KUASA UNTUK MENJADI SAKSI KRISTUS by Pdt. Gideon Santoso (Ibadah Raya 3 – Minggu, 8 Mei 2016)

KISAH RASUL 1:8

Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun atas kamu; dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan sampai ke ujung bumi.

Kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun atas kamu.” Hal ini merupakan janji Tuhan sebelum naik ke sorga.  Roh Kudus akan turun dalam kehidupan orang percaya untuk menggantikan Yesus di bumi.

YOHANES. 16 : 7. – “ Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”

Inilah yang dijanjikan Tuhan bahwa Roh Kudus sebagai penghibur dan penolong diutus Tuhan turun ke atas orang percaya.

APA YANG DIMAKSUD LEBIH BERGUNA KALAU ROH KUDUS TURUN

Ada hal yang yang menarik dari apa yang dikatakan Yesus, bahwa lebih berguna jika Roh Kudus turun dalam kehidupan kita. Hal ini dapat dijelaskan bahwa, jika dalam wujud manusia, Yesus dibatasi dengan ruang dan waktu, untuk menyertai dan melindungi murid-muridNya, tidak selalu bisa ada bersama-sama.  Berbeda dengan Roh Kudus, bukan saja tidak terbatas, tetapi Ia juga tinggal dalam hidup orang percaya, Ia bisa berada dimana saja dalam segala situasi kehidupan orang percaya karena Roh Kudus tidak tinggal diluar tetapi didalam hidup setiap orang percaya.

Mengapa kita perlu dipenuhi dengan kuasa Roh Kudus ?

Matius 26:41Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya jangan jatuh kedalam pencobaan, roh memang penurut, tetapi daging lemah.

Dari ayat ini kita dapat ketahui bahwa kita perlu kuasa Roh Kudus karena kita lemah dan rapuh.  Kehidupan rohani kita dibalut oleh daging yang lemah, yang cenderung tunduk pada keinginan daging yang bertentangan dengan Allah.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Galatia memberi solusi untuk mengatasi hal ini.  Galatia 5:16.-  Maksudku ialah, hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.  Untuk hidup oleh Roh, maka Roh Allah harus dominan dalam hidup kita. Memenuhi sepenuhnya kehidupan kita, maka kita akan dimampukan mengatasi kelemahan daging kita.

MANIFESTASI ROH KUDUS

Kisah 1:8 – “….dan kamu akan menjadi saksiku….”.  Salah satu bentuk manifestasi dari orang yang hidupnya dipenuhi oleh Roh Kudus adalah:  Menjadi saksi.

Ada 2 hal tentang Menjadi Saksi

  1. Menjadi saksi lewat perubahan hidup.

2 Korintus 5 : 17-“ Jadi siapa yang ada didalam Kristus, ia adalah ciptaan yang baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah dating.”

Orang yang benar-benar dipenuhi oleh Roh Kudus hidupnya sudah mengalami perubahan yang nyata, kehidupan lamanya sudah benar-benar hilang dan hidup yang baru dalam pimpinan Roh yang sekarang terlihat. Menjadi Kristen sejati bukan bergantung pada berapa lamanya ia menjadi orang Kristen, atau seberapa pengalamannya ia menjadi pelayan Tuhan, tetapi kepada perubahan hidupnya.

  1. Menjadi saksi bagi Kristus dalam kehidupannya melalui:

A. Menderita bagi Kristus.

Filipi 1 : 29-“ Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.”

Mengapa harus menderita ?

Markus 8:34- Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-muridNya dan berkata kepada mereka. “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku”.

Memikul salib adalah menanggung penderitaan, sebagai konsekuensi mengikut Yesus. Itulah sebabnya, menderita karena Kristus adalah juga karunia sama nilainya dengan iman percaya kita. Penderitaan seperti apakah yang akan kita tanggung sebagai pengikut Krstus ?

Setidaknya ada 3 hal penderitaan yang akan dialami oleh orang percaya :

  • Matius 10 : 22 – “ Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku, tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat “.

Dengan jelas kita akan menghadapi kebencian hanya karena nama Yesus. Kenyataan yang jarang disadari oleh orang percaya,

  • Matius 5 : 39. – “ Tetapi Aku berkata kepadamu : Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu “.

Menahan diri untuk tidak melawan apalagi membalas orang yang berbuat jahat pada kita tapi malah berbuat baik,  ini merupakan penderitaan tersendiri bagi orang percaya.

  • Yohanes 16:33 – “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Penganiayaan bisa secara fisik maupun secara batin. Penganiayaan secara fisik banyak dialami orang percaya di belahan dunia yang lain, seperti di Irak, Siria dan Negara-negara timur tengah lainnya. Umat Tuhan di sana banyak yang dipenggal kepalanya dan dibakar hidup-hidup karena mempertahankan iman kepada Yesus. Tetapi bagi kita yang hidup di negara yang relatif aman banyak alami aniaya secara batin, melalui perlakuan yang tidak adil, hinaan dan tindakan-tindakan sentimen lainnya.

