MENYONGSONG TAHUN BARU 2015-Pdt. Joseph Priyono (Ibadah Raya 3-Minggu, 28 Des 2014)

Yosua 1 : 6-9

Pendahuluan
Beberapa hari lagi kita memasuki tahun baru 2015. Sebelum kita memasuki tahun 2015, marilah kita melihat pesan firman Tuhan sebagai bekal masuk tahun 2015. Kitab Yosua mengisahkan persiapan bangsa Israel memasuki tanah perjanjian. Setelah Musa meninggal, Yosua ditunjuk Allah untuk menggantikan Musa. Ini adalah tugas berat bagi Yosua karena ia harus memimpin bangsa Israel yang tegar tengkuk. Selain itu, Yosua dan bangsa Israel akan menghadapi bangsa-bangsa Kanaan termasuk bangsa Enak yang perawakannya seperti raksasa.

Antara HARAPAN dan TANTANGAN
Satu sisi tanah Kanaan menjanjikan harapan bagi bangsa Israel karena melimpah susu dan madunya. Disisi yang lain ada tantangan yang akan dihadapi yaitu peperangan melawan bangsa-bangsa yang diam di Kanaan. Demikian juga tahun baru 2015, tidak hanya menjanjikan berkat dan kemudahan, namun ada tantangan dan kesulitan.

Pesan Tuhan memasuki TAHUN BARU 2015?
Marilah kita melihat pesan Tuhan yang disampaikan melalui Yosua bagi bangsa Israel.
1. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu – (ay. 6,7,9)
Sebuah sikap hati yang kuat, kokoh dan tidak mudah goyah oleh apapun. Sebuah sikap hati yang berani menghadapi tantangan, yang tidak mudah menyerah.

MENGAPA PERLU menguatkan dan meneguhkan hati ?
a. HATI adalah sumber kehidupan (Amsal 4:23)
Jika hati kita tidak memancarkan kehidupan, maka hati kita akan memancarkan kematian. Hati manusia adalah sumber. Apa yang nampak diluar bersumber dari dalam, Luk. 6:45 .

b. Kekuatan manusia bukan pada ototnya tetapi pada hati (Ams 24:10, 2Kor 4:16)
Yang terjadi di dalam hati lebih penting ketimbang terjadi diluar. Segala yang diluar, yang jasmani bisa merosot namun kita akan tetap kuat jika hati kita teguh. Contohnya adalah tantangan Goliat kepada bangsa Israel. Belum juga berperang namun bangsa Israel sudah ketakutan karena hati mereka goyah. Demikian juga kisah 12 pengintai. Baru melihat bangsa Enak mereka sudah ketakutan. Sebaliknya kisah Ayub dan Yusuf, memberikan pelajaran positif, sekalipun yang jasmani merosot, namun hati mereka tetap teguh sehingga keluar sebagai pemenang.

2. FOKUS PADA JANJI TUHAN, Ay. 6b.
Keberhasilan Yosua dan bangsa Israel memasuki Kanaan ditentukan karena mereka fokus kepada janji Tuhan. Mereka percaya bahwa Tuhan yang berjanji adalah setia dan menepati janjinya. Baca Mazmur 12:7 ; Bilangan 23:19

3. HIDUP DALAM KETAATAN, Ay. 6b.
Kuasa kerajaan bekerja ketika dijalankan sesuai dengan PROSEDUR ALLAH. Firman Tuhan adalah prosedur kehidupan untuk menjalankan kuasa kerajaan Allah. Contoh: menabur akan menuai; memberi akan diberi; mengampuni akan diampuni; hidup benar diberkati; hidup dalam dosa menerima hukuman.

4. MEMPERKATAKAN FIRMAN ALLAH, Ay. 8
Mengapa perlu memperkatakan Firman Allah?
a. Hidup-Mati seseorang ditentukan oleh Perkataannya (Ams 18:21, Ams 21 : 23)
Perkataan kita mengandung kuasa, apakah akan mengidupkan seseorang atau sebaliknya perkataan kita justru membunuh seseorang. Oleh karena firman Tuhan anjurkan agar memperkatakan Taurat Tuhan agar perkataan kita memberkati orang.
b. Tuhan melakukan sesuai dengan perkataan kita (Bilangan 14:28 , Mark. 7:29 )

5. PERCAYALAH AKAN PENYERTAAN ALLAH, ay. 9c
Bukan sekedar KEMANA kita berjalan, tetapi BERSAMA SIAPA kita melangkah. Percayalah bahwa Tuhan akan menyertai kita memasuki tahun 2015. (2Raja 6:16 , Mazmur 60:14, Yesaya 41:10)

Sekali lagi berjalan bersama Tuhan, tidak akan membebaskan kita dari persoalan dan kesulitan. Namun bersama Tuhan semua masalahdan persoalan dapat diatasi, semua kesulitan diselesaikan. Karena itu sosonglah Tahun 2015 yang penuh berkat dan kemenangan bersama dengan Tuhan Yesus Kristus. Haleluya!! KJP.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s