KESEMPATAN – Pdt. JS. Minandar (Ibadah Raya – Minggu, 15 Maret 2015)

2 Petrus 3:14-15

II Petrus 3:14,15

“Sebab itu, Saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tidak bercacat dan tidak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia. Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

PENDAHULUAN

Dalam II Petrus 3:1-16, Rasul Petrus sedang membahas tentang “Kedatangan Yesus Kedua Kali.” Pada saat datang kedua kali, Tuhan Yesus akan:

  • Menghukum orang berdosa,

Yang dimaksud orang berdosa bukan saja orang-orang yang melakukan kejahatan, para perampok, pezinah, pemabok dan lain-lain. Tetapi orang yang berdosa adalah orang-orang yang menolak penebusan Yesus. Inilah dosa terbesar yaitu penolakan kepada karya keselamatan yang Tuhan berikan kepada dunia.

  • Menyelamatkan serta memberi upah/pahala

Selain untuk menghukum orang berdosa, kedatanganNya yang kedua kali juga untuk memberikan upah/pahala bagi orang yang percaya dan melayani Yesus. Setiap pelayanan yang kita lakukan bagi Tuhan, entahkah itu pujian, persembahan, korban dan semua pelayanan, semua diperhatikan oleh Tuhan dan Tuhan akan memberikan pahala. Oleh sebab itu, sebesar apapun potensi yang kita miliki pergunakanlah untuk melayani Tuhan.

KEDATANGAN YESUS KEDUA KALI

Berbicara kedatangan Yesus kedua kali, itu bukan dongeng, tafsiran, kira-kira atau khayalan belaka, tetapi kedatangan Yesus yang kedua kali adalah sebuah kepastian yang tidak mungkin tidak terjadi. KedatanganNya adalah ya dan amin. Mengapa?

  • Yesus mengatakanya

Yohanes 14:3, Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.”

Tuhan Yesus sendiri telah mengatakan bahwa Ia akan datang menjemput orang percaya. Kita yakin bahwa apa yang dikatakanNya pasti akan digenapi.

  • Tanda-tanda kedatangan Yesus. Matius 24:3-14

Melihat tanda-tanda kedatangan Tuhan yang tertulis dalam alkitab, satu persatu tanda-tanda itu sudah digenapi. Bahkan dapat dikatakan sebagian besar tanda-tanda itu sudah digenapi, tinggal beberapa tanda saja yang akan digenapi menjelang kedatanganNya yang kedua kali. Jadi, semua tanda ini memberikan bukti kepada kita bahwa kedatangan Tuhan adalah pasti terjadi.

JANGAN SALAH MENYIKAPI

Walaupun berita kedatangan Yesus kedua kali terus diberitakan, baik lewat: khotbah, pelajaran alkitab, maupun semirnar nyatanya sampai saat ini Tuhan Yesus belum datang juga. Pernah ada orang yang berkata kepada saya: Dari dulu diberitakan kedatangan Yesus kedua kali, tapi toh sampai saat ini Tuhan Yesus juga belum datang. Saya berkata: Jika Tuhan Yesus datang pada hari ini, apakah kamu siap? Saudara, jika hingga saat ini Tuhan Yesus belum datang, jangan menjadi bimbang atau ragu akan kedatanganNya kedua kali, apalagi menjadi pengejek-pengejek seperti yang dikatakan oleh Rasul Petrus.

II Petrus 3:3,4

“Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Kata mereka: “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.”

 

Pengejek-pengejek yang dimaksud oleh rasul Petrus adalah orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Orang-orang ini tahu tentang dosa, tetapi tetap dilakukannya. Mereka mengabaikan hukuman dosa dan menganggap seolah-olah Tuhan Yesus tidak datang kembali.

PELAKU KEJAHATANMazmur 73:1-15

Mazmur ini ditulis oleh Asaf. Hampir saja Asaf terkecoh dan tergelincir karena melihat orang yang berbuat kejahatan, tapi tidak dihukum Tuhan, sebaliknya mereka hidup senang, gemuk, sehat dan sejahtera. Barangkali ada orang yang mengejek Tuhan tidak secara verbal tetapi dengan sikapnya yaitu tidak mempersiapkan hidupnya untuk menyambut kedatanganNya kedua kali. Sebaliknya ia menghina Tuhan dengan cara hidup dalam dosa kerena merasa Tuhan Yesus tidak akan datang kembali.

