Mempertajam  HIDUP – Pdt. Joseph Priyono (Ibadah Raya 2 – Minggu, 11 Januari 2015)

Pdt. JosephPeng 10 :10

Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.

Pendahuluan

Tahun 2015, dicanangkan Gembala sebagai tahun kerja. Artinya tahun ini adalah tahun pelayanan bagi GPdI Mahanaim. Agar pelayanan lebih efektif dan efesian maka kita perlu mempertajam hidup kita. Keberhasilan dalam hidup ini, bukan ditentukan seberapa besar dan kuat tenaga yang kita miliki, tetapi seberapa sering kita mengasah hidup kita. Semakin diasah semakin tajam hidp kita dengan sendirinya hasilnya pun akan semakin banyak. Sebaliknya jika hidup kita tumpul, orang akan memperbesar tenaga dan hasilnya pun menjadi menurun. Oleh sebab itu, pada Minggu kedua tahun ini, marilah kita mempertajam hidup kita. Apa yang perlu kita asah dalam hidup ini?

MATA

Seluruh aspek hidup kita ini selayaknya harus terus dipertajam, agar kita hidup makin efektif. Namun di pagi hari ini saya mengajak kita semua untuk belajar mepertajam penglihatan kita yaitu MATA.

Mengapa Mata perlu dipertajam?

  1. Mata berbicara TUJUAN hidup/VISI.

Amsal 4:25 

Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.

Mata kita harus dipertajam karena mata berbicara visi atau tujuan hidup. Myles Munroe berkata: Tragedi kehidupan bukanlah kematian tetapi hidup tanpa tujuan. Sebuah tragedi kalau ada orang yang dilahirkan di dunia tetapi tidak mengerti untuk apa ia dilahirkan. Oleh karena itu, mata kita perlu dipertajam agar memiliki tujuan hidup yang jelas.

Pentingnya Tujuan Hidup/VISI

a) Visi adalah KUASA

Orang-orang rela membayar harga yang mahal karena memiliki tujuan hidup yang jelas. Orang tua rela kerja keras banting tulang siang dan malam karena ingin mensejahterakan keluarganya. Visi akan melahirkan kuasa dalam diri seseorang. Contoh:

  • YUSUF

Yusuf rela alami berbagai penderitaan karena mimpinya menjadi seorang pemimpin. Ia tidak pernah menyerah dengan tantangan yang dihadir karena memiliki mimpi yang jelas.

  • Martin Luther King Jr.

Meninggal 4 April 1968, jam 19.05 ditembak oleh James Earl Ray, karena memperjuangan persamaan hak di Amerika, antara orang berkulit putih dan berkulit hitam.

 b) Visi adalah kompas

Impian akan menjadi petunjuk arah mencapai tujuan hidup. Dengan memiliki visi kita akan terhindar dari kebingungan karena memiliki arah yang jelas untuk mencapai tujuan.

c) Mimpi membangun POTENSI

Tujuan hidup yang kita miliki akan membangun potensi yang tersimpan dalam diri kita.

APAKAH TUJUAN HIDUP KITA?

Banyak orang memiliki tujuan untuk menjadi kaya, sukes dan terkenal. Tetapi apakah semua tujuan tersebut menjadi tujuan Tuhan menciptakan kita? Ada tiga tujuan yang harus kita ketahui saat Tuhan menciptakan kita.

  • Memenuhi Panggilan Sorgawi (Filipi 3:14)

Tujuan utama dalam hidup kita adalah memenuhi panggilan sorgawi. Apapaun yang kita kerjakan seharusnya terhubung dengan panggillan sorgawi.

Contoh :

  • Petrus dan Andreas – Matius 4:19,20

Petrus dan Andreas sadar tujuan hidupnya memenuhi panggilan sorgawi, sebab itu sejak pertama mereka dengar panggilan sorga dari Tuhan Yesus, segera mereka meninggalkan jalanya dan mengikuti Yesus.

  • Orang Muda yang Kaya – Mat 19:21,22

Berbeda dengan Petrus dan Andreas, orang muda yang kaya ini justru menghindari panggilan sorgawi karena pandangannya tertuju kepada harta kekayaan duniawi.

  • Melakukan Kehendak BAPA

Yohanes 4: 34

MakananKu ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya.”

Yohanes 6: 38

“Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukankehendakKu, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang  telah mengutus Aku.” 

Tujuan kedua dari hidup kita adalah melakukan kehendak Bapa. Setiap orang seharusnya sadar bahwa kehadiran kita di dunia ini bukan kehendak kedua orangtua kita tetapi kehendak Tuhan. Oleh sebab itu, tujuan hidup kita harus melakukan kehendak Tuhan bukan kehendak kita atau orang tua kita.

Dalam Alkitab ada banyak contoh orang-orang yang melakukan kehendak Tuhan, yaitu:

  • Musa – Ibrani 11 : 24-26 – Bagi Musa lebih baik menderita dengan umat Allah karena itu adalah kehendak Allah.
  • Ester – Est 4:16 – Ester rela mati bagi umat Allah karena itulah kehendak Allah dalam hidupnya.

Apakah semua yang kita lakukan adalah kehendak Allah atau kehendak dan ambisi pribadi? Lakukanlah kehendak Allah dalam hidup anda.

  • Bekerja dan memberi Buah – Filipi 1:22

Tujuan hidup kita di dunia ini adalah memberi buah. Jadi jika kita masih hidup di tahun 2015, itu berarti kita harus mengeluarkan buah kehidupan yang menyenangkan hati Allah.

2. Mata adalah Pelita Kehidupan – Mat 6:22, 23

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Contoh :

  • Hawa – 3:6

Hawa jatuh dalam dosa dimulai dari matanya.

  • Lot – Kej. 13:10,11

Lot hanya melihat yang didepan mata, akibatnya ia binasa bersama penduduk Sodom dan Gomora.

  • Rut 1:1,2

Elimelekh salah melihat Moab, akibatnya ia mati di Moab bersama kedua anaknya.

MEMPERTAJAM PENGLIHATAN KITA

  1. Keluarkan Penghalang di mata kita – Mat 7:5

Balok yang di mata kita kadang menghalangi penglihatan kita sehingga kita melihat dengan cara yang salah. Balok itu mungkin adalah kebencian. Kalau seseorang sudah benci, maka apapun yang diperbuat orang lain selalu salah dipandangannya. Selain kebencian balok yang dapat menghalangi pandangan kita ialah iri hati, kekecewaaan, egoisme dan dosa. Oleh sebab itu, buanglah semua balok tersebut agar kita dapat melihat segala sesuatu dengan jernih dan benar.

  1. Pandanglah Gambaran Besarnya bukan bagian demi bagian

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Dengan melihat gambaran besar yang Allah rencanakan/kerjakan dalam hidup kita, maka kita akan mengerti bahwa semua kejadian buruk, penderitaan, sakit, kegagalan dll dimaksudkan Allah untuk melakukan kebaikan bagi kita.

  1. Pandanglah Melampaui yang dilihat Mata kita.

1Raja-raja 18:44

Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: “Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut.” Lalu kata Elia: “Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan.”

Jangan hanya melihat yang di depan mata, lihatlah melampaui yang anda lihat, bahwa dibalik semua yang kita alami ada Tuhan yang besar dan berkuasa menolong kita. Oleh sebab itu pertajam hidup kita dan melihat apa yang tidak dilihat oleh mata kita. Tuhan memberkati. GBU – KJP

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s