KUASA FIRMAN ALLAH – Pdt. Victor Sumlang (Ibadah Raya 2 – 14 September 2014)

 Amsal  13:1325385_105998062762307_6049001_n

Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya,  tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

 Kitab Amsal ditulis oleh raja Salomo. Seorang raja yang terkenal dengan hikmatnya. Tidak ada seorang raja sebelum dan sesudah dia yang sanggup menyamai kebijaksanaannya. Dalam kebijakannya ia menulis sebuah pesan kepada kita yaitu Amsal 13:13. Orang yang meremehkan firman akan menanggung akibatnya, sebaliknya orang yang taat kepada perintah akan menerima balasan. Jadi berkat atau kutuk yang kita alami tergantung ketaatan kita kepada firman Allah. Taat diberkati, tidak taat menerima akibatnya. Oleh sebab itu, jangan pernah meremehkan firman Allah. Sering kali kita meremehkan firman Alllah karena orang yang menyampaikannnya. Kita menerima firman Allah kalau yang menyampaikan adalah hamba Tuhan besar, tetapi kalau jemaat biasa kita tidak menerimannya. Ini adalah sikap meremehkan firman Allah. Seharusnya kita menerima firman Allah siapapun yang menyampaikannya. Bagaimanapun bentuknya baik itu merupakan janji berkat, nasehat bahkan teguran sekalipun kita harus menerimanya kalau itu firman Allah, sebab firman Allah adalah pribadi Allah sendiri. Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (bd. Yoh 1:14)

 Peran Firman Allah

Firman Allah diberikan kepada manusia agar manusia dapat berbuat baik.

2Tim 3:16, 17

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

 Melayani Tuhan

Salah satu bentuk kebaikan yang dapat dilakukan anak-anak Tuhan adalah melayani Yesus. Tuhan Yesus saat menjadi manusia menegaskan bahwa tujuan kedatanganNya yaitu melayani.

Markus 10:45

Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

 Itulah sebabnya  ketika Tuhan Yesus datang ke dunia ini, hari-hariNya dipenuhi dengan pelayanan. Ia berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa. Tuhan Yesus tidak pernah diam, Ia selalu aktif berjalan berkeliling untuk melayani umat manusia. (Lukas 8:1-3, Kis 10:38, Yoh 14:1-3, Yoh 9:4) Dalam Roma 16, kita dapat melihat orang-orang yang melayani, bahkan diantara mereka sampai menyerahkan nyawanya. Bagaimana dengan kita? Apakah kita hanya puas karena sudah selamat? Sebagai bentuk ucapan terima kasih atas keselamatan yang Tuhan berikan marilah kita melayani Tuhan. Apapun bidang pelayanan yang dapat kita kerjaka,kerjakanlah dengan baik mungkin karena itu adalah pelayanan kepada Tuhan.

 Berkat Melayani.

Dalam kitab Nehemia kita akan menemukan kisah tentang nabi Nehemia. Ia adalah seorang pemuda Ibrani yang ikut dalam pembuangan ke Babel. Ketika ada di negeri pembuangan ia mendapat jabatan sebagai pelayan minum raja. (Neh 1:11)

Suatu ketika, saat Nehemia sedang menyampaikan minuman kepada raja, ia kelihatan  sedih. Karena itulah raja menanyakan kepada Nehemia, apa gerangan yang menyebabkan Nehemia sedih.  Setelah memberikan jawaban kepada raja perihal kesedihannya, akhirnya raja menunjukan kepeduliannya kepada Nehemia. Raja berkata: “Jadi, apa yang kau inginkan?”(Neh 2:1-4)

 Kalau seorang raja di bumi dapat menunjukan kepeduliannya kepada pelayannya, apakah lagi raja di atas segala raja? Lebih dari raja Arthasasta, Tuhan Yesus yang kita layani, lebih peduli kepada kita. Sebab itu marilah kita melayani Tuhan dengan segenap hati kita, dengan sepenuh kekuatan kita, maka Tuhan sanggup memenuhi segala kebutuhan hidup kita. (Fil 4:19) Gbu_

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s