KESEMBUHAN – Pdt. Frans Voege (Ibadah Raya3, Minggu 28 Juni 2015)

Markus 10:52

Markus 10:52 – pergilah imanmu telah menyelamatkan engkau (TL: imanmu telah memulihkan engkau, BIS: Imanmu telah menyembuhkan engkau).

Melalui iman kita dipulihkan, disembuhkan dan diselamatkan. Jika kita baca dari ayat 46, kita tahu bahwa ini adalah kisah tentang Bartimeus yang buta. Suatu kehidupan yang tidak menyenangkan, dan memiliki masa depan yang suram. Karena Bartimeus sudah miskin secara kondisi ekonomi, ditambah lagi buta secara fisik. Namun Bartimeus tidak hanya buta secara jasmani, tetapi ia juga buta secara rohani. Bartimeus tidak tahu tentang Firman, iman dan doa. Tetapi melalui jawaban Yesus kepada seruan Bartimeus membuktikan Bartimeus dapat keluar dari keadaan yang gelap. Ini bukti Bartimeus dapat mendemonstrasikan peranan imannya yang tinggi dan matang.

Mari kita perhatikan 5 Langkah Kesembuhan Bartimeus. Lima langkah ini juga menunjukkan iman yang teguh yang dimiliki Bartimeus.

  1. Teguh untuk mendengar Firman Allah (Telinga)

Ayat 47- “ketika didengarnya”. Ini menunjukan Bartimeus memiliki telinga yang teguh dan mantap untuk mendengar suara Yesus. Bartimeus memiliki pendengaran rohani yang peka kepada suara Yesus yang adalah “Firman Allah yang menjadi manusia”. Dalam Roma 10:17 iman timbul dari pendengaran akan Firman Yesus. Sementara di Mazmur 85:9 – Pemazmur selalu siap untuk mendengar Firman Allah. Karena itu jangan jadi jemaat yang suka pilih-pilih Firman. Terimalah Firman dengan sukacita.

  1. Mulailah ia berseru (Mulut)

Ini adalah satu tingkatan rohani dimana seseorang siap memuliakan Tuhan. Roma 10:10 dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Mulut harus digunakan untuk memuliakan Tuhan bukan untuk memalukan (mempermalukan) Tuhan. Lihatlah teladan di Mazmur 51:17 mulut yang memberitakan puji-pujian.

  1. Tidak perduli dengan Halangan

Ayat 48 – Banyak orang menegornya. Namun demikian Bartimeus tetap teguh untuk berseru kepada Yesus sekalipun banyak halangan dan larangan. Bartimeus teguh dalam tingkat pendirian dan sikap rohani yang tidak mudah dihasut. 1Korintus 15:58 – Jadilah anak Tuhan yang teguh dalam iman. Sekali Yesus tetap Yesus, tidak berhenti atau menyerah di tengah jalan. Mazmur 30:7.

  1. Menanggalkan jubahnya

Jubah berbicara kebenaran diri sendiri, sifat-sifat lama ditinggalkan Bartimeus. Bartimeus memiliki kemauan untuk merubah dirinya, dari manusia lama menuju manusia yang baru dalam Yesus. Bartimeus tidak lagi mau tetap berada dalam keadaan yang buta dan mengemis. Dalam Yesus kita menjadi ciptaan baru, seperti yang dituliskan di 2Korintus 5:17. Mazmur 86:11.

  1. Supaya aku dapat melihat (Mata)

Ayat 51. Bartimeus memiliki pandangan yang teguh dan mantap untuk terarah kepada Yesus. Tidak melihat ke kanan atau ke kiri. Ilustrasinya, seekor kuda agar lurus penglihatannya dikenakan kaca mata kuda supaya tidak terganggu apa yang ada di kiri-kanannya. Bartimeus menunjukkan tingkat arah rohani yang tajam dan positif untuk melihat kuasa Tuhan. Yosua 1:7 jangan lihat kanan-kiri tetap tertuju saja kepada Yesus.

Ibrani 12:2 milikilah mata yang tertuju kepada Yesus. Ada kisah mengenai Petrus dimana selama pandangannya tertuju kepada Yesus ia mampu berjalan di atas air, tetapi saat matanya tidak tertuju kepada Yesus ia tenggelam.

Mazmur 123:1, 2 demikianlah kita memandang Tuhan. Arahkan mata kita hanya kepada Tuhan. Yudas 1:3 tetaplah berjuang. Yesus selalu memperhatikan kita. Jangan menyerah.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s