tidak ada yang suka dengan tempat yang rendah. Tiga tahun terakhir, terlibat dalam pelayanan Ibadah Raya di gereja, saya mendengar banyak komplain ketika seseorang pelayan tidak ada dalam jadwal. Seringkali responnya adalah perbandingan dengan orang lain.

Karakter seperti ini sering ditunjukkan oleh Petrus, sebelum peristiwa Pantekosta. Ingat, suatu saat sebelum Yesus disalibkan dia berkata, kesebelas murid yang lain bisa saja meninggalkan Yesus, tetapi dia tidak! Kemudian, ketika Yesus bangkit dan menampakkan diri kepada murid-murid, Yohanes 21:20-22. Dimana Yesus bertanya kepada Petrus, apakah engkau mengasihi Aku? Tiba-tiba saja Petrus melihat Yohanes dan bertanya apa yang terjadi dengan orang ini? Sekali lagi dia suka sekali membandingkan. Tapi Yesus dengan segala Kasih NYA segera mengoreksi Petrus, mengembalikan pada fokusnya.

Karakter Yesus begitu berbeda, konsep Yesus mengenai promosi adalah merendah, tentu saja bukan semata-mata karena Dia adalah Anak Allah. Tetapi ada dua kualitas ini yang membedakan. Saya berharap kita semua bisa menjadi sama seperti Yesus.

1. Yesus adalah “man of vision” – maksudnya DIA tahu akan apa yang akan dikerjakannya. Bahkan dari usia 12 tahun. Tidak ada yang terlalu muda untuk memiliki visi / pandangan ke depan.

2. Yesus adalah “man of mission” – maksudnya DIA tahu apa yang menjadi tugasNYA dan DIA fokus terhadap tugas itu. Tuhan tidak serampangan seperti Petrus, yang meledak-ledak, DIA tahu tugas utamaNYA.

Saya ingin kembali kepada konsep Yesus mengenai “promosi adalah merendah”. Mari kita baca di Yohanes 13:3-5. Menariknya, DIA tahu segala kuasa ada dalam tanganNYA, namun DIA tetap merendah. Karena DIA tahu tugasNYA, DIA tahu siapa yang mengutus DIA.

Filipi 2:5-11. Mari kita ke ayat 11 terlebih dahulu: Yesus tahu yang DIA lakukan adalah untuk kemuliaan Allah Bapa. Apa yang DIA lakukan, kita mulai pembacaan dari ayat 5.

Mari kita simpulkan bagaimana kita mendapat promosi dari Allah:
1. Ketahuilah apa yang menjadi Tujuan Hidupmu. Apa panggilanmu?
2. Percayalah bahwa engkau aman di dalam Tuhan. Rasa aman ini yang sekarang dicari anak muda sampai mereka yang lansia.
3. Fokus kepada tugas yang diberikan kepadamu. 1Samuel 16:18. Engkau tidak akan pernah tahu siapa yang akan mempromosikan engkau, bahkan setelah direndahkan (baca ayat 11).
4. In order to go up, you need to go down. 1Petrus 5:6.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s