ROH KEMULIAAN – Pdt. JS. Minandar (Ibadah Raya-Minggu, 29 November 2015)

I Petrus 4:12-19

PENDAHULUAN

Pada saat Yesus di dunia, Yesus mengingatkan bahwa hidup orang percaya tidak akan berjalan dengan mulus, aman, tanpa ujian, tanpa tantangan dan gangguan. Justru akan dikucilkan bahkan dibunuh. Dan mereka yang mengucilkan serta membunuh orang percaya, mengangap bahwa diri mereka berbakti kepada Allah. Dalam yohanes 16:1,2 “Semua ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.”

Tujuan Yesus berterus terang kepada orang percaya agar kita mengalami damai sejahtera didalam Yesus jika ada penganiayaan – Yohanes 16:33 “…semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu. Aku telah mengalahkan dunia.”

BERSUKACITA dan BERBAHAGIA

Aniaya adalah salah satu konsekuwensi yang Yesus ijinkan untuk ditanggung pengikut Yesus, untuk melihat apakah kita termasuk pengikut Yesus yang kuat dan berdaya tahan atau tidak. Contohnya, orang membangun fondasi rumah. Ada yang membangun fondasi dengan asal-asalan, seperti membangun diatas pasir. Sedangkan yang lainnya membangun dengan sungguh-sungguh, seperti membangun diatas batu. Tampak dari luar, tidak ditemukan perbedaan antara kedua rumah tersebut. Tetapi ketika ujian datang, berupa badai serta angin kencang dan melanda kedua rumah tersebut. Maka akan terlihat mana rumah yang bekualitas dan tidak. Contoh tersebut juga mengambarkan kehidupan orang percaya. Jika diperhatikan sepintas, kehidupan orang percaya satu dengan yang lain sama. Ketika ujian dan tantangan datang, maka tampaklah orang Kristen yang berkualitas dan tidak. Rasul Petrus menasihati agar kita bersukacita ketika tantangan datang. I Petrus 4:13“…bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.” Jadi ketika kita dipercayakan untuk alami penderitaan Kristus, kita harus bersukacita. Mengapa? I Petrus 4:14 menuliskan “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab roh Kemu-liaan, yaitu Roh Allah ada padamu.” Jadi pada saat penderitaan bersukacitalah sebab roh kemuliaan ada pada kita. Bukan sebaliknya ketika penderitaan datang, kita malah kecewa.

Penderitaan seperti apa yang Rasul Petrus maksudkan? Dalam 1 Petrus 4 : 15 menjelaskan bahwa penderitaan yang dialami orang percaya bukan penderitaan karena membunuh atau pencuri atau menjadi penjahat juga pengacau. Melainkan menderita sebagai orang Kristen, I Petrus 4:16. Dan jangan malu dengan penderitaan tersebut, melaikan hendaklah kita memuliakan Allah dalam nama Kristus.

Mengapa harus bersukacita serta berbahagia, bila dihina, dikucilkan, dianiaya dan dibunuh karena Yesus? Bahkan harus memuliakan Kristus dalam penderitaan? 1 petrus 4:14 katakan sebab roh Kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu. Dan Roh Kemuliaan yang ada di dalam diri kita itulah yang akan menentukan apakah kita masuk dalam bagian gereja sempurna atau tidak, saat Tuhan mengadakan pemisahan dalam gereja.

PENGHAKIMAN

I Petrus 4:17 “Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?”. Yang dimaksud penghakiman di ayat ini bukan penentuan masuk sorga atau neraka. Melainkan pemisahan dalam jemaat, untuk menentukan Gereja sempurna dan Gereja tidak sempurna. Seperti rasul Paulus mengistilakan pemisahan gereja adalah perpecahan jemaat – I Korintus 11:19. Sedangkan rasul Petrus mengistilakan pemisahan dengan penghakiman gereja. Meskipun memiliki istilah yang berbeda, namun memiliki makna yang sama.

Perhatikan gambar

pemisahan jemaat

Kedatangan Yesus keduakali akan diawali dengan pembukaan materai-materai. Materai pertama sudah tejadi, yaitu pada awal abad 20, tahun 1901 saat gereja mengalami kembali roh kudus bekerja begitu dahsyat setelah masa gelap yang dialami gereja. Kemudian disusul dengan materai ke dua, yang ditandai dengan perang dunia pertama dan kedua. Mengakibatkan banyak korban berjatuhan dan kelaparan melanda seluruh bumi. Itulah materai ketiga, kelaparan yang menglobal. Ketiga materai tersebut terus bergerak sampai masuk materai ke empat. Pada materai ke empat, tejadi epidemic yang mewabah dunia seperti HIV ADIS. Virus tersebut belum ditemukan obatnya sampai sekarang.

Sangat jelas bahwa keempat materai tersebut sudah terlaksana. Tinggal 3 materai lagi yang akan dibuka, yaitu materai ke 5, 6 dan 7. Namun bila kita memperhatikan situasi zaman. Sesungguhnya materai kelima akan segara terjadi, yaitu aniaya besar. Dengan munculnya isis, banyak orang percaya dianiaya dan dibunuh karena mempertahankan iman mereka.

Lalu kapan pemisahan atau penghakiman gereja akan terjadi? Yaitu setelah materai keenam dan sebelum masuk materai ke 7 (perhatikan gambar diatas). Pada saat itulah Tuhan akan mengadakan penghakiman untuk memisahkan gereja yang berkualitas dan gereja yang tidak berkualitas. Seperti yang digambarkan injil matius tentang 10 gadis, 5 yang bijak dan 5 bodoh. Sedangkan penyingkiran akan tejadi pada awal pemerintahan antikristus. 5 gadis bodoh atau gereja tidak sempurna akan masuk pemerintahan antikris dan alami siksaan. Bila mereka sanggup mempertahankan iman dalam masa antikritus, maka mereka akan selamat. Sedangkan 5 gadis bijak atau gereja sempurna akan disingkirkan ke padang gurun.

