ALKITAB YANG HIDUP – Pdt. Victor Sumlang (Ibadah Raya 3 – Minggu, 14 Sep 2014)

Roma 11:3625385_105998062762307_6049001_n

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Tuhan adalah sumber segala-galanya. Semuanya adalah dari Dia dan bagi Dia. Demikiannya hal dengan Alkitab yang terdiri dari 39 kitab Perjajian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru, semua bersumber dari Tuhan Yesus. Sebab DIA adalah firman. Setiap kitab ditulis bukan berdasarkan buah pikiran manusia, melainkan dari ilham Roh Kudus. Marilah kita melihat beberapa kitab dan hubungannya dengan kekristenan.

  1. Kejadian

Kitab yang pertama adalah Kejadian. Kitab ini berisi tentang awal segala sesuatu. Awal dunia, awal manusia, awal alam semest, awal dosa dll. Dalam hubungannya dengan kekristenan kita ini berbicara tentang “Kelahiran Baru”. Untuk menjadi pengikut Yesus kita harus memulai dengan kelahiran baru.

  1. Keluaran

Kitab Keluaran berisi tentang keluarnya bangsa Israel dari Mesir dan perjalanan menuju tanah perjanjian yang dipenuhi dengan mujizat. Setelah mengalami kelahiran baru, kita harus memiliki kitab Keluaran yaitu hidup yang baru, meninggalkan Mesir yaitu kehidupan yang lama.

  1. Imamat

Kitab Imamat berbicara tentang pelayanan kepada Tuhan

1 Petrus 2:9  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

  1. Bilangan

Bilangan berisi tentang membilang/menghitung kembali jumlah bangsa Israel yang keluar dari Mesir. Ini memiliki arti dimana kita harus menghitung /memilah kembali berkat-berkat Tuhan yang kita alami. Ini berbicara tentang kesaksian. Saksikanlah berkat dan pertolongan Tuhan yang sudah kita alami.

 5. Ulangan

Kitab Ulangan mengulangi kisah tentang bangsa Israel. Ini berbicara tentang pengulangan hidup. Apa yang baik, yang  benar dan yang berkenan kepada Tuhan harus kita lakukan secara berulang-ulang.

 Ayub

Kitab Ayub berisi tentang kisah penderitaan Ayub. Anak Tuhan harus memiliki kitab Ayub yaitu penderitaan. Pengiringan kepada Tuhan tidak luput dari penderitaan, sebab inilah jalan salib yang kita tempuh.

 Mazmur adalah kitab sukacita, pujian dan penyembahan kepada Tuhan. Perhatikanlah! Setelah 42 pasal dalam kitab Ayub penuh dengan penderitaan, menghasilkan 150 pasal sukacita dan sorak-sorai. Percayalah jika malam makin pekat itu pertanda sebentar lagi fajar akan menyingsing. Di balik duka cita akan datang sukacita.

 Penutup

Pengalaman apa yang sedang Anda alami? Apapun yang terjadi jangan tinggalkan Tuhan. Tetaplah berpihak kepada Allah sebab bersamaNya kita akan keluar sebagai pemenang. Tuhan memberkati!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s