PIKIRAN ALLAH by Pdt. Hani Paulus (Ibadah Raya 2-Minggu, 17 Januari 2016)

YOHANES 1:1,2,3,14

Pikiran Allah berbeda dengan pikiran manusia. Pikiran manusia terkadang lahir dari naluri yang tercemar oleh dosa sedangkan pikiran Allah adalah firman.

• PIKIRAN ALLAH adalah YESUS
Yohanes 1:1-3 – Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Firman itu telah menjadi manusia dan berdiam di antara kita.

I. PIKIRAN ADALAH SESUATU YANG DAHSYAT
1. Apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat. Semuanya yang belum terlihat, sudah ada dalam pikiran; sampai pemikiran itu termanifestasi menjadi perkataan atau tindakan.
• Contohnya, semua produk yang kita pakai tadinya hanya ada dalam pikiran. Semuanya adalah hasil dari pemikiran atau ide manusia.
• Contoh lain adalah gedung gereja yang kita tempati ini, berawal dari pemikiran dan termanifestasi dalam perencanaan serta tindakan. Maka jadilah.

2. Hasil Pemikiran, Hidup lebih lama dari orang yang menghasilkan ide pemikiran tersebut.
• Contohnya, Orang yang pernah menghasilkan ide pembuatan gedung gereja ini sudah lama meninggal, namun hasil dari pemikirannya masih hidup, masih dapat kita bisa nikmati dalam bentuk produk yang pernah ia hasilkan.

3. Pikiran atau Pemikiran lebih memiliki kekuatan daripada kematian.
• Ide Pemikiran memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keadaan bahkan jauh setelah seseorang tersebut meninggal. Ide yang cemerlang ketika memiliki sebuah pengaruh yang besar, telah menjadi sebuah ideologi, filosofi atau pandangan hidup yang kemudian menjadi GAYA HIDUP.
• Secara tidak kita sadari dunia ini sebenarnya sedang dijalankan oleh orang yang sudah mati. Contohnya: Pemikiran tentang sistem Demokrasi telah diadopsi oleh sebagian besar negara-negara di dunia untuk menjalankan pemerintahan mereka. Orang yang melahirkan ide tersebut sudah mati, namun ide pemikiran mereka sedang memimpin banyak pemerintahan yang sedang berkuasa saat ini.
• Ada banyak lagi faham, ideologi yang dianut di dunia ini, dari sosialis, komunis, liberal, kapitalis, otoriter sampai demokrasi.

4. Mustahil untuk membunuh sebuah Ide Pemikiran.
• Kita bisa membunuh manusia tetapi bukan ideologinya. Faham Sosialis, Komunis, Imperialis, Demokrasi bahkan Teroris adalah sebuah IDE Pemikiran. Tidak bisa dimusnahkan dengan senjata. Jika kita mencoba untuk membunuh ide, ia akan berkembang, Yohanes 12:24.

II. PIKIRAN ALLAH = FIRMAN
• Apakah isi pikiran Allah? Pikiran Allah adalah Firman-Nya. Yohanes 1:1,2,3,14, Firman dalam bahasa Yunani disalin dengan kata ‘logos’ yaitu Ide Pemikiran atau buah pikiran yang diungkapkan lewat perkataan. Lewat firman, kita dapat menerjemahkan Ide Pemikiran Allah, mengapa? Karena Tuhan mengekspresikan ide-Nya dengan berfirman.

• Ketika perkataan-Nya itu dituliskan jadilah sebuah perjanjian (testamen = surat wasiat). Ide pemikiran tersebut bukan saja dikatakan tetapi sekarang sudah tertulis. Firman Allah atau Alkitab adalah Testamen (pemikiran Tuhan yang tertulis). Disebut PERJANJIAN (DOKUMEN RESMI/ SAH SECARA HUKUM).

• Problem utama dunia saat ini adalah dikuasai oleh pemikiran orang yang sudah jatuh dalam dosa dan yang telah mati. Ketika keadaan dunia kacau, Tuhan tidak mengirimkan malaikat ataupun pasukan bala tentara-Nya untuk menyelesaikannya. Tuhan mengirimkan Firman-Nya.

• Firman Tuhan adalah Pikiran Allah yang dinyatakan. Wujud-Nya adalah Yesus. Kalau kita ingin mengerti apa isi pikiran Allah, kita dapat belajar dari Yesus.

• Ideologi manusia hanya bisa dikalahkan oleh ide pemikiran-Nya Tuhan yaitu Firman-Nya. Yohanes 6:63b, Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup, yang dapat mengubahkan kehidupan setiap orang yang mendengarnya.

III. BAGAIMANA CARANYA ?
Roma 12:2, Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah/Transform oleh pembaharuan/renew budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
• Transform artinya, berubah. Renew (re = sebuah awalan / prefix). Re artinya kembali kepada yang asli. Jadi artinya adalah berubahlah kembali kepada pemikiran Allah yang semula. Ide pemikiran Allah belum pernah berubah.
• Pikiran Allah yang semula ada dalam Kejadian 1:26-28. Semua yang diciptakan Tuhan didalamnya Tuhan sudah memasukkan maksud dan tujuan-Nya masing-masing, termasuk manusia yang diciptakan menurut Gambar dan Rupa Allah. Untuk apa? berkuasa atas ciptaan. Supaya pada akhirnya bumi ini bisa dikuasai oleh Kerajaan surga melalui kehadiran anak-anak-Nya. Itulah ide pemikiran Allah, bukan sesuatu yang misterius.

