HIDUP ADALAH PERJUANGAN – Pdt. Johanes Tamburian (Minggu, 19 Okt 2014)

Ayub 7:1 

“Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan?

Hidup adalah sebuah perjuangan. Hari ke hari manusia terus berjuang melawan persoalan hidup. Mulai dari masalah jasmani yaitu: ekonomi, sandang, pangan dan papan hingga masalah-masalah yang bersifat rohani. Setiap orang memiliki perjuangan yang berbeda-beda, tergantung tingkat usia dan kebutuhan hidupnya.

PERJUANGAN MANA YANG HARUS DIPRIORITASKAN?

Diantara banyaknya perjuangan hidup yang dilakukan manusia, kita harus dapat menentukan perjuangan mana yang harus diprioritaskan. Jangan sampai salah menaruh prioritas, karena kita akan rugi pada akhirnya. Rasul Yudas memberikan peringatan akan sebuah perjuangan hidup.

Yudas 1:3.Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu TETAP BERJUANG untuk MEMPERTAHANKAN IMAN yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.

Mempertahankan iman harus menjadi perioritas hidup kita. Sebab iman kita akan menentukan kemenangan yang sesungguhnya. Keberhasilan kita dalam perjuangan jasmani tanpa iman adalah sebuah kegagalan.  Bagimana cara mepertahankan iman?

Dari kisah Daniel kita dapat belajar cara memperjuangkan iman agar tidak gugur di tengah tantangan.

  1. Daniel hidup dalam Roh

Dan 6:4 Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Apakah roh yang luar biasa yang dimiliki Daniel? Ini adalah Roh Kudus yang diam dalam diri Daniel. Roh Kuduslah yang membuat Daniel mampu mempertahankan imannya. Sekalipun diancam dengan kandang Singa, Daniel tidak gentar, ia tetap menyembah kepada Allahnya.

Sudahkah saudara dipenuhi Roh Kudus? Hiduplah dalam kepenuhan Roh Kudus, agar kita mampu bertahan di tengah ancaman sekalipun.

  1. Daniel hidup dalam DOA

Daniel  6:14

Lalu kata mereka kepada raja: “Daniel, salah seorang buangan dari Yehuda, tidak mengindahkan tuanku, ya raja, dan tidak mengindahkan larangan yang tuanku keluarkan, tetapi tiga kali sehari ia mengucapkan doanya.”

Daniel berdoa tiga kali sehari. Berapa kali kita berdoa dalam sehari? Jadikan doa penopang kehidupan agar kita mampu bertahan seperti Daniel.  Tanpa doa kita akan lemah dan mudah jatuh. Sebab itu marilah kita kembangkan kehidupan doa kita agar kita menjadi anak-anak Tuhan yang berdaya tahan yang mampu bertahan dalam tekanan sekalipun. Doa akan membuat kita kuat di dalam Tuhan.

  1. Tekun Beribadah

Yosua dan keluarga memilih untuk tetap beribadah kepada Tuhan sekalipun seluruh bangsa meninggalkan Tuhan.

Yosua 24:15

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

Bagaimana dengan ibadah kita? Apakah setia atau sering bolos? Setialah beribadah kepada Tuhan, sekalipun banyak persoalan hidup yang kita alami. Dalam ibadah kita akan mendapat kekuatan baru di dalam Tuhan.

Siapakah diantara Saudara yang sedang menghadapi perjuangan hidup? Hadapilah perjuangan hidup anda dengan kuasa Roh Kudus, doa dan ibadah, tentu anda akan keluar sebagai pemenang. Tuhan memberkati!!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s