METERAI KELIMA – Pdt. JS. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 7 Desember 2014)

Wahyu 6:9-11

Mengawali pembahasan kita tentang tanda-tanda kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali khususnya meterai kelima mari kita perhatikan gambar berikut ini. :

meterai kelima

PENDAHULUAN
Setelah Meterai IV dibuka, yang wujudnya maut atau kematian, melanda penduduk dunia akibat sampar, wabah penyakit atau epidemik. Kemudian Anak Domba, yaitu Tuhan Yesus Kristus membuka Meterai V, yaitu: “ANIAYA TERHADAP PENGIKUT YESUS”. Mengapa ada aniaya terhadap pengikut Kristus? Perhatikan kembali Matius 24:14; “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Ada tiga reaksi yang terjadi pada waktu Injil Kerajaan Allah diberitakan:
1. Ada yang menjadi percaya kepada Yesus.
Bagi mereka yang membuka hati bagi berita Injil, akan menjadi anak-anak Allah dan memperoleh karuni keselamatan. Ini adalah golongan orang-orang yang percaya.
2. Ada yang acuh / tidak peduli
Sebagian lagi tidak mempedulikan berita Injil. Kelompok ini adalah orang-orang yang masa bodoh dengan berita keselamatan.
3. Ada yang marah
Kelompok yang ketiga akan bereaksi dengan cara melakukan perlawanan terhadap orang yang percaya kepada Yesus, yaitu kepada:
v Orang percaya yang sudah lama menjadi Kristen, atau
v Orang percaya yang baru, seperti yang dikisahkan dalam Kisah Rasul 18, dimana orang-orang yang baru percaya kepada Yesus mendapat perlawanan, tekanan bahkan aniaya.

FIRMAN ALLAH DIGENAPI
Pada saat inilah akan digenapi apa yang Yesus katakan, tentang hal-hal yang akan terjadi menjelang kedatangan Yesus kedua kali:
Matius 24:9
“Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku.
Inilah konsekwensi mengikut Yesus. Kita tidak bisa menghindarkan diri dari aniaya, bahkan hingga mati dibunuh. Semua yang difirmankan Tuhan pasti akan digenapi, bahkan sekarang hal inipun sudah mulai dibuka. Dibeberapa tempat kita menyaksikan gereja ditekan dan anak-anak Tuhan alami aniaya. Oleh sebab itu, saya berpesan: Jika aniaya datang biarlah iman kita tetap teguh. Ingatlah: “Sekali Yesus tetap Yesus”. Amin….!

Matius 22:14
“Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”
Aniaya akan membuktikan berapa banyak diantara kita yang masuk sebagai orang-orang yang dipilih oleh Tuhan. Jangan puas hanya menjadi orang dipanggil, tetapi pastikan kita juga adalah orang-orang yang dipilih Allah. Amin?!

Markus 10:31
“Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”
Aniaya akan membuat orang-orang kristen yang lama akan tertinggal dibelakang karena mereka tidak siap menghadapi aniaya. Sebaliknya akan muncul orang-orang percaya baru yang militan, berani mati sehingga mereka menggeser posisi orang-orang percaya yang terdahulu. Oleh karena itu genaplah firman Tuhan ini: terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

PENGANIAYA MULAI NYATA
Jika kita memperhatikan apa yang terjadi di dunia saat ini, maka kita melihat bahwa meterai kelima ini sudah mulai dibuka. Kita memang belum sepenuhnya mengalami pembukaan meterai kelima, namun kita sedang memasuki pintu gerbang meterai kelima. Beberapa aniaya yang dapat kita pelajari yaitu:
1. Aniaya Secara Fisik
Di Nigeria ada sebuah kelompok radikal yang bernama “BOKOHARAM”. Kelompok ini dimulai di Niegeria dan bergerak ke negara-negara di sekitarnya. Target utama dari kelompok ini adalah para pengikut Kristus. Dengan berbagai kekerasan mereka mengejar, menyandera dan membunuh anak-anak Tuhan di Nigeria.
Kelompok radikal lain yang kita kenal adalah: ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Dimulai di Iraq dan Siria, sebagian Yordania dan Libanon. Target utama ISIS adalah pengikut Kristus dan Islam pro Barat.

