Tidak berbeda “Anda punya kuasa yang sama” by Sdr. Jeff Minandar (Ibadah Raya 1 – Minggu, 8 November 2015)

Orang percaya banyak berpikir bahwa untuk melakukan hal yang sama dengan tokoh-tokoh Alkitab, yang luar biasa, adalah sesuatu yang mustahil. Padahal kita sebenarnya tidak berbeda dengan tokoh-tokoh Alkitab yang luar biasa itu.

 

Pertandingan Hidup

Tahukah kita bahwa hidup seperti dalam suatu pertandingan. Dalam pertandingan kompetitif, 50% hasil pertandingan itu ditentukan oleh perasaan seseorang sebelum pertandingan dimulai. Kadang kala ketika seseorang yang akan bertanding merasakan gugup, cemas dan kuatir. Perasaan tersebut merebut 50% tenaga seseorang sebelum bertanding. Rasul Paulus memberi gambaran bahwa orang percaya seperti masuk dalam pertandingan iman. Jika dalam pertandingan iman kita menjadi tawar hati, kitab Amsal 24:10 menuliskan kekuatan kita akan hilang. Sehingga kita mudah untuk kalah. Tidak banyak yang mau mengakui kekalahan. Mengapa? Karena kekalahan bukan saja menyerang kompetensi mereka dalam jenis pertandingan tersebut, namun juga harga diri, merasa diri rendah, tidak layak, dan menimbulkan perasaan putus asa.

Tidak dapat dibayangkan bila perasaan kalah ini terjadi dalam pertandingan hidup orang Kristen, sehingga ada orang Kristen yang merasa tidak berharga serta kehilangan arti hidup dalam Yesus. Sebab itu, jangan sampai perasaan yang demikian hadir dalam pertandingan iman kita, khususnya saat masa-masa sulit datang. Ketahuilah Allah melihat hidup kita berharga di mataNya. Contohnya, nilai sebuah mata uang, dimanapun atau dalam kondisi apapun nilai mata uang tersebut tidak akan berbeda atau berubah. Demikian pula hidup kita di mata Tuhan, dalam kondisi apapun atau keadaan seburuk apapun kita di mata manusia. Pada pemandangan Tuhan kita berharga.

Sebuah contoh kisah dalam Alkitab, Hakim-hakim 4:4-9. Ini adalah kisah seorang hakim (pemimpin) wanita di Israel. Pada saat itu Tuhan memberi perintah melalui dia untuk melawan Raja Kanaan (Raja Yabin) dan panglimanya yaitu Sisera. Musuh memiliki 900 kereta besi. Raja Kanaan juga sudah menindas Israel selama 20 tahun. Pada saat itu keadaan Israel sangat buruk sebab mereka alami kekalahan demi kekalahan. Fakta inilah yang membuat hati Israel menjadi tawar atau lemah.

 

Namun demikian tetap ada hal-hal yang sebenarnya bisa kita pelajari dari kisah di atas.

.

PELAJARAN PERTAMA

Hal apa yang dapat kita pelajari. Seseorang mungkin mendapat nubuatan atau perintah dari Tuhan yang menggelorakan hatinya, tetapi ia lemah dalam praktek. Sehingga membuat hilang pengharapan dan gairah untuk lakukan sesuatu atas apa yang ia terima dari Tuhan. Sebab gairah yang ada dalam diri seseorang menjadikan ia beraksi atau bertindak. Percayalah dengan visi yang Tuhan berikan kepada kita, kerjakan panggilan Tuhan dalam hatimu. Jangan menjadi lemah apalagi tawar hati.

 

Iblis Si Pencuri

Visi atau rencana Allah yang besar diberitahukan lewat FirmanNya. Karena itu iblis pertama-tama akan berusaha mencuri Firman dari dalam kehidupan orang percaya. Matius 13:19 Iblis mencuri dengan cara mengambil fokus kita lewat penggunaan sms/telpon saat beribadah atau pikiran yang bercabang.

 

Perbandingan Hawa & Yusuf

Dalam Kejadian 3, Hawa menerima Firman namun iblis mengambil Firman itu sehingga ia mengambil keputusan yang membawa kepada dosa. Bandingkan dengan Kejadian 39 dimana Yusuf memegang teguh pada Firman saat menghadapi istri Potifar, ia menang terhadap godaan dan menjaga dirinya tidak berdosa. Jika Firman Allah ada didalam kita, maka kita tidak akan tergoncangkan. Renungkanlah Firman siang dan malam. Arti dari merenungkan Firman adalah mengucapkan atau memperkatakan Firman, bukan hanya perenungan di hati saja. Ulangan 30:14Firman itu dekat dengan dirimu yakni ada didalam mulut dan dalam hatimu.

 

PELAJARAN KEDUA

Kemuliaan yang seharusnya menjadi bagian kita dialihkan pada yang lain, ketika kita melewatkan kesempatan yang Tuhan berikan. Hakim-hakim 4:9, Debora memutuskan untuk ikut berperang karena Barak tidak mau berangkat sendiri. Namun kemuliaan yang harus diterima oleh Barak akan berpindah kepada Yael. Yael menaklukkan Panglima Besar Sisera. Dalam hidup Kekristenan kita, sering kali kita kehilangan kemuliaan yang Tuhan sediakan bagi kita hanya karena kita melewatkan kesempatan-kesempatan yang Allah percayakan.

Contohnya, 1 Samuel 17:32-37 , Daud dan Saul memiliki kesempatan yang sama, namun Saul tawar hati. Sedangkan Daud percaya bahwa Israel adalah barisan tentara Allah, dan ia yakin bahwa Tuhan yang menyertai dan melepaskan dia.

Seringkali kita merasa masalah lebih besar. Masalah itu akan selalu ada dan tidak bergantung dengan keadaan kita, siap atau tidak siap.

 

Elia – 1 Raja-raja 18:36-40 – Kemenangan Elia,

  • Mengalahkan 450 nabi Baal.
  • Mengalahkan 400 nabi Asyera.
  • Mendatangkan hujan.

Elia mempunyai prestasi yang luar biasa namun pada akhirnya ia, 1 Raja-raja 19:1-4 – Mendapat ancaman, melarikan diri, putus asa dan memandang diri rendah. Keadaan ini menjadikan ia kalah dengan dirinya sendiri. Namun perasaan kita, membuat kita kalah, kekalahan tersebut kadang membuat kita menyalahkan Tuhan.

Anda tidak berbeda.

Sama seperti pahlawan Alkitab kita memiliki kesempatan yang sama. Karena itu kita harus belajar mengenali bahwa kita memiliki kekuatan didalam Tuhan. Yakobus 5:17, Tidak ada yang berbeda, sebab kita alami kondisi yang sama dengan tokoh Alkitab dan Allah yang kita sembah tidak berbeda, DIA berkuasa, yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s