KEHILANGAN DUNIAWI UNTUK MENDAPATKAN SORGAWI by Pdt. JS. Minandar (Ibadah Raya-Minggu, 24 April 2016)

Yunus 1:15,16

“Kemudian mereka mengangkat Yunus, lalu mencampakkannya ke dalam laut, dan laut berhenti mengamuk. Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada Tuhan, lalu mempersembahkan korban sembelihan bagi Tuhan serta mengikrarkan nazar.”

PENDAHULUAN

Yunus melawan perintah Tuhan dan berusaha menjauh dari Tuhan dengan pergi ke Tarsis, padahal Tuhan memerintahkan ia ke Niniwe. Akibatnya, kehadiran Yunus di kapal bukan membawa berkat tetapi membawa bencana badai sehingga seisi kapal alami ketakutan yang luar biasa, kerugian bahkan ancaman kematian. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita, agar setiap orang percaya dimanapun kita berada, jadilah berkat bukan bencana bagi banyak orang. Menjadi terang dan garam di tengah dunia.

MENUNTUT TANGGUNG JAWAB

Perhatikan Yunus 1:10. Yunus mengakui bahwa ia melawan Tuhan, dengan lari dari perintah Tuhan sehingga bencana terjadi dan nyawa mereka terancam binasa. Ketika seisi kapal tahu bahwa Yunus penyebabnya, maka Yunus 1:11, mereka minta pertanggung jawaban Yunus dan bertanya: “Akan kami apakan engkau, supaya laut jadi reda dan tidak menyerang kami lagi?”

Yunus tidak dapat berdalih lagi, bahwa semua bencana; kerugian materi dan nyawa yang terancam disebabkan oleh kesalahan dan dosa yang Yunus perbuat. Yunus pun berkata dalam Yunus 1:12 “Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak akan menyerang kamu lagi.” Ucapan Yunus merupakan bukti kesadaran dan pengakuan sebelum orang banyak yang tidak bersalah ini mengalami kebinasaan.

NAKHODA ENGGAN

Ketika Yunus berkata maka Nakhoda dan awak kapal tidak langsung ikuti permintaan Yunus. Karena mereka tahu Yunus adalah abdi Allah, sehingga mereka tidak mau gegabah. Orang-orang kapal menaruh rasa hormat pada abdi Allah, sekalipun mereka orang yang tidak mengenal Tuhan. Yunus 1:13- ”Lalu berdayunglah orang-orang itu dengan sekuat tenaga untuk membawa kapal itu kembali ke darat, tetapi mereka tidak sanggup, sebab laut semakin bergelora menyerang mereka.” Dimungkinkan mereka berusaha membawa kapal ke darat, ke pelabuhan di Yafo. Tetapi usaha mereka membawa kapal ke darat ternyata sia-sia. Badai seolah-olah marah kepada mereka, sebab mereka biarkan Yunus ada di kapal dan tidak membuang Yunus ke laut. Tidak ada pilihan lain bagi mereka, agar kapal tidak tenggelam dan orang banyak selamat. Mereka harus ikuti permintaan Yunus yaitu: melemparkan Yunus ke dalam laut! Tetapi, sebelum mereka melempar Yunus ke laut, mereka berseru mereka kepada Tuhan, katanya: ”Ya Tuhan, janganlah kiranya Engkau biarkan kami binasa karena nyawa orang ini dan janganlah Engkau tanggungkan kepada kami darah orang yang tidak bersalah, sebab Engkau Tuhan, telah berbuat seperti yang Kau kehendaki.” Yunus 1:1.

ISI DOA

”Ya Tuhan, janganlah kiranya Engkau biarkan kami binasa karena nyawa orang ini” (Ibr: NEFES).

”Tuhan, jangan Engkau hukum kami, karena kami mengorbankan hidup orang ini.”

Dengan lain kata mereka berdoa, bukan karena takut mati ditelan badai. Mereka berdoa karena mereka takut bersalah kepada Tuhan, karena membunuh Yunus, dengan melemparkan Yunus ke laut.  Namun pada akhirnya Yunus dilemparkan Ke Laut (Yunus 1:12).

Nakhoda dan orang banyak melemparkan Yunus ke laut bukan karena perintah Tuhan atau permintaan orang banyak, tetapi atas permintaan Yunus sendiri.