2. Aniaya Secara Mental (Jiwa)
Penganiayaan secara mental dirasakan bagi pengikut Kristus yang berada di negara yang jumlah pengikut Kristus-nya minoritas. Mereka alami tekanan mental karena perlakuan tidak adil.

3. Aniaya Secara Rohani
Orang percaya (Hamba-hamba Tuhan) yang berpegang kepada firman Allah yang benar, roh mereka mengalami aniaya ketika nilai-nilai firman Allah secara masal dan terbuka dilecehkan dan diinjak-injak. Antara lain:
· Legalisasi Pernikahan Sejenis.
Ini pelecehan firman ALLAH. Tuhan hanya menciptakan laki-laki dan perempuan untuk menjadi suami istri. Diluar itu adalah DOSA, tetapi ada pendeta/gereja yang mengijinkan pernikahan sejenis, laki-laki dengan laki-laki, wanita dengan wanita. Ini adalah kejahatan besar di mata Tuhan.
· Ajaran yang kompromistis
Sikap kompromi terhadap firman Allah merupakan penganiayaan rohani, karena itu merupakan tindakan dosa. Kita harus hidup di dalam kebenaran firman Allah yang murni.
1Kor 6:9-10
Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
· Penolakan Karya Yesus
Seiring dengan perkembangan seperti ini, maka Ajaran Sesat dan Guru-Guru Palsu semakin marak dan merajalela. Akibatnya banyak orang akan menolak karya Yesus di kayu salib. Bahkan ada gereja yang mengajarkan bahwa Yesus bukanlah satu-satunya jalan keselamakan melainkan Yesus adalah salah satu jalan keselamatan. Ini sesat!, sebab tidak ada jalan keselamatan diluar Yesus Kristus.

PEGANG NASIHAT TUHAN YESUS
Orang percaya yang berpegang kepada firman Allah yang benar akan diburu untuk dianiaya. Tetapi peganglah firman Allah:

Matius 24:13
“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”
Hanya orang-orang yang bertahan yang akan diselamatkan. Jika kita gagal mempertahankan iman saat aniaya datang kita akan binasa.

Wahyu 13:9,10
“Barangsiapa ditentukan untuk ditawan, ia akan ditawan; barangsiapa ditentukan untuk dibunuh dengan pedang, ia harus dibunuh dengan pedang. Yang penting di sini ialah ketabahan dan iman orang-orang kudus.
Kita tidak bisa menghindari aniaya, karena itu adalah kehendak Tuhan. Jika memang Tuhan mengijinkan kita mengalami aniaya, tabahkanlah imammu dan tetaplah percaya kepada Tuhan bahwa sekali Yesus tetap Yesus. Amin!

YANG TIDAK BERTAHAN
I Yohanes 2:18
“Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.”

Dari ayat ini ada dua hal yang perlu kita cermati:
· Seorang antikristus ini bicara tentang oknum antikristus. Sampai saat ini oknumnya belum muncul.
· Banyak antikristus ini bicara tentang pengikut antikristus yaitu orang-orang yang hidupnya dikuasai oleh roh antikristus.

Dari mana asal dan latar belakang mereka?
I Yohanes 2:19
“Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita, sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.”

Jadi dari ayat ini kita tahu bahwa antikristus berasal dari antara kita (jemaat). Mengapa bisa menjadi antikristus?
· Tidak sungguh-sungguh, I Yoh 2:19.
· Tidak punya daya tahan, Mat. 24:13.

Penutup
Jemaat yang dikasihi Tuhan, saat ini kita sedang berada di pintu gerbang meterai kelima, dan terus akan dibuka hingga mencapai kesempurnaannya. Oleh sebab itu, bersungguh-sungguhlah dalam pengiringan kita kepada Tuhan agar kita tetap kuat, berdaya tahan ditengah aniaya apapun. Tuhan memberkati!!

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s