ADA ALLAH DALAM PERGUMULANKU – Pdt. YUDHI H. MOERID – Tebet, Jaksel (Minggu, 26 Okt 2014)

YES 40:27-31

Bicara tentang pergumulan tidak ada orang yang tidak memiliki pergumulan/masalah, semua alami pergumulan. Ayub berkata: hidup itu peperangan/pergumulan. Beberapa orang menang dalam menghadapi pergumulan dan beberapa yang lain kalah dalam menghadapi pergumulan. Jika kita perhatikan tentang pergumulan, maka ada dua jenis pergumulan, yaitu:
a. Pergumulan yang terjadi karena kehendak Tuhan, seperti yang dialami Ayub
b. Pergumulan yang terjadi karena kesalahan kita.
Kadang-kadang Tuhan menggunakan pergumulan untuk memurnikan kita agar memiliki iman yang berkualitas. Pergumulan biasa Tuhan pakai untuk menumbuhkan otot-otot rohani kita dan mempertajam karakter kita yang baik.

Latar Belakang Kitab Yesaya

  • Kitab Yesaya ditulis ± 700 – 680 sM
  • Tema besar : hukuman dan keselamatan
  • Menyoroti tentang:
    – Serangan Kerajaan Asyur ke Israel Utara
    – Pembuangan Yehuda (kerajaan Selatan) ke Babel

Pembagian Pasal Kitab Yesaya
Dari 66 pasal kitab Yesaya, ada 3 bagian besar:
– Pasal 1 – 39 – pra pembuangan
– Pasal 40 – 55 – selama di Babel
– Pasal 56 – 66 – persiapan kembali ke Yerusalem (keselamatan)
Jika ayat pokok kita hari ini adalah pasal 40, maka latar belakang penulisan pasal ini adalah masa pembuangan di Babel. Dimana bangsa Yehuda menjadi orang-orang buangan atau tawanan bangsa Babel. Dengan kata lain bangsa Yehuda sedang mengalami masa hidup yang tidak menyenangkan.

Ayat 27
Mengapakah engkau berkata demikian, hai Yakub, dan berkata begini, hai Israel: “Hidupku tersembunyi dari TUHAN, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?”

Ayat ini adalah ungkapan umat Tuhan dimana hidup mereka tersembunyi dari Tuhan. Tuhan tidak sedang memperhatikan mereka.
Ø Hidupku tersembunyi dari Tuhan
TERSEMBUNYI – (Ibr) = Cathar (shaw-thar) = jauh; tertutup; terselubungi.

Ø Hakku tidak diperhatikan Tuhan
HAK – (Ibr) = Mispat (mish-pawt) = hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan; keharusan; selayaknya; sepatutnya
Dalam pembuangan di negeri musuh, Allah seolah-olah berdiam diri, menutup mataNya dan menyembunyikan wajahNya dari umatNya sendiri. Sungguh suatu keadaan yang berat yang dialami umat Tuhan.

Adakah diantara kita yang sedang mengalami keadaan yang sama? Seolah-olah Allah sedang menyembunyikan wajahNya dari kita. Kita merasa Allah berdiam diri dan tidak pedulikan kita? Jangan takut sebab tidak untuk selamanya Tuhan menyembunyikan diriNya, pada saatNya Dia akan datang menjumpai kita.

Ayat 29-30
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung.

Karena tekanan yang berat membuat bangsa Yehuda lemah tak berdaya. Apa yang mereka alami dalam jiwa mereka membuat fisik mereka menjadi lemah. Dalam bahasa Psikologi hal ini disebut Psikomatis. Orang-orang muda yang seharusnya menjadi pelopor, penuh semangat dan antusias, sekarang mereka lemah, lesu bahkan jatuh tersandung. Tidak ada lagi daya dalam diri mereka.

Ayat 28
Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.

Ditengah-tengah kondisi yang lemah, tanpa harapan, firman Allah datang melalui nabi Yesaya. Yesaya mengingatkan umat Tuhan agar ingat kepada Allah Israel. “Tidakkah kau tahu?” Tahu tentang apa? Tahu tentang siapa Allah Israel. Dalam ayat 28, nabi Yesaya mengingatkan tentang empat sifat kodrati Allah.

1. Allah kekal
Artinya Allah yang tidak pernah berubah, Allah tidak pernah berkurang kuasaNya dulu sekarang dan selamanya sebab Ia adalah Allah yang kekal. Jika dulu Allah pernah membelah laut Kolsom, memberikan manna di pandang gurun, Allah yang sama juga akan menolong Israel pada masa pembuangan. (Roma 1:20)

2. Allah pencipta
Di Babel bangsa Israel berhadapan dengan kerajaan yang penuh dengan dewa-dewi. Tetapi Yesaya ingatkan bahwa Allahmu adalah Allah pencipta, Ia lebih hebat dari para dewa-dewi yang ada di Babel. Dewa-dewi bukanlah pencipta dunia ini, tetapi Allah Israel-lah yang menciptakannya. Dengan kata lain Allahnya orang Israel mampu membuat yang tidak ada menjadi ada. (Yes.43:19)

3. Allah tidak menjadi lelah dan lesu
Artinya: Allah tidak bisa dikalahkan sebab Ia tidak pernah lesu atau lemah. Allah bukanlah manusia yang dapat mengalami kelemahan dan kelesuan. Selamanya Allah Israel hebat tak terkalahkan. (Yes. 40:26)

4. Allah yang tidak terduga pengertianNya
Jalan Tuhan adalah jalan keajaiban. PengertianNya tak terduga dan terpahami oleh otak manusia. Tuhan dapat melakukan apa yang tidak pernah dipikirkan manusia. Tuhan selalu memiliki banyak cara untuk menolong anak-anakNya. Roma 11:33

DAMPAK MENANTIKAN TUHAN
Ayat 31
tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.
Inilah hasilnya jika kita menantikan Tuhan, maka kita akan menerima: menerima kekuatan baru ; menambah semangat; berlari tidak menjadi lesu ; berjalan tidak menjadi lelah

Jemaat yang dikasihi Tuhan, apa yang sedang saudara alami? Ingatlah kepada Allah kita yang besar, Dia berkuasa, Tuhan sanggup menolong kita dan memulihkan keadaan kita. Tuhan memberkati!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s