KEPEKAAN ILAHI by Pdt. JS. Minandar (Ibadah Sulung – Minggu, 3 Januari 2016 )

LUKAS 12:54-59

PENDAHULUAN 

Lukas 12:54-59, menuliskan tentang sebuah peristiwa dimana Yesus mengecam orang Israel tentang zaman. Pada tanggal 31 Desember 2015, dalam ibadah tutup tahun, dijelaskan bahwa setiap kali memasuki tahun baru, jarak antara orang percaya dengan kedatangan Yesus kedua kali semakin dekat satu tahun.

gambar.

jangka waktu kedatangan yesus

Sebagai manusia, kita tidak memiliki kemampuan untuk mengetahui apa yang terjadi esok hari. Kita hanya mengetahui tentang waktu yang telah kita jalani di tahun-tahun kemarin dan yang terjadi sekarang. Karena manusia tidak mengetahui tentang hari esok, lalu bagaimana sikap kita dalam menghadapi hari esok? Apakah kita memakai filosofi, mengalir saja, ke mana air menghanyutkan kita? Tentu tidak. Kita jangan hanya terbawa arus, karena orang percaya memiliki firman Allah sebagai pijakan untuk masa yang akan datang.

FIRMAN ALLAH

Allah memberikan firmanNya kepada setiap orang percaya yang isinya menjelaskan tentang semua hal yang yang akan terjadi di masa mendatang. Mulai dari sejarah manusia, kisah para nabi dalam Perjanjian Lama, kisah penebusan Yesus sampai pada kedatanganNya kedua kali. Firman Allah juga memberi petunjuk kepada pengikut Yesus, tentang apa yang harus diperbuat, agar kita dalam posisi siap menantikan kedatangan Yesus kedua kali. Jadi betapa pentingnya kita mengerti firman Allah, dengan membaca, merenungkan dan beribadah. Oleh sebab itu, memasuki tahun 2016 kita rajinkan diri untuk mencari Tuhan.

KEPEKAAN ILAHI

Perhatikan Lukas 12:54-59

  • Lukas 12:54,55

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa prediksi orang Israel tentang alam adalah benar. Bahwa hanya dengan melihat awan orang Israel sudah mengetahui apa yang akan terjadi dan apa yang harus mereka lakukan. Lukas 12:54, pada saat orang Israel melihat awan naik di sebelah barat, segera mereka berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.

Sebelah barat wilayah laut tengah, bila awan naik maka akan turun hujan sebab penguapan dari laut. Orang-orang Israel mengerti bahwa itulah saatnya mereka harus menabur benih. Demikian juga bila mereka melihat angin bertiup dari selatan , mereka tahu akan ada panas terik sebab angin dari gurun Yudea akan bertiup. Itulah waktunya bahwa mereka akan menggarap panen dengan hasil melimpah.

KESIMPULAN

Jadi orang Israel adalah orang-orang yang mahir dalam memprediksi cuaca dan kondisi alam, sehingga mereka sukses dalam hal berbisnis dan menjadi kaya secara jasmani. Tetapi mengapa dengan keras, Yesus justru menegur orang-orang Israel yang mahir dalam menilai kondisi alam? Lukas 12:56 “Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?”

Teguran keras Yesus kepada orang Israel bukan untuk melarang orang Israel menjadi sukses serta diberkati karena dapat menilai kondisi alam. Tetapi bangsa Israel ditegur Yesus sebab mereka hanya tahu menilai kondisi alam tetapi tidak mengetahui tanda-tanda zaman. Hendaknya teguran Yesus kepada orang Israel, menjadi bahan introspeksi bagi orang percaya atau pengikut Yesus di akhir zaman. Jangan sampai kita sama seperti orang Israel yang mahir membaca peluang bisnis, sehingga menjadi kaya secara jasmani, tetapi lemah; bodoh dan tidak bisa menilai zaman, teristimewa situasi dan kondisi akhir zaman menjelang kedatangan Yesus kedua kali.

MANFAAT PEKA ROHANI

Sangat perlu kepekaan secara rohani dalam hidup kekristenan kita. Karena ada keuntungan bila para pengikut Yesus miliki kepekaan rohani dalam menilai zaman. Sehingga kita dapat menjadi pengikut Yesus yang tahu serta faham dan mengerti dalam mengambil keputusan yang baik; benar dan berkenan kepada Tuhan. Seperti yang tercatat dalam Lukas 12:57 “Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar.”