YUNUS DILEMPAR KE LAUT

Badai dahsyat yang menyerang kapal dan seisi penumpangnya, menyadarkan Yunus bahwa Yunus tidak boleh menganggap remeh dosa yang sudah Yunus lakukan. Sebab bila Yunus biarkan dosa yang telah ia perbuat, maka ia akan mati di dalam dosa dan berakhir dalam kebinasaan atau neraka. Selain itu Yunus sebagai penyebab jiwa-jiwa yang tidak bersalah, mati ditelan laut dan masuk ke dalam kebinasaan.

PILIHAN YUNUS

Dengan kesadaran penuh, Yunus minta dilemparkan ke laut dan mati dalam pertobatan daripada hidup dalam keadaan berdosa. Bila ia mati dalam pertobatan, Allah akan membangkitkan dia di akhir zaman, Daniel 12:13. Sebaliknya bila ia mati dalam dosa, Allah akan campakkan Yunus ke dalam neraka.

JATUH KE TANGAN ALLAH

Pernyataan Yunus sesuai dengan firman Allah di Lukas 20:18-”Barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur, dan barang-siapa ditimpa batu itu,ia akan remuk.”

Arti ayat ini:

  • Barangsiapa bertobat yaitu jatuh di atas batu hidup yaitu Yesus. Kita akan hancur seperti tanah liat, jatuh di tangan penjunan, hancur, namun akan dipulihkan kembali.
  • Tetapi siapa yang tidak mau jatuh di atas batu atau dengan kata lain tidak mau bertobat, ia seperti bejana ditimpa batu, ia akan remuk dan tidak bisa dipulihkan/diampuni lagi.

Bila melakukan kesalahan, lebih baik kita jatuh ke tangan Tuhan dan diampuni serta dipulihkan. Yeremia 18:1-12

Contoh

  • DAUD

II Samuel 24:14 ”Lalu berkatalah Daud kepada Gad: ”Sangat susah hatiku, biarlah kiranya kita jatuh ke dalam tangan Tuhan, sebab besar kasih sayang-Nya; tetapi jangan-lah aku jatuh ke dalam tangan manusia.”

Dalam pasal ini mengisahkan tentang Daud berdosa, karena sombong dengan menghitung rakyat Israel. Tuhan murka kepada Daud dan menjatuhkan 3 (tiga) pilihan sebagai hukuman, antara lain :

  • Tiga tahun kelaparan di negeri Israel
  • Tiga bulan dikejar-kejar musuh
  • Tiga hari seluruh bangsa Israel akan dilanda penyakit sampar

Daud memilih untuk jatuh ketangan Tuhan sehingga Israel dihukum dengan penyakit sampar. Jangan menyimpan dosa karena kesombongan.

 

  • PAULUS

Permintaan Yunus merupakan gambaran pernyataan Paulus:

  • II Korintus 4:16 ”Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
  • II Korintus 4:17 ”Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segalanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
  • II Korintus 4:18 ”Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”

Hendaknya kita hancur di tangan Tuhan daripada kehilangan kemuliaan kekal yang melebihi segalanya. Namun banyak orang yang justru memilih tetap hidup dalam dosa.

 tabel duniawi surgawi

 

D U N I A W I – S O R G A W I

  • Kesehatan Tubuh dapat diperoleh dengan memenuhi kebutuhan lewat bekerja. Tetapi jangan abaikan kesehatan Rohani dengan tidak beribadah, berdoa dan merenungkan firman. Rohani menjadi sakit.
  • Harta Duniawi menjadi alasan untuk meninggalkan harta surgawi.
  • Kedudukan Duniawi jangan mengalihkan kedudukan kita di Surga. Wahyu 3:5
  • Kesenangan Dunia dapat kita nikmati sebab Tuhan sediakan. Tetapi jangan lupa menyenangkan Allah dalam segala hal.

Kita harus menang dalam dunia sehingga tidak kehilanggan kemuliaan. Matius 16:26-“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang diberikannya sebagai ganti nyawanya?”

BERKAT MEMILIH YANG BENAR

Ketika mereka pilih yang rohani:

  • Yunus 1:15b ”Dan laut berhenti mengamuk.” Mereka bebas dari ancaman maut. Artinya orang yang bertobat akan bebas dari ancaman maut, Roma 8:1.
  • Yunus 1:16a ”Orang-orang menjadi sangat takut kepada TUHAN.”
  • Yunus 1:16b ”Mereka mempersembahkan korban sembelihan…” Mereka berkorban bukan lagi kepada berhala, tetapi kepada Allah yang benar dan hidup yaitu Yesus.
  • Yunus 1:16c ”Mereka mengikrarkan nazar.” Mereka berjanji kepada Tuhan. Alkitab tidak merinci apa yang mereka ikrarkan sebagai nazar kepada Tuhan.

 

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s