Berkat Atas Rumah Tangga – Pdt. Hani Paulus (Minggu 12 Okt 2014 – Ibadah Raya 3)

MAZMUR 128:1-6

T1M_0268_resize1

Ayat 1- Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!

Berkat atas rumah tangga yang terutama adalah Kebahagiaan. Kebahagiaan yang sejati selalu didapatkan dalam hubungan Tuhan karena Dialah Sang Arsitek Rumah Tangga. Diluar Tuhan, kebahagiaan hanyalah sebuah polesan. Kebahagiaan sejati diberikan kepada orang yang takut akan Tuhan dan yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan.

 Ayat 2 -Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

Rumah Tangga yang hidup yang takut akan Tuhan akan menikmati hasil dari, hidup berbahagia (happy = dalam perasaan dan pikiran) dan dalam keadaan baik dan sehat (3 Yohanes 1:2,3).

Ayat 3 – Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!

istri yang Takut akan Tuhan seperti pohon anggur yang subur, artinya istri menjadi kesukaan bagi suami dan anak-anak.

Anak yang takut akan Tuhan seperti tunas pohon zaitun. Anak-anak tetap menjadi berkat ditengah pengaruh dunia yang tercemar (Survive tidak terpengaruh, kejadian 8:11)

 Ayat 5,6 – Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu, dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel!

Takut akan Tuhan akan menjadikan kita dapat melihat kebahagiaan keluarga besar kita dimasa yang akan datang.

Bandingkan Ayat 1 dengan Ay.4

Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.

Kunci Utama dari Berkat Tuhan atas rumah tangga adalah Laki-laki yang Takut akan Tuhan. Mengapa BANYAK laki-laki yang tidak lagi Takut Akan Tuhan? Karena laki-laki mengalami krisis identitas dan Tujuan hidup.

 Krisis ini datang dari DOSA. Dosa menyebabkan manusia kehilangan identitas sejatinya yaitu menjadi seperti DIA. Kain kehilangan identitas Adam yang sejati dan membunuh Habel saudaranya hanya karena iri persembahan adiknya Habel diterima sedangkan persembahannya tidak.

Dosa juga menyebabkan manusia kehilangan pemahaman akan maksud Sejati Allah dlm Hidup mereka. Ketika Tujuan tidak diketahui, yang terjadi adalah penyalahgunaan hidup (inevitable). Satu-satunya cara adalah kembali kepada Allah dan Ia akan memperbaharui pemahaman kita melalui Roh Kudus.

Tujuan Tuhan untuk LAKI-LAKI

Amsal 19:21, Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.

Sifat dasar, rancangan dan kualitas laki-laki telah ditentukan /diputuskan oleh Allah dari semula sesuai dengan apa yang menurut DIA adalah yang terbaik untuk tujuan-tujuannya. Misalnya mengapa laki-laki lebih kuat, lebih logika/ berpikir, lebih siap, dll.

 Ada 3 hal yang utama dari Tujuan Tuhan ketika Ia menciptakan Adam sebagai Laki-laki

  1. PRIORITASNYA

Mengapa dia diciptakan lebih dahulu ? Allah merencanakan agar laki-laki menjadi Fondasi dalam sebuah keluarga.

Allah hanya menciptakan satu manusia saja. Ketika Dia menciptakan perempuan, Dia tidak membuatnya dari tanah lagi, tetapi dari bagian laki-laki (Rusuk dan daging Adam). Hanya Adam yang langsung berasal dari bumi, karena dirancang oleh Allah menjadi Fondasi keluarga manusia (Human Family). Perempuan berasal dari laki-laki bukan dari bumi supaya dirancang untuk bersandar pada laki-laki sebagai penopangnya.

 2.POSISINYA

Ketika Tuhan menciptakan Adam, Allah menaruh Adam di Eden. Eden adalah gambaran dari Hadirat Tuhan, dimana di tempat itulah Allah berjumpa dengan manusia. Diluar Hadirat Tuhan, Adam tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Tuhan tidak pernah bermaksud agar Adam keluar dari taman Eden, tetapi agar melalui Adam, Taman Eden / hadirat Tuhan bergerak memenuhi bumi.

 3.PENUGASANNYA

Minimal ada 6 penugasan yang Allah berikan kepada Adam / laki-laki

i.VISIONARY / VISI

ii.LEADER / PEMIMPIN

iii.TEACHER / GURU

iv.CULTIVATOR / PENGELOLA

v.PROVIDER / PENYEDIA

vi.PROTECTOR / PELINDUNG

 Melalui ke 3 hal ini, seorang Laki-Laki tidak akan lagi mengalami krisis identitas ataupun kesulitan untuk menemukan tujuan Hidup. Laki-laki seperti ini akan dapat hidup takut akan Tuhan dan menurut jalan yang ditunjukkan kepadanya._

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s