IV. APA ISI IDE PEMIKIRAN ALLAH YANG SEMULA ?
• Menguasai/meng-koloni/kolonisasi adalah sebuah istilah perluasan dari kerajaan dari tempat lain, memberi dampak melalui tujuan-Nya, kehendak-Nya, maksud-Nya sampai wilayah tersebut dipengaruhi oleh budaya Kerajaan itu.

• Hanya Kerajaan yang dapat melakukan kolonisasi. Kolonisasi terjadi ketika seorang Raja meluaskan pengaruh kerajaannya kepada wilayah asing dan mengubah daerah tersebut menjadi wilayah kerajaan-Nya, sehingga penduduknya mengambil/ mencontoh budayanya, nilai-nilai moralnya, standar dan gaya hidup dari kerajaan tersebut. Gaya hidup di daerah kolonisasi sama persis dengan budaya kerajaan yang menguasainya. Standar kehidupan daerah koloni juga berubah. Mereka menjadi makmur seperti kerajaan-Nya.

• Tuhan tidak mau membawa bumi ke surga tetapi membawa surga ke bumi. Dalam kerajaan-Nya tidak ada istilah kekurangan. Kerajaan akan bertanggung jawab jika ada tempat yang mengalami kekurangan. Tidak ada sakit dalam budaya surga yang ada adalah sehat, sembuh. Itu sebabnya Yesus membenci penyakit dan Dia datang meyembuhkan semua penyakit.

• Pada mulanya Bumi merupakan kolonisasi dari kerajaan surga. Dan hal yang pertama menghancurkan koloni adalah keinginan untuk merdeka. Ketika Adam dalam Kejadian 3, tidak menaati Sang Raja, ia menyatakan merdeka dari kerajaan Surga dan bumi menjadi sebuah negara yang terpisah, dan kehilangan pemerintahan kerajaan. Itu sebabnya yang hilang pertama kali dari Adam adalah kerajaan bukan agama.

• Itu sebabnya ketika Mesias datang untuk pertama kalinya, Ia tidak membawa agama, Dia bawa kerajaan-Nya (Yes 9:5-6). Pohon kehidupan diberikan kepada Adam sebagai pilihan, Iblis datang membujuk manusia untuk berpisah dengan Allah. Iblis pernah menjadi bagian dalam kerajaan itu, namun diusir karena pemberontakannya. Itu sebabnya ia sangat membenci kerajaan itu dan ketika mengetahui bahwa bumi ini merupakan perluasan dari kerajaan tersebut, lalu ia berusaha untuk mempengaruhi manusia.

• 7 miliar lebih manusia mencari sebuah hal yang sama yaitu pemerintahan yang baik. 5 tahun sekali orang mengeluarkan triliunan rupiah untuk mengadakan pemilu untuk memilih pemerintahan yang baik. Karena orang-orang mempercayai jawaban dari persoalan dunia adalah pemerintahan yang baik. Keinginan yang terdalam dari setiap diri manusia adalah pemerintahan yang baik, mengapa? Karena hal itulah yang telah hilang dalam diri manusia. Bukan agama tapi pemerintahan. Hal yang pertama yang diberikan Allah kepada Adam dalam kejadian 1 adalah BERKUASA/dominion. Ibrani: Radah = Kerajaan.

• Saat Adam menyatakan diri melepaskan dirinya dari kerajaan Sorga, pemerintahan Sorga juga meninggalkan bumi ini, termasuk semua jaminan dari Kerajaan Allah juga ikut pergi meninggalkan bumi. Ketika manusia jatuh dalam dosa, pemikirannya menjadi rusak dan tercemar. Ia menghasilkan pemikiran yang baru hasil dari kutukan. Adam menciptakan kerajaannya sendiri. Roh Kudus juga meninggalkannya. Satan mencemarkan wilayah kekuasaan Adam dan terjadilah tindakan yang pertama dari pemerintahan manusia adalah Pembunuhan, Kain membunuh Habel saudaranya sendiri. Lihatlah dunia saat ini. Kita membangun bangunan lalu mengebomnya, membuat senjata untuk saling membunuh.

• Panggilan Tuhan kembali atas dunia ini adalah rekolonisasi. Kabar baiknya, Benih dari perempuan itu akan meremukkan kepala ular. Ketika Yesus datang Ia membawa kembali kerajaan-Nya untuk menguasai bumi ini. Jangan berdoa untuk makanan, minuman pakaian, berdoalah Doa Bapa Kami.

V. SOLUSI
• Doakanlah agar Kerajaan Allah bukan hanya sekedar datang ke dunia ini namun mulai menguasai bumi ini dengan pengaruh-Nya, Ide Pemikiran-Nya, Firman-Nya, Mat 6:9-10.
• Penuhilah diri kita dengan pemikiran Allah melalui Firman-Nya yang kita baca, renungkan dan mewarnai pemikiran kita untuk segera melakukannya sampai bumi ini penuh dengan kemuliaan-Nya. Amin

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s