MEMAHAMI KITAB YANG TERMETERAI – Ev. Stevanus Suwanto (Ibadah Raya 1 – Minggu, 11 Januari 2015)

Yesaya 29:11-14om poseng

Jika kita menyaksikan televisi pada hari-hari ini, kita akan melihat upaya tim SAR gabungan untuk mengevakuasi  pesawat Air Asia yang jatuh di perairan selat Karimata. Selain mencari jasad para korban, pencarian juga difokuskan kepada kotak hitam pesawat Air Asia. Kotak hitam ini sangat penting, karena berisi rekaman penerbangan sehingga dapat mengungkap sebab musabab kecelakan pesawat Air Asia.

Berbeda dengan ayat yang kita baca saat ini, Yesaya melihat seperti kitab yang bermeterai. Disebutkan dengan jelas bahwa jika kitab ini diberikan kepada orang yang bisa membaca maka ia tidak bisa membacanya karena masih termeterai.  Yesaya memberi pengertian bahwa jika kita ingin mengerti isi kitab itu, kita tidak bisa membacanya, sekalipun orang tersebut sudah belajar membaca, apalagi bagi orang yang tidak bisa membaca.

Bagi orang dunia, kitab itu termeterai tapi tidak bagi kita. Kita punya hak untuk mengetahui rencana-rencana Allah bukan saja saat di dunia ini tapi sampai kepada kekekalan. Allah berfirman jika bumi ini rusak Allah akan membentuk langit dan bumi yang baru. Untuk mengetahui rencana Allah, kita harus memiliki hati yang cinta akan Tuhan.

Hati Yang Cinta Akan Tuhan.Wahyu 5:1-5

Karena tidak ada yang bisa membaca gulugan kitab ini, Yohanes menangis dengan sangat. Yohanes orang yang dekat dengan Yesus, tapi saat tidak mengerti ia menangis tersedu-sedu. Kalau kita tidak bisa mengerti Firman Allah saat mendengar, apakah kita menangis? Kalau pendekatan kita kepada Allah hanya dengan bibir/mulut, seperti yang dilakukan oleh orang-orang Israel, kita akan kehilangan hikmat. Kita tidak akan dapat memahami firmanNya. Semuanya seperti kitab yang termeterai bagi kita. Memahami kitab yang termeterai bukan soal kecerdasaan pikiran tetapi soal hati. Oleh karena itu, hanya hati yang cinta kepada Allah yang dapat memahami isi kitab yang termeterai itu. Mengapa demikian? Sebab satu-satunya pribadi yang dapat membuka gulungan kitab itu adalah Yesus, Singa dari Yehuda, (Wahyu 5:5). Kalau hati kita mengasihi Tuhan, Tuhan akan mengerjakan perkara-perkara yang indah dalam hidup kita melalui kebenaran firmanNya.

 

Bergaul Karib dengan Tuhan – Maz 25:12-14

Ayat 14 : TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Jika kita hidup dekat dengan Tuhan, menjalin pergaulan dengan Tuhan, Allah berjanji akan memberitahukan rahasia firmanNya kepada kita. Tidak ada hal yang tersembunyi bagi orang-orang yang bergaul karib dengan Tuhan. Masa depan, hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari akan diberitahukan kepada anak-anakNya sebelum semuanya terjadi.

 

Hidup Setia dan Suci

Mazmur 18:26, 27

Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela, terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.

Diperlukan kesucian hati untuk mengetahui rahasia firman Tuhan. Tanpa kesucian, firman Tuhan akan tetap menjadi sebuah kitab yang termeterai. Semakin suci hidup kita akan semakin banyak firman yang dibukakan kepada kita. Oleh karena itu, di tahun 2015 ini, marilah kita tingkatkan kesucian hidup kita agar semakin banyak rahasia firman Tuhan yang dibukakan bagi gerejaNya. Hormati Tuhan dan cintailah DIA selamanya. Tuhan memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s