Sejauh mana kebutuhan anda DIPENUHKAN ROH KUDUS ? by Pdt. Hani Paulus (Ibadah raya 1 – Minggu, 8 Mei 2016)

Kisah 1:4

“Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang–demikian kata-Nya–“telah kamu dengar dari pada-Ku.”

Kisah 1:5 “Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

Yesus memberitahu bahwa Roh Kudus adalah kebutuhan yang mendesak yang diperlukan oleh murid-murid. Oleh karena itu, Yesus melarang mereka meninggalkan Yerusalem.
Jika mereka tidak taat, mereka tidak akan mengalami penggenapan janji Bapa.

1 Korintus 15:6 “Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.”

Dari sejarah di ayat tersebut, kita mengerti bahwa ada lebih dari 500 orang mendengar larangan Yesus  untuk meninggalkan Yerusalem dan menunggu pengenapan janji Bapa.
Tetapi bandingkan dengan Kisah 1:15, jumlah mereka berkurang menjadi 120 orang. merekalah yang taat dan setia menanti penggenapan janji Bapa. Jumlah 120 orang inilah yang mengalaminya.

Apa beratnya tinggal di Yerusalem? Tinggal di situ menantikan Janji Bapa. Menanti adalah bagian yang berat untuk dilakukan khususnya bagi mereka yang  ditengah kesibukan-kesibukan yang sudah terjadwal.

Kisah 1:14  “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.”

Sementara mereka menantikan janji Bapa, mereka berdoa. Ini juga merupakan bagian yang berat dalam menantikan.

Sejauh mana kebutuhan Saudara DIPENUHkan ROH KUDUS ? Berapa banyak yang mau bayar harga untuk tinggal menantikan janji Tuhan? Berapa banyak yang mau bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama ?

BAGAIMANA HIDUP TANPA ROH KUDUS ? Tanpa Roh Kudus kita akan seperti murid – murid Yesus. Mereka adalah penakut dan mementingkan diri sendiri. Ketika kesukaran datang mereka semua meninggalkan Yesus.

Akhir zaman adalah waktu yang berbahaya. Tanpa Roh Kudus  kitapun sulit untuk tetap setia. Kesukaran dapat membuat kita meninggalkan Yesus atau Murtad, 1 Timotius 4:1.

Disamping kesukaran yang semakin meningkat, ada juga banyak tantangan dari pengajaran sesat yang tidak sesuai kebenaran firman Tuhan yang akan menyesatkan.

Banyak orang percaya hari-hari ini bergantung pada motivator untuk menyemangati dirinya. Hati-hatilah, jika kita tidak mengandalkan Tuhan, kita akan lebih percaya apa kata motivator lebih dari Firman Tuhan. Tetaplah satu-satunya yang kita perlu dan percayai  adalah Yesus, Firman dan Roh KudusNya.

BAGAIMANA PERUBAHAN HIDUP PARA MURID KETIKA DIPENUHKAN ROH KUDUS?
Petrus mewakili semua murid, berdiri dan berkhotbah kepada orang Yahudi dengan berani dan 3.000 orang bertobat serta dibaptis.

Apa yang membuat mereka berani membritakan injil? Kisah 2:4, Penuhlah mereka dengan Roh Kudus. Roh Kuduslah yang membawa perubahan hidup para murid.

Jadi sejauh mana kebutuhan anda DIPENUHkan ROH KUDUS ?

1Kor 3:16  “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” Bagaimana mungkin jika diri kita adalah Bait Allah tetapi tanpa Roh Kudus didalamnya.

Lukas 11:24-26, gambaran tentang rumah yang bersih tetapi tidak ada tuannya. Inilah orang percaya yang sudah percaya Yesus namun tidak dipenuhkan Roh Kudus. Mengiring Tuhan tidak mudah, kita perlu Roh Kudus untuk menjalani hidup. Bila pencobaan datang, tanpa Roh Kudus kita akan mudah untuk meninggalkan Tuhan/murtad.

Jika kita sudah dipenuhkan dengan Roh Kudus apakah berarti kita tidak perlu lagi dipenuhkan Roh Kudus? Baptisan Roh Kudus hanya terjadi sekali, sedangkan dipenuhkan Roh Kudus terjadi berulang kali.

Efesus 5:18  “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, (Terjemahan Baru)”. Terjemahan lama menuliskan, Efesus 5:18 “Janganlah kalian mabuk oleh anggur, sebab itu akan merusakkan kalian. Sebaliknya, hendaklah kalian dikuasai oleh Roh Allah.”

Mengapa kita harus dipenuhi oleh Roh Kudus? Ketika seseorang sedang mabuk anggur, timbulah Hawa Nafsu, lalu ia dikuasai oleh Keinginan Dagingnya dan akhirnya bermuara kepada MAUT/ KEBINASAAN.

Sebaliknya Penuh dengan Roh, kita dikuasai Roh Kudus, kemudian perjalanan kita dipimpin oleh Roh Kudus. Pada akhirnya bermuara pada KEHIDUPAN & DAMAI SEJAHTERA.

DUNIA = MABUK ANGGUR

Wahyu 14:8, Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.”

Dunia sedang mabuk Anggur, dimabukkan oleh roh percabulan. Dan hal ini sudah masuk dan berkembang di semua bidang termasuk gereja yang tidak berjaga-jaga, seperti LGBT (Lesbian. Gay, Bisex dan Transgender,dll)

Wahyu_18:3,9,23; Wah 17:1b,2  “Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.  Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya.”

2 Korintus 3:17- Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
2Kor 3:18  “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”

Dimana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Kemerdekaan kita lepas dari ikatan dosa dan semua kelemahan. Roh Kudus membawa diri kita semakin mengalami kemuliaan Allah dan terus mengubah kehidupan kita terus semakin serupa dengan Yesus.

Lukas 11:13  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Percayalah Dia adalah Bapa yang baik. Dia tahu kita sangat membutuhkan Roh Kudus-Nya. Dia akan memberikannya kepada orang yang minta kepada-Nya dengan bersungguh-sungguh.
Terimalah Roh Kudus – Nya.

Advertisements

About GPdI Mahanaim Tegal

Profil Singkat GPdI Mahanaim Tegal. Berdiri: Tahun 1989 dengan Gembala Sidang: Pdt.J.S.Minandar (Sejak 1997). Visi: Membangun Keluarga Kristen yang mengasihi serta melayani Tuhan dan sesama. Misi: Menjangkau jiwa dengan Injil, membina hingga dewasa di dalam Kristus dan melayani.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s