TANDA-TANDA KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI – Pdt. JS. Minandar (Ibadah Raya-Minggu, 30 November 2014)

Matius 24 : 3-14

 

PENDAHULUAN

Tiga Minggu yang lalu kita sudah bahas Matius 24:14. Dimana sebelum Yesus datang untuk kedua kali,  seluruh dunia akan mendengar  Injil Kerajaan Allah. Tetapi sebelum Injil Kerajaan Allah diberitakan ke seluruh dunia, akan terjadi tanda-tanda yang mendahuluinya, antara lain:

  • Muncul Ajaran Sesat, ayat 5

Gejala ini sudah muncul. Kita lihat disekitar kita banyak penyesatan sedang terjadi baik di luar gereja maupun di dalam gereja sendiri.

  • Deru dan Kabar Perang, ayat 6

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, saat ini kita hanya mendengar tentang deru perang. Melalui berita di televesi kita dapat menyaksikan deru perang diberbagai belahan dunia. Keadaan ini dimulai sejak perang dunia pertama, kemudian dilanjutkan perang dunia kedua hingga saat ini kabar perang dan deru perang masih terdengar.

  • Aniaya Kepada Pengikut Yesus, ayat 9

Saya senang sebab Tuhan Yesus tidak hanya menyampaikan kabar berkat, tetapi juga memberitakan aniaya. Dibeberapa Negara, kekristenan mengalami tantangan aniaya dari kelompok-kelompok radikal yang tidak suka kepada kekristenan.

  • Orang-orang menjadi murtad, ayat 10

1Yoh 2:18  Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

Saya dapat pastikan bahwa yang dimaksud oleh rasul Yohanes tentang seorang antikristus, yaitu oknum antikristus saat ini belum muncul. Sekarang telah bangkit banyak antikristus. Ini adalah orang-orang yang hatinya dikuasi oleh roh antikristus. Dari mana mereka berasal? Lihat ayat 19 : “Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita,…” Jadi orang-orang yang murtad dahulu mereka berasal dari kita tetapi tidak sungguh-sungguh.

Bila kita hanya mempelajari tanda-tanda kedatangan Yesus kedua kali berdasarkan Matius pasal 24, kita hanya tahu tanda-tandanya saja tetapi tidak dapat mengetahui tanda apakah yang sedang terjadi sekarang ini. Tetapi, bila kita pelajari tanda-tanda kedatangan Yesus kedua kali berdasarkan kitab Wahyu fasal 6 s/d fasal 9 tentang:

  • Pembukaan 7 Meterai Allah
  • Peniupan 7 Sangkakala Allah, dan…
  • Pencurahan 7 Cawan Murka Allah

Kita bisa melihat berbagai peristiwa yang terjadi sekarang (hari-hari ini), dalam kaitannya dengan tanda-tanda Kedatangan Yesus kedua kali. Sehingga kalau kita cocokkan dan hubungkan tanda-tanda kedatangan Yesus kedua kali dengan peristiwa yang terjadi sekarang, kira-kira kita sedang menggenapi tanda zaman seperti apa atau meterai ke berapa?

GAMBAR

 kronologi akhir zaman

Keterangan gambar

Garis lurus datar adalah gambaran tentang rentang waktu.

Gambar salib adalah saat Tuhan Yesus mati di atas kayu salib.

Garis panah putus-putus ke atas adalah saat dimulainya pemerintahan Antikristus.

Garis lurus terakhir adalah tanda kedatangan Tuhan Yesus kedua kali.

Menjelang kedatangan Tuhan Yesus akan didahului berbagai peristiwa yaitu:

  • Pembukaan Meterai

Meterai adalah sebuah gulungan kitab yang belum dibuka karena masih termeterai. Menjelang kedatangan Yesus kedua kali meterai-meterai ini akan dibuka oleh Tuhan. Mula-mula dimulai dengan pembukaan meterai pertama, kemudian disusul meterai ke 2, 3, 4, 5, 6. Pada pembukaan meterai keenam tidak langsung disusul dengan pembukaan meterai ketujuh, tetapi akan terjadi lebih dahulu yaitu pemisahan gereja. Pada peristiwa ini gereja akan dibagi dua yaitu gereja yang sempurna dan gereja yang tidak sempurna. Setelah itu barulah dilanjutkan pembukaan meterai yang ketujuh. Setelah pembukaan meterai berakhir akan disusul dengan peniupan sangkakala 1,2,3,4,5,6 dan 7.