NASIHAT PETRUS

Agar kita tidak mudah terkecoh di akhir zaman, rasul Petrus memberikan nasehat kepada kita yaitu:

  1. Berusaha Kedapatan Tidak Bercacat dan Bernoda, – I Petrus 3:14,15,

Apakah yang dimaksud: “Berusaha kedapatan tidak bercacat dan bernoda di hadapan Yesus?” Maksud II Petrus 3:14,15 “Berusaha kedapatan tidak bercacat dan bernoda di hadapan Yesus?” adalah:

  • Tidak menajiskan diri

Kita yang sudah disucikan oleh korban Yesus di atas kayu salib, harus berusaha menjaga diri agar tidak bercacat dan bernoda di hadapan Yesus. Contohnya adalah anak yang terhilang. Ketika ia sudah menerima warisan dari ayahnya, ia segera pergi tinggalkan bapanya, sampai akhirnya ia ada di kandang babi untuk mencari makan. Disinilah ia sadar dan kembali kepada bapanya. Saat bapanya melihat anaknya kembali, bapa menerimanya dengan tangan terbuka, diberinya cincin di jarinya dan pakaian yang baru. Apakah anak yang terhilang ini akan kembali ke kandang babi? Tentu saja tidak! Tidak mungkin ia mau kembali ke kandang babi (2 Petrus 2:22).

Keselamatan adalah pemberian Tuhan, bukan usaha kita (Efesus 2:8,9) tetapi untuk jadi sempurna (tak bercacat dan bernoda) sama seperti Yesus, hal itu bukan pemberian, tapi menuntut usaha kita dalam mengikut Yesus.

  • Sempurna seperti Yesus

Matius 5:48

“Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Sempurna di sini mengacu kepada karakter, bukan fisik. Karakter Allah adalah: “KASIH”

I Yohanes 4:8,16

Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah Kasih”

Di mana posisi kasih itu dalam jenjang kekeristenan? Perhatikan tangga kekristenan berikut ini.

KASIH adalah PUNCAK KEKERISTENAN, II Petrus 1:5-8

 tangga kekristenan basic

Jangan puas hanya berada pada posisi iman. Teruslah naik ketangga berikutnya yaitu kebajikan pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih Filea hingga puncaknya adalah kasih Agape. Semuanya ini dapat kita capai bukan dengan kekuatan sendiri melainkan dengan pertolongan Roh Kudus.

  1. Kesempatan untuk   beroleh selamat

II Petrus 3:15

“Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat…”

Kalau sampai saat ini, Yesus belum datang untuk kedua kali, jangan sampai membuat kita lalai dan kembali berbuat dosa. Tetapi gunakanlah kesempatan yang kita miliki itu untuk diselamatkan. Apa maksudnya?

KRISTEN KTP

Rupanya bukan hanya di zaman sekarang ada Kristen KTP, sejak zaman dulu tidak sedikit orang yang sekedar menjadi Kristen, tetapi hidupnya tidak bertobat dan tidak alami “kelahiran baru.”

Apa kata Yesus tentang Kelahiran Baru? à Yohanes 3:3-5.

Yohanes 3:3

“… jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Kelahiran kembali bukanlah kelahiran fisik, seperti yang dipikirkan Nikodemus, Yohanes 3:4, tetapi Kelahiran baru adalah produk (Air dan Roh), yaitu Firman Allah yang diurapi oleh Roh Kudus, yang mengubah batin kita menjadi “manusia baru”. (Yohanes 3:5). Perubahan batin yang terjadi di dalam diri kita akan menjadikan kita ciptaan baru.

II Korintus 5:17

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

PENUTUP

Ingatlah, bahwa hidup ini adalah sebuah kesempatan. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Setiap orang tidak ada yang tahu kapan kesempatan ini berakhir. Oleh sebab itu, selagi Tuhan masih memberikan kesempatan kepada kita, mari kita gunakan untuk hidup dalam kebenaran sehingga dunia melihat Kristus dalam hidup kita. Tuhan memberkati.!!

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s