Tidak ada seorangpun yang dapat tahan secara alami menghadapi semua bentuk aniaya ini tanpa Roh Kudus. Jika orang percaya dapat bertahan menghadapi semua aniaya itu, semata-mata karena Roh Kudus yang menopang hidup mereka.

B. Menjadi saksi iman melalui daya tahan terhadap pencobaan.

Yakobus 1:2-“ Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila   kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan.

Sangat menarik jika pencobaan yang dialami setiap orang percaya harus dianggap sebagai suatu kebahagiaan. Diperlukan daya tahan yang luar biasa.

2 Kor 5:6 – “Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Allah.

Rasul Paulus menjelaskan daya tahan dalam bentuk ketabahan, menghadapi kondisi fisik yang terbatas dan terus mengalami kemerosotan. Tubuh kita lemah, penuh keterbatasan, bisa sakit, jadi tua, tidak kekal, kondisi ini dapat membuat orang merasa takut, depresi, dan kuatir.

BAGAIMANA ROH KUDUS DAPAT MEMBERIKAN DAYA TAHAN DALAM MENGHADAPI PENDERITAAN DAN PENCOBAAN DALAM HIDUP ORANG PERCAYA ?

  1. Roma 8:28 – “ Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dg rencana Allah.

Roh Kudus akan campur tangan dalam hidup orang percaya dalam menghadapi situasi yang menghimpit dan menekan, untuk memberi kemampuan mengatasi setiap masalah.

  1. Memberi kemampuan untuk dapat menikmati suasana kerajaan Allah dalam situasi apapun, melalui :
  • Filipi 4:7 – “ Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Roh Kudus memberikan rasa tenang dalam menghadapi situasi dan kondisi yang secara nalar tidak mungkin orang dapat tenang menghadapinya.

Contoh dalam Kisah 12 : 1-6 – Petrus ditangkap oleh Herodes, dipenjarakan dengan maksud esok akan dihadirkan dalam sidang untuk dihukum mati. Tetapi heran, Petrus dapat tidur dengan lelap di antara dua penjaga yang merantai kedua tangannya di kanan dan di kirinya, tidak ada kegelisahan sedikitpun. Roh Kudus yang membuat Petrus mengalami damai sejahtera yang melampaui segala akal yang membuat Petrus tenang meski mendapat ancaman kematian.

  • Roma 8:26 – “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”

Roh Kudus juga bekerja lewat dukungan doa. Saat kita menghadapi beratnya beban dan tantangan hidup, kadang untuk berdoa pun terasa sulit. Untuk mengeluarkan kata-kata karena beratnya masalah yang menekan, Roh Kuduslah yang akan mendukung kita untuk berdoa kepada Bapa. Melalui keluhan-keluhan kita yang tak mampu terucapkan, Roh Kudus yang menyampaikannya kepada Bapa.

Roh Kudus memberikan daya dalam menghadapi semua pencobaan hidup. Tujuannya adalah sebagai proses untuk kita memiliki roh yang kuat dan memiliki karakter seperti Kristus, menjadi gereja yang sempurna, sehingga siap menjemput kedatangan Tuhan kedua kalinya. Kita semua diubah menjadi serupa dengan gambarNya.

2 Kor 3:18 – “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak terselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambarNya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”

BAGAIMANA KITA DAPAT DIPENUHI ROH KUDUS

  • Membuka hati bagi Roh Kudus.

Roh Kudus sudah dicurahkan ke bumi bagi kita, kita tinggal buka hati untuk menerima kehadiranNya masuk dalam hidup kita.

  • Undang Roh Kudus dengan pujian dan penyembahan.

Mengapa harus diundang ?  Roh Kudus adalah Roh yang lembut, Ia tidak akan memaksa seseorang untuk menerima kehadiranNya. Ia akan hadir dan memenuhi hati yang terbuka dan mengundang masuk dalam hidupnya. Roh Kudus akan hadir lewat pujian dan penyembahan yang tulus karena Ia bersemayam diatas pujian Israel/ umatNya. Mazmur 22:3.

  • Ijinkan Roh Kudus mengaliri dan memenuhi kehidupan kita sepenuhnya.

Sudahkah anda dipenuhi Roh Kudus? Segeralah minta kepada Yesus dalam doa dan permohonan. Roh Kudus akan menjadi bagian hidup kita yang membawa kepada kemenangan dan kesempurnaan iman sehingga kita menjadi gereja yang sempurna.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s