  • Peniupan Sangkakala

Setelah ketujuh meterai dibuka oleh Tuhan, akan dilanjutkan dengan peniupan sangkakala 1, 2 dan 3. Pada peniupan sangkakala ke 4, saat itulah dimulainya pemerintahan antikristus. Bersamaan dengan hal itu gereja yang sempurna akan disingkirkan ke padang gurun (wahyu 12:6,14), sedangkan gereja yang tidak sempurna akan tertinggal di bumi dan akan menghadapi pemerintahan antikristus. Selama pemerintahan antikristus 3,5 th, akan terjadi peniupan sangkakala 5, 6 dan 7.

  • Pencurahan Cawan Penghukuman

Selesainya peniupan ketujuh sangkakala, Allah akan mencurahkan 7 cawan penghukuman ke muka bumi sebagai bentuk penghukuman kepada penduduk bumi. Kemudian akan terjadi pengangkatan seluruh orang percaya ke angkasa untuk menyongsong Tuhan di angkasa, akhirnya turun bersama-sama dengan Tuhan ke bumi, memerintah dalam kerajaan 1000 tahun damai.

 

METERAI ke IV – MAUT DAN KEMATIAN

 Wahyu 6:7-8  

Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: “Mari!” Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

Meterai ke IV ketika dibuka, wujudnya ialah: seekor kuda berwarna:  “HIJAU KUNING”

  • Kuda adalah lambang kuasa/kekuatan, yang terus bergerak sampai pada puncak penggenapannya.
  • Warna hijau dan kuning, bila dicampur menghasilkan warna abu-abu (pucat).

Jadi arti atau penggenapan Meterai Keempat ialah berupa bencana atau malapetaka berupa maut atau kematian yang melanda penduduk dunia akibat:

Meterai II : Kuda Merah à Perang

Meterai III: Kuda Hitam à Kelaparan

Meterai IV: Kuda Hijau Kuning à Sampar

 Sejak zaman dulu, dunia berulang kali dilanda sampar (wabah penyakit), misalnya: Malaria, Kolera, Cacar, T.B.C, Flu Burung, dan masih banyak penyakit menular lainnya. Tetapi penyakit di atas, sudah dianggap bukan penyakit yang berbahaya lagi, sebab: manusia telah menemukan obat, bahkan serum penyakit tsb., sehingga kita bisa menerima kekebalan terhadap penyakit-penyakit di atas.

 Namun dalam beberapa dekade ini, telah mewabah virus HIV sebagai penyebab penyakit AIDS yang sampai sekarang belum ditemukan obat maupun serum untuk menanggulangi penyakit tsb.

Para pakar menyebut fenomena penyakit ini seperti gunung esterlihat kecil puncaknya, tetapi penyebaran dan jumlah orang yang terjangkit virus ini yang berlanjut dengan penyakit AIDS sangat besar jumlahnya. Belum selesai tragedi penyakit ini akhir-akhir ini muncul virus: “EBOLA”.

Perkembangan yang paling aktual, menyatakan bahwa orang yang terinfeksi dan positif mengidap penyakit ini, jumlahnya semakin tak terkendali. Apabila wabah ini tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan semua klinik dan rumah sakit akan dipenuhi oleh orang yang mengidap penyakit Aids.

 Norwegian Academy Of Siences

Menyusun urut-urutan penyebab kasus kematian yang dialami manusia, sbb.:

  1. Akibat pola makan yang berubah
  2. Tembakau
  3. Alkohol
  4. Infeksi
  5. Toxin
  6. Kekerasan
  7. Perilaku seksual
  8. Kecelakaan
  9. Obat-obatan (Narkoba)

Pada awalnya pola makan, tembakau dll. menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian manusia. Tetapi di akhir zaman urutan di atas telah berubah. Perilaku sexual dan penyalahgunaan obat-obatan menempati ranking atas.

Penutup     

Mazmur 91:5-7

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang. Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.

 Inilah jaminan Tuhan, semua yang difirmankan pasti akan digenapi, bahkan hari-hari ini hal itu sudah mulai digenapi.  Epedemi HIV Aids dan Ebola terus bergerak tetapi orang-orang yang percaya kepada Tuhan akan terlindungi. Amin.GBU!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s