BERHARAP SELALU PADA TUHAN by Pdt. Yeremia Gunawan (Ibadah Raya 1 – Minggu, 24 Januari 2016)

Dalam Alkitab, Tuhan tidak pernah merancangkan yang buruk kepada manusia. Entahkah baik ataupun jahat sikap hidup manusia, Allah tetap menunjukkan kasih dan rencanaNya. Contohnya dengan memberikan hujan dan cuaca yang baik kepada semua manusia. Terlebih lagi orang yang andalkan Tuhan, mereka tidak akan kekurangan yang baik. Betapa besarnya kasih Allah terhadap manusia, sehingga Allah sediakan semuanya terlebih dahulu untuk manusia nikmati. Seperti yang tertulis dalam kitab kejadian bahwa Allah mempersiapkan lima hari dengan baik untuk hari ke enam, yaitu hari dimana  Allah menciptakan manusia.

Di taman Eden, Adam dan Hawa menikmati serta mengelolah apa yang telah Tuhan telah sediakan.

Kejadian 1:28 “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Allah memberi perintah kepada manusia untuk menguasai bumi dan semua ciptaan takluk kepada manusia. Jika demikian mengapa sepertinya hal-hal kurang baik dapat terjadi kepada orang-orang benar?

Jika kita perhatikan dalam Yohanes 10:10a “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan;” Mengapa orang percaya terkadang tidak dapat menikmati hidup? Mungkin ada sesuatu yang dicuri oleh iblis. Seorang pencuri pasti akan mencuri sesuatu barang yang memiliki nilai tinggi. Pencurian terjadi karena barang tersebut tidak dijaga dengan baik oleh sang pemilik. Dan apakah hal bernilai yang Iblis curi? Yaitu, IMAN. Oleh iman kepada Yesus kita semua diselamatkan dan oleh imanlah suatu permohonan doa terjawab.  Iman memiliki nilai paling berharga dalam hidup kekristenan. Yeremia 29:11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” Oleh iman kita yakin bahwa Allah merencanakan masa depan yang penuh dengan harapan. Tetapi berapa banyak iman tentang masa depan yang penuh harapan sudah dicuri oleh Iblis??

Jika iman sudah dicuri oleh iblis, maka ketakutan dan kekuatiranlah yang kita miliki. Ketika hal-hal itu ada pada kita, maka damai sejahtra yang kita miliki juga akan hilang dan lambat laun kasih kita menjadi pudar.

Dalam dunia ini tidak ada masalah yang Tuhan tidak dapat selesaikan asal kita percaya. Seberapa besar kita percaya akan kuasa Allah yang bekerja untuk menolong kita? Sebuah ilustrasi, jika kita membandingan koin dan bulan. Kedua hal ini memiliki ukuran yang sangat jauh berbeda, koin memiliki ukuran yang sangat kecil dibanding bulan. Tetapi ketika koin tersebut kita letakkan didepan mata kita, maka bulan sama sekali tidak akan tampak. Semakin dekat jarak koin dengan mata kita, maka semakin tidak tampak bulan yang besar. Demikian antara masalah hidup dengan Tuhan yang besar, jika kita lebih fokus pada masalah maka tampak kecillah Tuhan bagi kita. Bukan besarnya masalah yang membuat Tuhan tidak bekerja, tetapi bagaimana iman kita terhadap kuasaNya yang bekerja atas hidup kita.

Pada dasarnya manusia lebih cenderung percaya kepada apa yang mereka lihat ketimbang apa yang mereka dengarkan. Kitapun cenderung lebih percaya dengan masalah yang kita lihat secara nyata ketimbang kuasa firman yang sering kita dengarkan, oleh sebab itu iman kita sulit untuk bertumbuh. Betapa pentingnya untuk kita menjaga iman kita dengan mendengar serta melakukannya. Miliki iman didalam Yesus, hadapi kuasa iblis dengan firman. Seperti Yesus ketika dicobai di padang gurun. Yesus memakai firman. Berharaplah selalu kepada Tuhan dalam segala kondisi dengan kekuatan firman yang mampu membangkitkan iman kita.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s