MASA KEGELAPAN YANG PALING GELAP – Pdt. Gideon Santoso (Ibadah Raya 3-Minggu, 10 Mei 2015)

Pendahuluan

Ada satu masa yang akan terjadi dalam dunia ini yang tidak diketahui oleh banyak orang percaya, yaitu suatu masa yang disebut masa kegelapan yang paling gelap. Minimal ada 3 ayat yang menyebutkan tentang situasi kegelapan yang paling gelap itu dengan semua permasalahannya.

  1. Matius 8:11,12

“ Aku berkata kepadamu : Banyak orang akan datang dari timur dan barat dan duduk makan bersama-sama Abraham. Ishak dan Yakub di dalam kerajaan sorga, sedangkan anak-anak kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, disanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi “.

Apa yang menjadi masalah/penyebab dilemparnya anak-anak kerajaan ke tempat kegelapan yang paling gelap itu ? Jika membaca ayat sebelumnya pada ayat 6-10, adalah masalah : Iman yang sempurna. Yesus mengagumi iman seorang perwira Roma di Kapernaum, yang begitu mengimani perkataan Yesus tanpa Yesus hadir untuk menyembuhkan hambanya yang sakit, sementara iman yang demikian tidak pernah ada dijumpai diantara umat Tuhan (Israel). Yesus mengatakan bahwa banyak orang akan datang dari timur dan barat yang akan duduk makan bersama Abraham, Ishak dan Yakub didalam sorga karena iman percayanya yang besar, sementara orang Israel sendiri yang sudah dilawat Tuhan akan dilempar ke tempat paling gelap karena tidak memiliki iman yang sempurna.

  1. Matius 22:11-13.

“ Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, Ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. Ia berkata kepadanya : Hai saudara, bagaimana engkau masuk kemari dengan tidak mengenakan pakaian pesta ? Tetapi orang itu diam saja. Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya : Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu kedalam kegelapan yang paling gelap, disanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi “.

Dalam bagian ayat ini sangat jelas bahwa yang menjadi masalah dilemparnya ke tempat yang paling gelap adalah: tidak mengenakan pakaian pesta, yang tidak lain berbicara tentang pakaian kebenaran.

  1. Matius 25:28-30.

“ sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang empunya 10 talenta itu. Karena setiap org yang mempunyai kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan, Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Dan campakanlah hamba yang tidak berguna itu kedalam kegelapan yang paling gelap. Disanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi “.

Yang menjadi masalah dalam ayat ini juga jelas yaitu : Talenta yang tidak dikerjakan, atau tidak mau berkarya dalam pekerjaan Tuhan.

Dari semua ayat-ayat yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk luput dari tempat yang paling gelap itu, kita harus memiliki 3 hal yaitu :

  • Iman yang sempurna ( berkualitas).
  • Pakaian kebenaran (Pesta).
  • Harus berkarya dalam pekerjaan Tuhan.

Mari kita bahas ketiga hal tersebut.

  • IMAN YANG SEMPURNA

Iman yang sempurna atau berkualitas didapat melalui proses.

Roma.10:17- “Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

Semakin banyak mendengar firman Tuhan maka proses iman akan membentuk kehidupan kita. Hindari mendengarkan hal-hal yang sumbernya bukan dari firman Tuhan, untuk itu harus lebih rajin menghadiri ibadah karena dari situlah firman diberitakan.

  • PAKAIAN KEBENARAN (PESTA)

Dalam kitab Wahyu 19 : 8 – “Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih ( Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus)”

Jika seseorang yang mendengar firman Tuhan dan melakukannya, maka ia seperti sedang merajut pakaian kebenarannya, selembar demi selembar yang tidak lain berbicara tentang perbuatannya yang benar itu. Tetapi jangan lupa yang menelanjangi seseorang adalah juga perbuatannya. Perbuatan yang jahat, najis dan cabul itu akan menelanjangi orang yang melakukannya. Sebagai anak Tuhan kita harus mnegenakan pakaian yang jelas benar, karena pakaian merupakan jati diri bukan dari mana seseorang berasal. Orang jawa, Bali, Batak dll dapat kita kenali dari pakaian adatnya. Pakaian adat sorgawi bagi anak Tuhan adalah pakaian kebenaran.

  • BERKARYA DALAM PEKERJAAN TUHAN

Memiliki iman yang berkualitas sempurna dan berpakaian kebenaran saja tidaklah cukup bagi gereja Tuhan yang sempurna. Allah ingin kita menghasilkan buah bagi Tuhan, terutama buah pelayanan bagi Tuhan, yaitu dengan cara mengembangkan talenta yang diberikan oleh Tuhan sesuai kapasitasnya masing-masing. Ada bahayanya jika ada anak Tuhan yang tidak mau hidupnya dipakai oleh Tuhan, karena iblislah yang akan memakai hidupnya sebagai senjata kelaliman. Roma 6:13.

TEMPAT KEGELAPAN YANG PALING GELAP

Apakah yang dimaksud dengan tempat yang mengerikan ini? Untuk lebih jelas tentang tempat ini dapat kita baca dalam Wahyu 12:1. Dalam ayat ini digambarkan tentang gereja Tuhan yang sempurna, berselubungkan matahari, bulan ada pada pijakkan kakinya dan kepalanya bermahkotakan 12 bintang. Semuanya ini berbicara tentang :

  • Matahari : Adalah pakaian kebenaran.
  • Bulan : Adalah iman kepada Yesus sebagai dasar iman yang sempurna.
  • Mahkota 12 bintang : Adalah karunia-karunia Roh Kudus untuk pelayanan.

Inilah gambaran utuh gereja Tuhan yang sempurna. Bagaimana dengan gereja yang tidak sempurna?

Dalam Wahyu 12:13-18 – dijelaskan bahwa ketika iblis sang naga besar itu hendak menyerang gereja Tuhan yang sempurna, maka Tuhan memberikan dua sayap burung nazar yang besar untuk luput dari sang naga/iblis. Dua sayap burung nazar berbicara tentang Firman dan Roh Kudus. Firman yang menghasilkan keselamatan, dan Roh Kudus yang memberi kita kemampuan untuk melakukan perbuatan yang benar sebagai pakaian rohani dan juga kemampuan untuk melayani Tuhan.

Ketika Iblis tidak dapat mengejar gereja yang sempurna, maka ia memburu keturunan yang lain, yang hanya memiliki kesaksian iman percaya Yesus tanpa memiliki kelengkapan rohani yang utuh. Inilah gereja yang tidak sempurna. Mereka akan dikuasai oleh iblis dalam pemerintahan Anti Kris di bumi selama 3 ½ tahun. Inilah yang dimaksudkan dengan MASA KEGELAPAN YANG PALING GELAP DI BUMI, dimana didalamnya penuh dengan ratap tangis dan kertak gigi karena kekejaman Anti Kris.

Selagi masih ada waktu, marilah kita terus bertumbuh sempurna ke arah Kristus, menjadi gereja yang sempurna untuk luput dari masa yang mengerikan itu, jangan lagi jadi pengikut Tuhan yang santai tapi rajinlah kerjakan keselamatan kita. Haleluya.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s