Rahasia dibalik permintaan Doa Raja Daud – Ev. Andreas Santosa (Ibadah Raya 2, Minggu 23 November 2014)

Maz 27:4

Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.

Raja Daud meminta satu hal kepada Tuhan yaitu tinggal di rumah Tuhan bukan untuk sehari atau sebulan atau setahun tapi seumur hidupku. Beranikah kita meminta seperti Daud? Itulah sebabnya Daud bersukacita ketika orang mengajaknya ke Rumah Tuhan. (Maz 121:1)

Mengapa Daud ingin tinggal dalam rumah Tuhan? Karena di dalam rumah Tuhan raja Daud merasakan kemurahan Tuhan dan menikmati baitNya.

 Apa keistimewaan Rumah Tuhan sehingga Raja Duad rindu tinggal seumur hidupnya?A. Menyaksikan Kemurahan Tuhan.

Ketika raja Daud berada dalam rumah Tuhan, Ia menyaksikan kemurahan Tuhan. Raja Daud sadar bahwa semua yang Ia miliki adalah datang dari kemurahan Tuhan. Akibat dari kemurahan Tuhan yang ia alami membuat raja Daud :

  • Mengucap syukur/ terima kasih

Dalam rumah Allah raja Daud mengucap syukur atas segala berkat dan kebaikan Tuhan. Bagaiman dengan kita? Apakah kita menjadi orang kristen yang selalu mengucap syukur? Datanglah ke rumah Tuhan dan naikan syukur kepada Allah atas segala berkat-berkatNya.

  • Pujian kepada Tuhan

Bukan saja ucapkan syukur yang Daud berikan kepada Tuhan, tetapi di dalam rumah Allah Daud memuji-muji Tuhan karena segala berkat yang ia alami.

 B. Menikmati BaitNya

Dalam rumah Tuhan, raja Daud menikmati baitNya. Artinya raja Daud menikmati hadirat Tuhan. Apakah kita menikmati baitNya dalam gereja? Banyak anak Tuhan rajin datang ke gereja tetapi tidak menikmati baitNya. Ia datang hanya sebagai rutinitas atau sebagai kewajiban agama belaka. Itulah sebabnya orang tersebut tidak bertumbuh dalam Tuhan.

  • Apakah kita menikmati pujian saat di gereja?

Jika kedatangan kita ke gereja dengan motivasi yang benar yaitu menikmati hadirat Allah, maka apapun bentuk pujian yang dinyanyikan pasti akan memberkati kita. Banyak orang kristen tidak menikmati puji-pujian karena banyak menyalahkan keadaan.

  • Apakah kita bisa menikmati saat firman disampaikan?

Banyak anak Tuhan tidak bisa menikmati Firman Allah karena merasa pengkhotbahnya bukan gembala, sehingga kurang joss. Atau firmanNya kurang enak, terlalu keras, atau yang membawakan membosankan dan membuat ngantuk.

  • Apakah kita bisa merasakan saat Roh Kudus dicurahkan?

Ada gereja yang mengajarkan bahasa Roh. Ini salah, sebab orang tidak menikmati hadirat Roh Kudus, hanya mencari tanda kepenuhan Roh Kudus. Carilah pribadinya maka hadirat dan tandanya pasti kita nikmati.

Tinggal dalam Rumah Tuhan

  1. Kamu dalah Bait Allah (1 Kor 3:16)

Kalau diri kita adalah Bait Allah maka kita harus kudus karena Allah kudus. Kekudusan akan membuat kita selalu tinggal dalam hadiratNya.

  1. Selalu terhubung dengan Allah

1 Tim 6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.

Saat kita lahir tidak membawa apa-apa, demikian juga saat kita meninggal nanti. Oleh karena itu, yang utama bukan apa yang kita miliki melainkan hubungan kita dengan Allah. Semua yang kita miliki akan berakhir di bumi tetapi relasi dengan pribadiNya bersifat kekal sampai selama-lamanya. GBU.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s