MENYELAMATKAN GENERASI – Pdt. Joseph Priyono (Ibadah Raya 3 – Minggu, 16 Nov 2014)

Pdt. JosephPada Minggu, 9 November, Bapak Gembala sudah menyampaikan tentang “Memberitakan Injil Keselamatan” yang harus dimulai dari Yerusalem yaitu keluarga kita. Kemudian meluas ke Yudea, Samaria, hingga ke seluruh bumi. Pada kesempatan ini kita ingin melihat lebih dalam tentang keadaan Yerusalem kita.

Jika kita memperhatikan keadaan disekitar kita, maka kta melihat bahwa pada hari-hari ini anak-anak kita sedang digembalakan oleh media. Sadar atau tidak, media mulai dari hp, tab, gadget, fb, bbm, twiter, internet telah merubah perilaku anak-anak kita. Coba perhatikan, anak-anak kita bisa lupa dengan tugas mereka, tetapi tidak pernah lupa dengan hp mereka. Mereka bisa lupa makan, mandi, belajar karena asyik bermain game dalam gadget mereka. Bahkan di Jepang ada istilah “Hikikomori” yaitu orang-orang yang menjauhkan diri dari lingkungan sosial dengan mengurung diri di dalam kamar selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun dan hidup hanya dengan media. Jika kita sebagai orang tua tidak waspada, suatu kali kelak kita akan kehilangan mereka, seperti yang dialami gereja-gereja di Eropa, Amerika dan Australia.

Faktor Penyebab Gereja Kehilangan Generasi
1. Ketiadaan Roti di Rumah Roti – Rut 1 :1
Saat terjadi kelaparan di tanah Israel, keluarga Elimelekh pergi meninggalkan Betlehem menuju Moab. Mengapa? Karena tidak ada roti di rumah roti. Waspadalah jika anak-anak tidak pernah kenyang di dalam rumah, mereka akan pergi ke Moab/dunia. Berhati-hatilah karena dunia sedang menawarkan roti yang dibungkus dengan bungkusan yang menarik, indah tetapi dalamnya penuh dengan racun. Ketiadaan roti dalam rumah roti bukan hanya membuat anak-anak meninggalkan Betlehem, tapi menyebabkan mereka binasa dalam dosa (Rut 1: 5).

2. Ketidaktahuan Orang Tua akan Misi Allah – Lukas 2:49
Maria dan Yusuf kehilangan Yesus, kerena mereka tidak tahu tujuan Yesus datang ke dunia. Yesus harus ada di rumah BapaNya. Sadarkah kita bahwa Tuhan memiliki tujuan bagi setiap anak? Karena itu anak-anak harus memenuhi tujuan Allah yang menciptakannya, lebih dari sekedar memenuhi keinginan orang tuanya.

Tujuan Allah dalam anak-anak
– Menjadi keturunan Illahi (Mal 3:15)
Tujuan utama dari setiap anak yang lahir dari rahim perempuan adalah menjadi keturunan Illah yaitu manusia-manusia Allah yang memancarkan rupa dan gambar Allah.
– Bertunas seperti Zaitun (Maz 128:3)
Tunas zaitun bertumbuh lurus ke atas yang menggambarkan ke arah Tuhan yang di sorga. Anak-anak kita harus bertumbuh ke arah Kristus.

3. Hilangnya Rasa Hormat akan Allah (1Sam. 2:29)
Iman Eli lebih menghormati anak-anaknya dari pada Tuhan. Ia lebih takut kepada anak-anaknya sehingga menoleransi dosa yang mereka perbuat. Akibatnya anak-anaknya mati binasa. (1Sam 2:30-33) Jika orang tua tidak lagi menghormati Tuhan lebih dari segala-galanya, kelak kita akan kehilangan anak-anak(kehancuran generasi) . Oleh sebab itu mari kita kembali menghormati Tuhan, agar anugerah dan berkat Tuhan mengalir atas generasi yang akan datang.

4. Hilangnya Keteladanan (2Tim 1:5)
Anak-anak mungkin tidak selalu mendengarkan kata-kata kita, tetapi mereka akan selalu mengikuti kita. Lois tidak banyak bicara tetapi meninggalkan teladan iman kepada anaknya; Eunike kemudian diwarisi oleh cucunya, Timotius. Jadilah orang tua teladan, sehingga anak-anak tahu cara hidup yang benar dan berkenan kepada Allah.
Dunia menunjukkan keteladanan yang buruk, jika kita biarkan maka anak-anak kita akan hancur. Satu-satunya jalan menghindarkan kehancuran adalah memberi teladan hidup yang takut akan TUHAN. GBU, KJP.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s