ROH KEMULIAAN MENENTUKAN GEREJA SEMPURNA

Betapa pentingnya orang percaya memiliki daya tahan terhadap ujian, tantangan, hinaan, penderitaan, cacian, selama mengiring Yesus sebab roh Kemuliaan atau roh Allah ada di dalam diri kita, karena jika tidak ada roh kemuliaan maka kita tidak akan masuk dalam gereja sempurna, melainkan gereja tidak sempurna.

Wahyu 12:17 “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus”. Gereja tidak sempurna digolongkan sebagai keturunannya yang lain. Dalam terjemahan Inggris dituliskan remnant of her seed, diterjemahkan benih yang tersisa.

Jadi gereja tidak sempurna akan menjadi sasaran pelampiasan kemarahan Iblis lewat tangan kanannya, yaitu Antikristus.

 

CARA UNTUK SELAMAT BAGI GEREJA TIDAK SEMPURNA

Pada saat antikristus datang menyerang gereja tidak sempurna, maka satu-satunya cara untuk dapat selamat, yaitu harus kuat dan berdaya tahan dalam mempertahankan iman terhadap aniaya Antikristus. Sekali Yesus tetap Yesus.

Wahyu 13:11-18 merupakan upaya Iblis untuk menyeret Gereja Yang Tidak Sempurna agar menyangkal Yesus dan jadi pengikut Antikristus. Wahyu 13:11 “Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.”

Binatang yang pertama wahyu 13:1-10 adalah Antikristus. ia akan memberikan kuasa kepada binatang lain yang bertanduk dua sama seperti anak domba, tetapi berbicara seperti seekor naga. Binatang tersebut adalah nabi palsu, Wahyu 13:12 – Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh. Nabi palsu akan menerima kuasa dari Antikristus untuk lakukan kewajiban yg harus dipatuhi penduduk dunia.

Kebijakan tersebut adalah:

  • Menyembah Antikristus
  • Gereja tidak sempurna juga akan dipaksa untuk menyembah Antikristus
  • Kalau tidak mau menyembah patung akan disiksa.

Wahyu 13:13 – Dan ia (nabi palsu) mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang. Maksudnya :

  • Nabi palsu akan mengadakan tanda-tanda yg dahsyat dengan menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang. Seperti nabi elia menurunkan api dari langit.
  • Nabi palsu tidak akan segan-segan menyiksa dengan api kepada orang yang tidak mau percaya dan tidak mau jadi pengikut Antikristus.

Wahyu 13:14a – Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan                                               mata binatang itu.

Jadi dengan tanda-tanda ajaib, nabi palsu akan menyesatkan orang yang tidak memiliki daya tahan dan kekuatan iman sebab nabi palsu akan bekerja diluar logika manusia.

Wahyu 13:14b – Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Nabi palsu juga memerintahkan setiap pemimpin Negara di dunia untuk mendirikan patung Antikristus dan mewajibkan semua orang beribadah/menyembah kepada patung Antikristus.

Wahyu 13:15 – Dan kepadanya (nabi palsu) diberi-kan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Nabi palsu pun memiliki kuasa memberi nyawa kepada patung Antikristus, sehingga patung tersebut bisa melakukan tindakan hukuman kepada orang yang tidak mau menyembahnya. Contoh dalam Daniel 3:12 ketika Sadrakh, Mesakh dan Abednego dilemparkan orang ke dalam api karena tidak menyembah patung yang dibuat raja. Pada saat itu patung yang dibuat raja tidak dapat bergerak, sekalipun mereka mengejek atau memukulnya. Patung tersebut akan diam. Tetapi pada masa Antikristus memerintah 3,5 tahun, patung Antikristus bisa menghukum secara langsung. Patung tersebut dapat menurunkan api dari langit. Artinya dilihat atau tidak dilihat oleh Antikristus atau nabi palsu, semua orang akan menyembah patung Antikristus dengan sungguh-sungguh.

Wahyu 13:16 – Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,. Selain dari pada itu, antikristus mewajibkan semua penduduk dunia, di mana pun mereka berada, haryus tanda meterai Antikristus. Bilangannya 666 dan dipasang pada dahi atau tangan. Jika ada orang yang menolak untuk memakai tanda tersebut, wahyu 13:17 menuliskan bahwa orang tersebut tidak dapat membeli atau menjual sebab tidak memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

Tidak ada fasilitas yang disediakan Antikristus dan tidak dapat lakukan transaksi jual beli. Dengan cara demikian Antikristus akan mudah melacak dan menangkap untuk menganiaya para pengikut Yesus, yaitu gereja tidak sempurna.

Timbul suatu pertanyaan, seandainya ada orang yang mengatakan ia mau ikut antikristus, tetapi hatinya tetap percaya Yesus. Apakah mereka akan selamat? Firman Allah katakan dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Sekali lagi ditekankan bahwa cara satu-satunya untuk diselamatkan dari antikristus, yaitu kuat dan berdaya tahan dalam iman kepada Yesus, tidak ada jalan lain. Oleh sebab itu, sebagai orang percaya, kita harus semakin bersungguh-sungguh dalam mengiring Tuhan sekalipun ada aniaya, kita tetap bersukacita dan memulikan Tuhan.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s