KEADAAN ZAMAN

Apakah sebagai pengikut Yesus, kita memiliki kepekaan ilahi dengan melihat dan merasakan kondisi zaman serta keadaan yang terjadi di akhir zaman?

Perhatikan Gambar

kronologi akhir zaman

Setelah peristiwa salib dan kenaikkan Yesus ke surga, maka Yesus mencurahkan Roh Kudusnya (Kisah para rasul 2). Inilah awal dari akhir zaman dan berakhir sampai kedatangan Yesus kedua kali. Kedatangan Yesus akan didahulukan dengan tanda-tanda kedatanganNya dan Yesus tidak dapat datang sebelum tanda-tanda tersebut digenapi.

Tanda kedatangan Yesus

Tanda kedatangan Yesus akan diawali dengan pembukaan ketujuh materai. Materai pertama dan ketujuh akan berhenti pada awal pemerintahan antikris, sedangkan materai ke dua sampai enam akan berjalan sampai kedatangan Yesus kedua kali.

  • Materai pertama, adalah kuda putih
  • Materai kedua,kuda merah tanda peperangan
  • Materai ketiga, kuda hitam tanda kelaparan
  • Materai keempat, kuda hijau kuning (abu-abu) tanda sakit penyakit
  • Materai kelima, aniaya pengikut Yesus
  • Materai keenam, bencana Alam yang menglobal dan sebelum masuk materai ketujuh akan ada pemisahan antara gereja sempurna dan tidak sempurna
  • Materai ketujuh

Jika kita menilai kondisi zaman maka kita sedang berada di materai keempat, kuda hijau kuning.

METERAI IV (Keempat)- Wahyu 6:7,8

Kerajaan Maut atau kematian mengikuti kuda hijau kuning yang melanda penduduk dunia di akhir zaman yang terjadi akibat perang akibat pedang, kelaparan akibat krisis pangan, sampar akibat wabah penyakit dan binatang buas, yaitu kematian akibat prilaku seseorang yang prilakunya seperti binatang buas. Contoh orang yang terpapar virus HIV dari stadium dini sampai AIDS yang melanda dunia. Penyakit ini seperti gunung es yang hanya tampak atasnya padahal sudah banyak melanda banyak manusia.

Perhatikan foto-foto orang yang mengidam virus HIV/AIDS

aids

Meterai IV (Keempat) sudah digenapi dan sekarang dunia sedang dalam penggenapan dan terus berlanjut sampai kedatangan Yesus kedua kali. Dan sekarang kita akan masuk gerbang materai ke 5.

MATERAI V

Meterai kelima adalah Aniaya terhadap orang-orang percaya yang terjadi secara global. Wahyu 6:9-11 mencatat dengan jelas tentang peristiwa yang akan terjadi kepada pengikut Yesus. Penganiayaan terhadap para pengikut Yesus mulai dilakukan secara terbuka dan nyata oleh beberapa kelompok orang. Meskipun sudah tampak namun itu belum pada puncaknya. Contohnya tokoh ISIS dan penganiayaan yang mereka lakukan terhadap orang percaya.

Meterai VI, (Keenam)

Wahyu 6:12-17, Wujud dari penggenapan Meterai VI (Keenam) adalah bencana Alam dalam skala global. Meterai VI belum digenapi, walapun sudah ada bencana alam di berbagai daerah namun itu belum menglobal. Oleh sebab itu, bila ada bencana alam di salah satu negara, maka negara lain dapat menolong. Bila materai keenam dibuka bencana buka hanya di satu negara, tetapi akan terjadi bersamaan (menglobal), jadi tidak dapat berharap bantuan lagi dari negara lain sebab mereka juga mengalami bencana. Beberapa contoh bencana Alam yang terjadi di RRC dan beberapa negara lainnya.

Gambar

rumah rusak

MEMUTUSKAN YANG BENAR

Kalau kita peka melihat semua peristiwa, baik tingkah laku alam maupun manusia, seharusnya kita memutuskan apa yang Yesus firmankan dalam Lukas 12:57 “Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?”

Di awal tahun 2016, ambil keputusan untuk hidup benar sesuai firman Tuhan. Tingkatkan hubungan pribadi dengan Tuhan lewat ibadah-ibadah. Tahun 2016 menjadi tahun untuk kita mengenal Tuhan lebih lagi dan mempersiapkan diri menanti kedatanganNya kedua kali. Selamat Tahun baru 2016, Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s